Comscore Tracker

5 Rekor Serba Termuda yang Pernah Tercatat di Premier League, Hebat!

Pemain, pelatih, hingga wasit termuda

Kompetisi sepak bola Inggris yakni Premier League pastinya sudah sangat terkenal. Pertandingan yang seru hingga ketatnya persaingan antar tim menjadi daya tarik utama kompetisi ini. Sejak dimulainya era baru pada musim 1992/1993, sudah banyak rekor yang tercipta.

Rekor-rekor yang sudah tercipta tentu saja akan selalu tercatat hingga kapan pun. Salah satu rekor yang mungkin jarang orang ketahui adalah rekor serba termuda.

Tak hanya pemain, rekor pelatih hingga wasit termuda juga pernah tercatat di Premier League. Penasaran siapa saja pemegang rekor serba termuda di Premier League? Untuk lebih lengkapnya, baca penjelasan berikut ya. Check it out!

1. Pemain termuda yang debut di Premier League

5 Rekor Serba Termuda yang Pernah Tercatat di Premier League, Hebat!premierleague.com

Pemegang rekor pemain termuda yang debut di Premier League adalah Harvey Elliott. Pemain yang kini dipinjamkan Liverpool ke Blackburn Rovers itu sebelumnya telah menjalani debut di Premier League bersama Fulham. Tepatnya pada 4 Mei 2019 saat Fulham menghadapi Wolves.

Dalam pertandingan tersebut, penyerang sayap ini masih berusia 16 tahun dan 1 bulan. Hingga saat ini Elliott telah mencatatkan 4 pertandingan di Premier League bersama Liverpool 2 laga dan Fulham juga 2 laga. 

2. Pencetak gol termuda

5 Rekor Serba Termuda yang Pernah Tercatat di Premier League, Hebat!evertonfc.com

Sementara pemegang rekor pencetak gol termuda dalam sejarah Premier League dipegang oleh James Vaughan. Rekor tersebut tercipta pada 10 April 2005 saat Vaughan membela Everton. Pemain berkebangsaan Inggris tersebut sukses menciptakan gol perdananya ke gawang Crystal Palace.

Dalam pertandingan tersebut, Vaughan masih berusia 16 tahun, 8 bulan dan 27 hari. Saat ini ia membela tim kasta keempat liga Inggris, Tranmere Rovers. Dalam ajang Premier League, striker 32 tahun ini telah tampil dalam 52 pertandingan. Sebagai striker, ia hanya mampu mengoleksi 7 gol dan 1 assist. 

Baca Juga: 10 Catatan Serba Pertama dalam Sejarah Premier League, Sudah Tahu?

3. Pemain termuda yang berhasil juara

5 Rekor Serba Termuda yang Pernah Tercatat di Premier League, Hebat!premierleague.com

Rekor ketiga yakni pemain termuda yang berhasil menjuarai Premier League. Rekor ini dipegang oleh Phil Foden yang sukses meraih trofi Premier League bersama Manchester City. Momen spesial ini terjadi pada musim 2017/2018, tepatnya saat City memastikan gelar juara pada 13 Mei 2018. Saat dipastikan juara, Foden masih berusia 17 tahun dan 350 hari.

Pada musim tersebut, Foden yang berposisi sebagai gelandang tampil dalam 10 pertandingan. Bahkan berkat pencapaiannya tersebut, pemain Inggris ini menerima sertifikat dari Guinness World Records. Lulusan akademi City ini hingga kini menjadi andalan The Cityzens.

4. Wasit termuda yang memimpin laga Premier League

5 Rekor Serba Termuda yang Pernah Tercatat di Premier League, Hebat!premierleague.com

Rekor berikutnya ini mungkin sangat jarang orang ketahui. Rekor tersebut yaitu wasit termuda yang memimpin pertandingan Premier League. Rekor ini dipegang oleh Michael Oliver yang debut memimpin pertandingan Premier League diusia 25 tahun. Momen bersejarah bagi wasit Inggris itu terjadi pada 21 Agustus 2010.

Saat itu, Oliver memimpin pertandingan antara Birmingham City melawan Blackburn Rovers. Hingga saat ini ia masih menjadi wasit aktif di kasta teratas liga Inggris tersebut. Sejauh ini Oliver telah memimpin 274 laga Premier League. Dengan catatan telah mengeluarkan 869 kartu kuning dan 37 kartu merah.

5. Pelatih termuda yang melatih klub Premier League

5 Rekor Serba Termuda yang Pernah Tercatat di Premier League, Hebat!cpfc.co.uk

Attilio Lombardo menjadi pelatih termuda dalam sejarah Premier League saat menangani Crystal Palace. Lombardo yang saat itu juga aktif sebagai pemain debut mendampingi Palace bertanding saat berusia 32 tahun 2 bulan 8 hari.

Waktu itu, Palace bertamu ke markas Aston Villa dalam laga Premier League musim 1997/1998 pekan ke-30, 14 Maret 1998. Namun, di akhir laga anak asuhnya harus takluk dengan skor 3-1.

Tercatat, Lombardo menjadi juru taktik Palace selama satu tahun tiga bulan. Sayangnya, ia tak mampu memberikan satupun gelar untuk The Eagles. Lepas dari Palace, Lombardo malang melintang bersama banyak klub. Saat ini dirinya telah berusia 54 tahun dan tengah menjadi technical coach timnas Italia.

 

Nah, itulah beberapa rekor serba termuda yang pernah tercatat di Premier League. Rekor-rekor ini bisa saja dipecahkan dalam tahun-tahun ke depan. Kita tunggu saja!

Baca Juga: 5 Kiper dengan Clean Sheet Terbanyak dalam Semusim di Premier League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya