Comscore Tracker

5 Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Ajang Piala Eropa 2020 

CR7 manusia penuh rekor! Idola siapa nih? 

Cristiano Ronaldo telah menjadi pemain yang disorot di Piala Eropa 2020. Pemain 36 tahun hampir sendirian memimpin Portugal di turnamen ini. Dengan lima gol, ia memimpin daftar pencetak gol Piala Eropa 2020. Meskipun cukup banyak penalti gagal di turnamen ini, Ronaldo sukses mencetak gol dari 3 kesempatan penalti.

Ronaldo membuat Portugal tak tersinhkir di fase grup dengan mencetak 2 gol saat melawan Prancis. Juara bertahan itu akan bermain melawan tim peringkat teratas dunia, Belgia, dalam pertandingan babak 16 besar. Pemain Juventus dan Portugal telah mencapai beberapa pencapaian selama gelaran Piala Eropa 2020. Berikut beberapa rekor yang diciptakan Cristiano Ronaldo di ajang Piala Eropa 2020. 

1. Ronaldo adalah pemain Portugal pertama yang mencetak gol di tiga pertandingan Piala Eropa

5 Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Ajang Piala Eropa 2020 Cristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Dengan membuka skor dari titik penalti melawan Prancis pada hari Rabu (23/6/2021), Cristiano Ronaldo menjadi pemain Portugal pertama yang mencetak gol di tiga pertandingan Piala Eropa. Setelah dua gol Karim Benzema memberi Les Bleus keunggulan, Ronaldo kembali mencetak gol dari titik putih untuk menjaga timnya tetap bertahan di Piala Eropa 2020.

Sebelumnya, Ronaldo mencetak dua gol melawan Hungaria di pertandingan pembuka turnamen Portugal dan mencetak gol saat timnya kalah dari Jerman. Jumlah golnya mungkin akan bertambah di babak gugur nanti. 

2. Satu-satunya pemain yang tampil dan mencetak gol di lima edisi Piala Eropa berbeda

5 Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Ajang Piala Eropa 2020 Cristiano Ronaldo (observador.pt)

Cristiano Ronaldo adalah pemain pertama dalam sejarah Piala Eropa yang tampil dalam lima edisi berbeda. Ketika ia mencetak gol pertamanya dari dua gol di pertandingan pertama Piala Eropa 2020 melawan Hungaria, Ronaldo menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam lima edisi berbeda dari Piala Eropa.

Lebih rincinya, tidak ada pemain lain yang mencetak lebih dari tiga gol. Sejak mencetak gol pada debutnya di Piala Eropa melawan Yunani pada 2004, Ronaldo telah mencetak 14 gol lagi dalam 23 pertandingan di kompetisi yang tersebar di lima edisi. Rinciannya adalah dua pada 2004, satu pada 2008, tiga pada 2012, tiga pada 2016 dan lima pada 2020.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Jadi Pencetak Gol Terbanyak di Ajang Piala Eropa

3. Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam sejarah Piala Eropa

5 Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Ajang Piala Eropa 2020 Potret laga Portugal vs Prancis (twitter.com/iF2is)

Datang ke Piala Eropa 2020, Cristiano Ronaldo sejajar dengan Michel Platini untuk gol terbanyak dalam sejarah Piala Eropa, yakni 9 gol. Setelah mencetak gol dalam pertandingan pertama Portugal di Piala Eropa 2020 melawan Hungaria, Ronaldo yang berusia 36 tahun menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang masa dalam kompetisi tersebut.

Tiga pertandingan Piala Eropa 2020, Ronaldo sudah unggul lima dari pemain Prancis itu. Hal itu mungkin akan lebih banyak jika CR7 mencetak gol saat Portugal menghadapi Belgia di babak 16 besar. Mungkin, tidak mengherankan, Ronaldo juga merupakan pencetak gol terbanyak di kualifikasi Piala Eropa juga.

4. Pemain Eropa gol terbanyak di Piala Eropa dan Piala Dunia jika digabungkan

5 Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Ajang Piala Eropa 2020 Cristiano Ronaldo (twitter.com/juventusfcid)

Cristiano Ronaldo menyamai rekor Miroslav Klose untuk gol terbanyak oleh pemain Eropa di Piala Eropa dan Piala Dunia jika digabungkan ketika ia mencetak gol pertamanya dari dua gol melawan Prancis. Dengan menjaringkan gol keduanya melawan juara dunia itu, Ronaldo langsung mengklaim rekor tersebut.

Kapten Portugal itu telah mencetak 14 gol di Piala Eropa dan 6 gol di Piala Dunia. Klose mencetak tiga gol di Piala Eropa dan 16 gol di Piala Dunia. Penghitungan ini bisa bertambah lebih jauh, karena Ronaldo memiliki setidaknya satu pertandingan lagi untuk dimainkan di Piala Eropa 2020. Mungkin juga Piala Dunia di Qatar tahun depan.

5. Cristiano Ronaldo menyamai rekor gol internasional terbanyak

5 Rekor yang Dipecahkan Cristiano Ronaldo di Ajang Piala Eropa 2020 Cristiano Ronaldo (goal.com)

Dengan dua gol melawan Prancis pada matchday 3 di Piala Eropa 2020, Cristiano Ronaldo menyamai rekor gol terbanyak legenda Iran, Ali Daei, di sepak bola internasional. Kedua pemain hebat itu hingga kini telah mencatatkan masing-masing 109 gol di level internasional.

Tidak mengherankan, Ronaldo adalah satu-satunya pemain Eropa yang mencetak satu abad gol internasional, sebuah pencapaian yang diraihnya sejak tahun lalu. Dia pun sangat berpeluang menobatkan diri sebagai pencetak gol terbanyak di level internasional.

 

Cristiano Ronaldo memang tak bisa dihentikan meskipun usianya sudah tak muda lagi. Masih banyak pertandingan-pertandingan yang akan dijalani CR7 dan bukan tidak mungkin akan ada rekor baru.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Bikin Rekor Mengerikan di Piala Eropa 2020

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya