Comscore Tracker

5 Rekor Internasional Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan Messi

CR7 pencetak gol terbanyak di level internasional

Perdebatan siapa yang terbaik antara Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi terus berlanjut. Apalagi, Messi baru saja mempersembahkan gelar juara internasional untuk Argentina. Dengan telah sama-sama sukses bersama negara, kini tinggal rekor pribadi yang mungkin jadi perdebatan.

Meskipun sudah meraih trofi, ada beberapa rekor Messi yang masih kalah dari CR7. Di level internasional, ada beberapa rekor Ronaldo yang mungkin sulit untuk dipecahkan La Pulga. Namun, kedua bintang tersebut masih tetap berada di level teratas meski sudah tak muda lagi. Tak ada yang tahu rekor apa selanjutnya yang ditorehkan mereka. Lalu, apa saja rekor dari Ronaldo yang sulit dipecahkan oleh Messi?

1. Hattrick internasional terbanyak (9 kali)

5 Rekor Internasional Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan MessiCristiano Ronaldo (twitter.com/juventusfcid)

Cristiano Ronaldo hampir mustahil untuk ditahan saat dia dalam performa terbaiknya. Total, CR7 telah mencatatkan 56 hat-trick sepanjang kariernya. Dari 56 hat-trick itu, sembilan hat-trick di antaranya telah tercipta di pentas internasional bersama Portugal.

Di sisi lain, Lionel Messi baru mencetak enam hat-trick di level internasional bersama Argentina. Keduanya memang luar biasa, tapi Messi masih jauh untuk memecahkan rekor Ronaldo. Butuh tiga hat-trick lagi untuk paling tidak menyamainya. 

2. Mencetak gol di 4 edisi Piala Dunia

5 Rekor Internasional Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan MessiCristiano Ronaldo (goal.com)

Cristiano Ronaldo memang menjadi tokoh protagonis untuk Portugal sepanjang kariernya di berbagai event internasional. Ronaldo telah mencetak gol di empat Piala Dunia dalam kariernya. Dia mencetak gol pada edisi tahun 2006, 2010, 2014 dan 2018. Dengan melakukan itu, dia telah bergabung dengan daftar pesepak bola top seperti Pele, Miroslav Klose dan Uwe Seeler.

Sementara Lionel Messi baru mencetak gol di tiga Piala Dunia. Messi telah mencetak gol pada tahun 2006, 2014 dan 2018, tetapi tidak berhasil pada tahun 2010. Piala Dunia 2022 kemungkinan akan menjadi Piala Dunia terakhir bagi kedua pemain ini.

Baca Juga: 5 Rekor Lionel Messi yang Sulit Dipecahkan oleh Cristiano Ronaldo

3. Pemain tertua yang mencetak hat-trick di Piala Dunia

5 Rekor Internasional Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan MessiCristiano Ronaldo (twitter.com/iF2is)

Cristiano Ronaldo menghasilkan penampilan memukau dalam pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 Portugal melawan Spanyol. Dia mencetak hat-trick dalam pertandingan itu yang memaksa laga berakhir 3-3. Ronaldo menjadi pemain tertua yang mencetak hat-trick di Piala Dunia dalam laga itu.

Dia berusia 33 tahun dan 130 hari ketika melakukannya. Mencetak hat-trick di Piala Dunia adalah prestasi yang langka. Lionel Messi akan mencobanya di Piala Dunia 2022. Namun perlu dicatat, bahwa hat-trick terakhirnya untuk Argentina terjadi pada 2018 melawan Haiti dalam pertandingan persahabatan internasional.

4. Satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam 11 turnamen internasional berturut-turut

5 Rekor Internasional Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan MessiCristiano Ronaldo (observador.pt)

Ini adalah rekor lain yang sangat mengesankan dalam karier Cristiano Ronaldo di panggung internasional. Dia telah mencetak gol di 11 turnamen internasional berturut-turut dalam karier selama 15 tahun. Bintang Portugal itu merupakan satu-satunya pemain yang mencapai hal ini.

Ronaldo telah mencetak setidaknya satu gol di setiap Piala Eropa 2004, 2008, 2012, 2016 dan 2020, Piala Dunia 2006, 2010, 2014 dan 2018. Dia juga mencetak gol di UEFA Nations League 2018 dan Piala Konfederasi 2017. Ini adalah pencapaian fenomenal bagi Ronaldo dan mustahil dipecahkan Messi karena pernah gagal cetak gol di Piala Dunia 2010. 

5. Pencetakan gol terbanyak di level internasional (109 gol)

5 Rekor Internasional Cristiano Ronaldo yang Sulit Dipecahkan MessiCristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Cristiano Ronaldo berhasil menyamai rekor Ali Daei sebagai pencetak gol terbanyak di level internasional. CR7 melakukannya saat mencetak gol di Piala Eropa 2020. Kedua pemain itu masing-masing memiliki 109 gol di panggung internasional.

Ronaldo kemungkinan besar bisa melewati gol itu karena masih aktif bermain. Lionel Messi mencetak empat gol di Copa America 2021 tetapi dia hanya memiliki 76 gol untuk Argentina. Messi saat ini membuntuti Ronaldo dengan jarak 33 gol dan itu akan membutuhkan upaya yang luar biasa untuk menyamainya.

 

Kita sebenarnya hanya perlu bersyukur karena bisa menikmati dua megabintang dalam sepak bola. Tapi, perdebatan siapa yang terbaik menjadi bumbu penyedap yang membuat persaingan mereka semakin seru.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Sering Jadi Lawan Cristiano Ronaldo, Ada Messi!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya