10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championship

Ada yang sukses meraih trofi Premier League?

Divisi Championship merupakan kasta kedua dalam kompetisi liga Inggris. Meskipun demikian, tak sedikit pemain yang memiliki kualitas untuk bermain di kasta teratas seperti Premier League. Hingga saat ini ada beberapa pemain yang berasal dari Divisi Championship mampu bersaing di Premier League. Bahkan dengan kualitas yang dimiliki, klub Premier League tersebut tak ragu merekrut pemain dari Divisi Championship dengan harga yang lumayan tinggi.

Dana yang dikeluarkan klub Premier League tersebut pun tak sia-sia karena sang pemain tampil mengesankan. Ada juga pemain yang mampu mengantarkan klubnya meraih trofi Premier League. Lalu siapa pemain termahal yang direkrut klub Premier League dari Divisi Championship? Berikut ulasannya. 

1. Moussa Sissoko - 35 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshipstandard.co.uk

Moussa Sissoko menjadi pemain termahal yang pernah direkrut klub Premier League dari Divisi Championship. Gelandang asal Prancis ini didatangkan Tottenham Hotspur pada musim 2016/2017. Saat itu Sissoko masih berusia 27 tahun dan ditebus Spurs dengan mahar sebesar 35 juta euro.

Harga tersebut cukup sepadan dengan kualitas Sissoko meskipun berasal dari kasta kedua. Hingga saat ini Sissoko masih menjadi andalan di lini tengah Spurs. 

2. Jordan Pickford - 28,5 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshippremierleague.com

Jordan Pickford merupakan kiper yang saat ini menjadi andalan Everton. Bahkan dalam beberapa tahun terakhir, Pickford menjadi andalan juga di bawah mistar gawang timnas Inggris. Siapa sangka jika Pickford merupakan pemain yang berasal dari Divisi Championship.

Pada musim 2017/2018, Everton mendatangkan Pickford dari Sunderland. Dengan usianya yang saat itu baru 23 tahun, Pickford dibeli Everton dengan harga 28,5 juta euro. 

3. Georginio Wijnaldum - 27,5 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshipliverpool.com

Liverpool berhasil menjadi juara musim ini setelah menunggu hampir 30 tahun. Salah satu pemain yang menjadi andalan The Reds musim ini adalah Georginio Wijnaldum. Namun tak banyak orang tahu jika pemain Belanda ini direkrut Liverpool dari Divisi Championship.

Wijnaldum didatangkan The Reds pada musim 2016/2017 dari Newcastle United dengan mahar senilai 27,5 juta euro. Sempat kesulitan menembus skuat utama Liverpool, pemain gelandang ini akhirnya mampu menunjukkan performa terbaiknya. 

4. Ryan Sessegnon - 27 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshiptottenhamhotspur.com

Pada awal musim ini, Tottenham Hotspur merekrut salah satu pemain muda potensial yakni Ryan Sessegnon. Dengan usianya yang baru 20 tahun, Sessegnon diharapkan akan menjadi bintang masa depan Spurs. Gelandang asal Inggris ini direkrut Spurs dari tim Divisi Championship, yakni Fulham.

Meskipun masih cukup muda, Tottenham berani menebusnya dengan dana sebesar 27 juta euro. Saat ini Sessegnon masih butuh waktu untuk menembus skuat utama Spurs di bawah asuhan Jose Mourinho.

5. James Maddison - 25 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshipmetro.co.uk

Nama James Maddison tentu saja sudah tak asing bagi penggemar Premier League. Penampilan apiknya bersama Leicester City membuat Maddison menjadi incaran banyak tim elite awal pada musim dingin lalu.

Leicester sendiri mendatangkan pemain gelandang ini dari Norwich City pada musim 2018/2019. Saat itu Maddison masih berusia 21 tahun dan ditebus dengan mahar sebesar 25 juta euro. Siapa sangka pemain Inggris ini akan menjadi pemain yang bersinar di Premier League. 

Baca Juga: 5 Wonderkid yang Bakal jadi Sorotan di Premier League Musim Depan

6. Darren Bent - 24,5 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshippinterest/Brian Cooper

Sebelum pemain-pemain tersebut, Darren Bent lebih dulu menjadi pemain termahal dalam daftar ini. Striker asal Inggris ini didatangkan Tottenham Hotspur dari Charlton Athletic pada musim 2007/2008. Spurs mengeluarkan dana hingga 24,5 juta euro untuk dapatkan pemain yang saat itu berusia 23 tahun tersebut.

Bent hanya bertahan dua musim bersama Spurs di Premier League. Saat ini ia telah gantung sepatu pada tahun 2018 setelah menghabiskan kariernya di Divisi Championship. 

7. Neal Maupay - 22 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshippremierleague.com

Pada awal musim 2019/2020 ini, Brighton mendatangkan dua pemain dari klub Divisi Championship. Salah satunya yaitu Neal Maupay yang direkrut Brighton dari Brentford. Striker asal Prancis ini masih berusia 22 tahun saat bergabung dengan Brighton.

Maupay didatangkan Brighton setelah ditebus dengan mahar sebesar 22 juta euro. Meskipun masih cukup muda dan berasal dari Divisi Championship, Maupay tak kesulitan beradaptasi dengan skuat Brighton. Sejauh ini Maupay menjadi tumpuan Brighton dalam mencetak gol. 

8. Adam Webster - 21,85 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshippremierleague.com

Pemain lainnya yang didatangkan Brighton dari Divisi Championship adalah Adam Webster. Bek tengah asal Inggris ini diboyong Brighton dari Bristol City. Brighton tak ragu mengeluarkan dana hingga 21,85 juta euro untuk dapatkan pemain yang saat itu berusia 24 tahun.

Sama seperti Maupay, Webster juga tak butuh waktu lama untuk beradaptasi dan langsung menembus skuat utama Brighton. Ia menjadi andalan Brighton dalam mengawal lini belakang dari gempuran lawan. 

9. Jarrod Bowen - 21,3 juta euro 

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshipwhufc.com

Jarrod Bowen juga merupakan pemain Divisi Championship yang naik kasta pada awal musim 2019/2020. Penyerang sayap asal Inggris ini direkrut West Ham United dari Hull City. West Ham mengeluarkan dana hingga 21,3 juta euro untuk dapatkan Bowen.

Meskipun tak langsung menjadi pilihan utama, Bowen masih menjadi pemain yang potensial. Apalagi saat ini Bowen baru berusia 23 tahun dan tentunya masih memiliki karier yang masih panjang. 

10. Adama Traore - 20 juta euro

10 Rekrutan Termahal Tim Premier League dari Klub Championshipmirror.co.uk

Pemain yang satu ini tentu sudah cukup dikenal oleh penggemar sepak bola karena memiliki badan yang kekar. Pemain tersebut yaitu Adama Traore yang bergabung dengan Wolves pada musim 2018/2019.

Pemain asal Spanyol ini didatangkan Wolves dari Middlesbrough dengan mahar senilai 21,3 juta euro. Saat ini Traore menjadi andalan Wolves dalam menggempur pertahanan lawan. 

Meskipun didatangkan dari Divisi Championship, pemain-pemain tersebut tetap mampu tampil apik saat membela klub barunya di Premier League. Siapa pemain terbaik sejauh ini yang didatangkan klub Premier League dari Divisi Championship?

Baca Juga: 6 Pemain Inggris Ini Sukses Bermain di Luar Premier League, Langka!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya