Rapor Wakil Asia di Putaran Pertama Grup Piala Dunia 2022, Kejutan!

Wakil Asia tak boleh dipandang sebelah mata!

Genderang perang Piala Dunia 2022 Qatar telah dibunyikan sejak 20 November 2022. Qatar sebagai tuan rumah mengawali perjalanan di ajang empat tahunan ini dengan menjamu Ekuador. Setelahnya, tim peserta lain juga memulai persaingan di Piala Dunia 2022 dengan memainkan laga perdana.

Tak terkecuali negara-negara yang mewakili Asia. Pada putaran pertama babak grup, kita langsung disuguhi perjuangan keras wakil Asia untuk meraih hasil terbaik. Banyak kejutan yang terjadi khususnya bagi wakil Asia di putaran pertama babak grup Piala Dunia 2022. Dari kelima wakil Asia yang bertanding, dua di antaranya berhasil mengangkat harkat dan martabat sepak bola Asia.

Kedua tim tersebut adalah Arab Saudi dan Jepang yang sukses menjungkalkan tim-tim besar unggulan dari benua lain. Lantas, bagaimana rapor wakil Asia di putaran pertama babak grup Piala Dunia 2022 secara keseluruhan?

1. Qatar dipermalukan Ekuador di laga pembuka

Rapor Wakil Asia di Putaran Pertama Grup Piala Dunia 2022, Kejutan!Timnas Qatar (twitter.com/QFA_EN)

Sebagai tim tuan rumah, Qatar dipercaya menggelar laga pembukaan Piala Dunia 2022. Negara Timur Tengah ini menjajal Ekuador yang sama-sama tergabung di Grup A, Minggu (20/11/2022).

Meski bermain di hadapan pendukungnya, Qatar tak mampu mengimbangi wakil Amerika Selatan tersebut. Dalam laga ini tak banyak peluang tercipta bagi tim tuan rumah. Sebaliknya, justru Ekuador yang mampu mengoleksi dua gol di laga pembuka ini.

Ekuador sudah berhasil unggul dua gol saat waktu rehat melalui dua gol yang dicetak sang kapten, Ener Valencia. Di babak kedua, tak ada lagi gol tercipta bagi kedua tim.

Qatar pun harus mengakui keunggulan Ekuador dengan skor 0-2. Di laga berikutnya, Qatar akan menghadapi Senegal sebelum melawan Belanda di laga terakhir.

2. Iran tak berkutik di hadapan Inggris

Rapor Wakil Asia di Putaran Pertama Grup Piala Dunia 2022, Kejutan!Iran melawan Inggris (twitter.com/England)

Wakil Asia kedua yang memainkan laga perdana fase grup adalah Iran, tepatnya Senin (21/11/2022). Memiliki kualitas yang lebih baik dari Qatar, Iran diprediksi bakal menyulitkan tim top Eropa, Inggris.

Mengawali persaingan di Grup B, Iran justru dibuat tak berkutik oleh The Three Lions. Enam gol bersarang ke gawang wakil Asia yang berjuluk Tim Melli ini. Di babak pertama, Iran sudah kebobolan tiga gol oleh skuad Gareth Southgate.

Iran sejatinya mampu mencetak dua gol di babak kedua melalui Mehdi Taremi. Sayang, lini belakang yang keropos membuat Inggris kembali menambah tiga gol lagi di babak kedua.

Timnas Iran harus mengakui keunggulan The Three Lions dengan skor akhir 2-6. Wales akan menjadi lawan kedua Iran sebelum menjajal Amerika Serikat di laga pamungkas.

Baca Juga: Jepang Terinspirasi Kemenangan Heroik Arab Saudi Atas Argentina

3. Arab Saudi kejutkan tim kandidat juara Argentina 

Rapor Wakil Asia di Putaran Pertama Grup Piala Dunia 2022, Kejutan!Timnas Arab Saudi (twitter.com/SaudiNT)

Melihat hasil dua laga perdana wakil Asia, awalnya tak banyak yang bisa diharapkan saat Arab Saudi menghadapi Argentina, Selasa (22/11/2022). Wakil tangguh Amerika Selatan yang diperkuat Lionel Messi itu memang menjadi tim unggulan dalam edisi Piala Dunia kali ini.

Harapan Arab Saudi untuk menang mulai sirna saat Messi membawa Argentina unggul di babak pertama. Namun, di babak kedua, Arab Saudi seperti bermain dengan tim berbeda.

Mereka tampil ngotot dengan memperkuat lini belakang dan sesekali coba mencuri serangan balik. Usaha mereka ternyata membuahkan hasil setelah berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-48.

Lima menit berselang, mereka justru berbalik unggul setelah Salem Aldawsari membobol gawal Emiliano Martinez. Skor tak 2-1 tak berubah untuk keunggulan Arab Saudi hingga peluit akhir dibunyikan. Di laga berikutnya, negara Timur Tengah ini akan menghadapi Polandia dan Meksiko.

4. Jepang terinspirasi Arab Saudi hingga sanggup taklukkan Jerman

Rapor Wakil Asia di Putaran Pertama Grup Piala Dunia 2022, Kejutan!Timnas Jepang (twitter.com/jfa_samuraiblue)

Kemenangan Arab Saudi atas Argentina tampaknya menumbuhkan motivasi ke wakil Asia lainnya. Jepang yang melawan Jerman di laga perdana Grup E tampil layaknya ksatria.

Jerman yang lebih diunggulkan dalam laga ini berhasil unggul lebih dulu melalui penalti Ilkay Gundogan. Skor 1-0 pun menutup babak pertama dalam laga yang digelar, Rabu (23/11/2022).

Tertinggal satu gol membuat Tim Samurai Biru berani lebih menyerang di babak kedua. Gol penyama kedudukan akhirnya tercipta pada ke-75. Delapan menit berselang, Jepang membalikkan kedudukan setelah Takumi Asano mencetak gol.

Laga ini seperti duplikat dari laga Arab Saudi melawan Argentina. Kemenangan 2-1 menjadi modal Jepang menghadapi laga berikutnya melawan Kosta Rika dan Spanyol.

5. Korea Selatan lanjutkan trend positif wakil Asia dengan menahan imbang Uruguay

Rapor Wakil Asia di Putaran Pertama Grup Piala Dunia 2022, Kejutan!Korea Selatan melawan Uruguay (twitter.com/FIFAWorldCup)

Korea Selatan menjadi wakil Asia terakhir yang merampungkan laga perdana fase grup. Kamis (24/11/2022), negara Asia Timur ini menghadapi tim kuat lain asal Amerika Selatan, Uruguay. Korea Selatan pun tampil ngotot seperti yang ditunjukkan Arab Saudi dan Jepang.

Apalagi mereka diperkuat bintang Premier League, Son Heung Min. Berbagai upaya untuk mencetak gol telah dilakukan kedua tim dalam laga perdana di Grup H ini. Uruguay yang lebih diunggulkan tentu saja unggul dalam statistik.

Namun, deretan penyerang top yang mereka miliki mati kutu menghadapi lini pertahanan Korea Selatan yang dipimpin oleh Kim Min Jae. Korea Selatan yang juga beberapa kali menciptakan peluang juga gagal memecahkan kebuntuan.

Skor 0-0 menjadi akhir dari laga ini. Hasil seri di laga perdana ini tentunya menjadi modal berharga Korea Selatan sebelum menjajal Ghana dan Portugal di laga berikutnya.

Keberhasilan tiga wakil Asia meraih poin di laga perdana membuat Asia tak bisa dipandang sebelah mata pada Piala Dunia 2022. Patut kita nantikan kejutan apalagi yang disiapkan para wakil Asia di laga-laga berikutnya.

Baca Juga: Nunez Mati Kutu, Uruguay Ditahan Imbang Korea Selatan

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya