Comscore Tracker

5 Rekor Serba Termuda dalam Sejarah Piala Eropa, Ada Catatan Baru!

Jude Bellingham jadi pecahkan rekor!

Piala Eropa menjadi ajang sepak bola pertarungan antarnegara benua biru. Ajang ini tentu saja tak boleh dilewatkan penggemar sepak bola dengan banyaknya bintang yang berlaga termasuk pada gelaran Piala Eropa 2020 kali ini. Di tengah banyaknya pemain bintang yang berlaga, tak jarang pemain muda yang mendapat kesempatan untuk membuktikan diri.

Pada gelaran kali ini saja, tercipta rekor pemain termuda yang tampil dalam sejarah Piala Eropa. Jude Bellingham yang membela Timnas Inggris mencatatkan rekor terbaru. Tak hanya rekor pemain termuda yang tampil, ada rekor serba termuda lain yang tercatat dalam sejarah Piala Eropa. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Jude Bellingham pecahkan rekor pemain termuda yang catatkan penampilan

5 Rekor Serba Termuda dalam Sejarah Piala Eropa, Ada Catatan Baru!Jude Bellingham (theathletic.com)

Rekor pemain termuda yang tampil di Piala Eropa akhirnya pecah pada gelaran kali ini. Di mana Jude Bellingham ditampilkan Gareth Southgate saat Timnas Inggris menghadapi Kroasia. Dalam laga yang digelar 12 Juni 2021 itu, Bellingham berusia 17 tahun 349 hari.

Pemain yang membela Borussia Dortmund itu memecahkan rekor yang sebelumnya dipegang oleh Jetro Willems dari Belanda. Di mana rekor tersebut terjadi pada Piala Eropa tahun 2012. Saat itu, Willems berusia 18 tahun 71 hari. 

2. Jose Angel Iribar menjadi kiper termuda yang tampil di Piala Eropa

5 Rekor Serba Termuda dalam Sejarah Piala Eropa, Ada Catatan Baru!Jose Angel Iribar (twitter.com/ftblsm)

Jose Angel Iribar menjadi kiper termuda yang tampil dalam sejarah Piala Eropa. Kiper yang berasal dari Spanyol itu mencatatkan rekor ini pada gelaran Piala Eropa 1964. Di mana saat itu, ia membela Spanyol saat menghadapi Hungaria. Pada pertandingan yang digelar 17 Juni 1964 itu, Iribar masih berusia 21 tahun dan 108 hari.

Sebenarnya, ada kiper lebih muda yang di bawa ke ajang Piala Eropa setelah Iribar. Kiper yang dimaksud yaitu Iker Casillas pada Piala Eropa 2000 dan Igor Akinfeef pada Piala Eropa 2004. Namun kedua kiper tersebut tak mencatatkan menit bermain bersama timnya masing-masing.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Mencetak Gol di Premier League Musim 2020/2021

3. Rekor pencetak gol termuda dipegang Johan Vonlanthen

5 Rekor Serba Termuda dalam Sejarah Piala Eropa, Ada Catatan Baru!Johan Vonlanthen (uefa.com)

Berikutnya ada rekor pencetak gol termuda di Piala Eropa. Di mana rekor ini dipegang oleh Johan Vonlanthen yang berasal dari Swiss. Uniknya, Vonlanthen menjalani debut saat Wayne Rooney tercatat sebagai pencetak gol termuda pada gelaran Piala Eropa 2004.

Namun empat hari kemudian, rekor tersebut dipecahkan oleh Vonlanthen. Ia mencetak gol ke gawang Prancis saat timnya kalah 3-1. Pada pertandingan yang digelar 21 Juni 2004, Vonlanthen berusia 18 tahun 141 hari. Hingga kini rekor tersebut belum ada yang memecahkan.

4. Renato Sanchez jadi pemain termuda yang tampil di final

5 Rekor Serba Termuda dalam Sejarah Piala Eropa, Ada Catatan Baru!Renato Sanchez (en.as.com)

Final menjadi pertandingan yang sangat penting bagi tim mana pun. Biasanya, para pelatih mengandalkan pemain yang berpengalaman untuk menghadapi laga ini. Namun tak sedikit, para pemain muda juga dimainkan, seperti halnya Renato Sanchez.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu membela Timnas Portugal saat final menghadapi Prancis di Piala Eropa 2016. Lebih hebatnya lagi, Renato Sanchez membawa timnya menjadi juara pada gelaran tersebut. Pada pertandingan penuh drama tersebut, ia masih berusia 18 tahun 328 hari. 

5. Pietro Anastasi jadi pencetak gol termuda di laga final

5 Rekor Serba Termuda dalam Sejarah Piala Eropa, Ada Catatan Baru!Pietro Anastasi (uefa.com)

Jika hanya tampil di partai final, mungkin hal yang sebenarnya bisa dilakukan oleh banyak pemain muda. Namun, jika mencetak gol di partai final saat berusia muda tentunya hal yang luar biasa. Pietro Anastasi menjadi pemain termuda yang mencetak gol di partai final Piala Eropa.

Hal tak terlupakan itu terjadi saat dirinya membela Timnas Italia pada final 1968. Saat itu, ia menjadi salah satu pencetak gol dalam kemenangan menghadapi Yugoslavia. Dalam pertandingan final tersebut, Anastasi masih berusia 20 tahun dan 63 hari.

Para pemain muda tersebut tentu saja mendapat pengalaman yang sangat berharga karena bisa membela negaranya di ajang Piala Eropa. Jude Bellingham mungkin bakal menjadi andalan Timnas Inggris untuk tahun-tahun mendatang.

Baca Juga: 5 Fakta Usai Inggris Kalahkan Kroasia di Piala Eropa 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya