Comscore Tracker

5 Rekrutan Terbaik Chelsea Satu Dekade Terakhir, Hazard hingga Kante!

Deretan bintang kesuksesan The Blues

Chelsea secara konsisten memenangkan trofi di bawah kepemilikan Roman Abramovich. Taipan asal Rusia itu tidak takut menghabiskan uang dan berkali-kali membuktikan hal yang sama. Chelsea telah merekrut banyak pemain ternama, meskipun dengan hasil yang jelas beragam. Bahkan pelatih juga kerap berganti jika hasilnya tidak sesuai harapan.

Meski demikian, Chelsea tampaknya berkembang pesat dengan hal tersebut. Mereka memenangkan Liga Champions musim lalu di bawah Thomas Tuchel, yang ditunjuk di pertengahan musim. Lantas, siapa saja rekrutan terbaik Chelsea dalam satu dekade terakhir? Berikut ulasannya. 

1. Diego Costa

5 Rekrutan Terbaik Chelsea Satu Dekade Terakhir, Hazard hingga Kante!Diego Costa (premierleague.com)

Meski tak terlalu lama membela Chelsea, Diego Costa memberi dampak nyata. Musim 2013/14, Costa yang tampil apik di Atletico Madrid diboyong Chelsea pada 2014. Pemain asal Spanyol itu sukses di Premier League, mencetak 20 gol di musim debutnya saat pasukan Jose Mourinho memenangkan gelar liga.

Setelah musim 2015/16 gagal, Costa sekali lagi menjadi pemain utama Chelsea, memenangkan liga di bawah asuhan Antonio Conte pada musim berikutnya. Pemain berusia 32 tahun itu membuat 120 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea, mencetak 58 gol dan memberikan 24 assist. 

2. Cesc Fabregas

5 Rekrutan Terbaik Chelsea Satu Dekade Terakhir, Hazard hingga Kante!Cesc Fabregas (premierleague.com)

Cesc Fabregas dan Diego Costa tiba di Chelsea pada jendela transfer musim panas yang sama. Fabregas sudah pernah bermain di Premier League bersama Arsenal. Namun, Fabregas hengkang ke Barcelona sebelum bergabung dengan Chelsea pada tahun 2014.

Ia bersinar untuk The Blues, sangat kreatif, berpikiran menyerang, memiliki kualitas teknik dan kemampuan bermain yang luar biasa. Pemain asal Spanyol itu membuat 198 penampilan di semua kompetisi untuk klub, mencetak 22 gol dan memberikan 57 assist. Fabregas memenangkan dua gelar Liga Inggris bersama Chelsea sebelum meninggalkan klub pada 2019. 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Kariernya Gagal Berkembang di Chelsea, Siapa Saja?

3. Cesar Azpilicueta

5 Rekrutan Terbaik Chelsea Satu Dekade Terakhir, Hazard hingga Kante!Cesar Azpilicueta (premierleague.com)

Berikutnya ada Cesar Azpilicueta yang kini jadi kapten Chelsea. Produk akademi Osasuna itu menghabiskan beberapa musim bersama Marseille di Ligue 1 sebelum bergabung dengan Chelsea pada 2012.

Seorang bek kanan selama masa Osasuna dan Marseille, Azpilicueta segera menjadi bagian penting dari skuad utama Chelsea. Pemain asal Spanyol itu telah digunakan dalam berbagai posisi di Chelsea.

Azpilicueta telah beroperasi sebagai bek kanan, bek kiri, dan bek tengah dalam pertahanan tiga bek. Dia adalah pemain yang sangat bisa diandalkan yang jarang melakukan kesalahan di lapangan. Pemain berusia 31 tahun, yang telah membuat 429 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea. Azpilicueta adalah legenda Chelsea di era modern.

4. Eden Hazard

5 Rekrutan Terbaik Chelsea Satu Dekade Terakhir, Hazard hingga Kante!Eden Hazard (premierleague.com)

Eden Hazard adalah salah satu pemain Chelsea terhebat sepanjang masa. Memiliki bakat luar biasa di Lille, Hazard didambakan oleh beberapa klub terbesar di dunia sebelum ia memutuskan untuk bergabung dengan Chelsea pada 2012. Pemain asal Belgia itu menjadi salah satu pemain terbaik di dunia selama masa kariernya di Chelsea.

Kemampuan menggiring bola, kreativitas, dan mencetak gol kelas dunia, semuanya dimiliki Hazard. Ia membuat 352 penampilan di semua kompetisi untuk Chelsea, mencetak 110 gol dan memberikan 92 assist. Dia memenangkan Premier League dua kali dan Europa League berkali-kali dengan klub. Pemain berusia 30 tahun itu pindah ke Real Madrid pada 2019.

5. N'Golo Kante

5 Rekrutan Terbaik Chelsea Satu Dekade Terakhir, Hazard hingga Kante!N'Golo Kante (premierleague.com)

N'Golo Kante sebagai salah satu gelandang terbaik bisa dibilang rekrutan terbaik Chelsea abad ini. Dia adalah pemain kunci Leicester City juara Premier League tahun 2016 dan Chelsea tak ragu merekrutnya. Gelandang Prancis itu memenangkan gelar Premier League lainnya di musim pertamanya bersama Chelsea.

Terkenal karena stamina, kecakapan bertahan, dan disiplinnya, Kante adalah mesin Chelsea. Penampilannya musim lalu di Liga Champions sangat menonjolkan kualitasnya. Bahkan disebut-sebut menjadi kandidat Ballon d'Or. Pemain berusia 30 tahun itu juga sangat penting bagi negaranya dan sukses meraih trofi Piala Dunia 2018.

 

Chelsea memang menjadi klub yang royal mendatangkan pemain papan atas. Namun, tak sedikit dari mereka yang gagal bersinar. Meskipun demikian, pemain-pemain tersebut menunjukkan jika rekrutan Chelsea juga bisa sukses.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Chelsea dalam Sedekade Terakhir, Apa Kontribusinya?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya