Road to Final Piala Dunia 2022: Prancis

Prancis tampil spektakuler hingga maju ke final

Timnas Prancis spektakuler di Piala Dunia 2022 Qatar. Datang sebagai juara bertahan, Les Bleus justru dibayangi mitos kegagalan di edisi berikutnya. Hal tersebut diamini juga dengan cukup banyak pemain andalan Prancis yang mengalami cedera.

Meski begitu, Prancis tak gentar menjalani serangkaian laga di Piala Dunia tahun ini. Hingga akhirnya, anak asuh Didier Deschamps memastikan tempat di partai final. Kemenangan atas Maroko di laga semifinal memastikan satu tiket partai puncak.

Maroko merupakan 1 dari 5 negara yang sukses ditundukkan Prancis di Piala Dunia 2022 kali ini. Sebelumnya ada empat negara lain yang lebih dulu jadi korban keganasan Les Bleus. Simak road to final Piala Dunia 2022: Prancis!

1. Australia jadi korban perdana Prancis

Road to Final Piala Dunia 2022: PrancisPrancis menaklukkan Australia di laga perdana fase grup Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Prancis mengawali gelaran Piala Dunia 2022 Qatar dengan tergabung di Grup D. Australia, Denmark, dan Tunisia menjadi tim yang harus dihadapi Les Bleus. Di laga perdana, Prancis menjajal kekuatan Australia.

Dalam laga yang digelar pada 23 November 2022, Kylian Mbappe dan kolega langsung menunjukkan keperkasaannya. Sempat dikejutkan gol cepat Australia, Prancis langsung tancap gas setelahnya.

Empat gol berhasil dilesakkan para penggawa Prancis ke gawang Australia. Olivier Giroud menjadi bintang kemenangan Les Bleus dalam laga ini dengan torehan dua gol.

Sementara, dua gol lainnya dicetak Adrien Rabiot dan Kylian Mbappe. Skor 4-1 menjadi akhir dari laga ini.

2. Denmark memuluskan langkah Prancis ke babak gugur

Road to Final Piala Dunia 2022: PrancisPotret laga Prancis melawan Denmark di fase grup Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Kemenangan telak di laga perdana menjadi modal berharga Timnas Prancis di laga-laga berikutnya. Di laga kedua, skuad Deschamps bersua sesama wakil Eropa, Denmark. Dalam laga yang digelar pada 26 November 2022, Mbappe menjadi bintang lapangan.

Pemain 23 tahun ini berhasil memborong dua gol Prancis ke gawang Denmark. Dua gol Mbappe tersebut hanya mampu dibalas satu oleh Denmark, yakni melalui Andres Christensen.

Setelah wasit meniup peluit berakhirnya babak kedua, skor 2-1 menjadi akhir dari laga ini. Kemenangan tersebut memastikan Prancis lolos ke babak gugur.

Sayangnya, Prancis tidak bisa menang melawan Tunisia di pertandingan terakhir fase grup. Mereka kalah 0-1.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Final Piala Dunia 2022: Argentina Vs Prancis

3. Polandia tak memberikan perlawan berarti pada babak 16 besar

Road to Final Piala Dunia 2022: PrancisKeakraban Kylian Mbappe dan Robert Lewandowski setelah laga Prancis melawan Polandia di 16 besar Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Prancis melaju ke babak gugur dengan raih enam poin setelah di laga ketiga kalah dari Tunisia. Berstatus sebagai juara grup, Prancis bersua runner-up Grup C, Polandia, pada babak 16 besar. Dalam fase ini, laju Les Bleus makin sulit dibendung.

Mereka bahkan sempat unggul tiga gol lebih dahulu dalam laga yang digelar pada 4 Desember 2022. Lagi-lagi, Mbappe menjadi aktor protagonis Prancis dalam laga ini dengan torehan brace. Sementara, satu gol lainnya dicetak oleh Olivier Giroud.

Di pengujung laga, Polandia hanya mampu membalas satu gol melalui penalti Robert Lewandowski. Kemenangan 3-1 mengantarkan Prancis melaju ke perempat final.

4. Inggris tak mampu imbangi kekuatan Prancis di perempat final 

Road to Final Piala Dunia 2022: PrancisPrancis menundukkan Inggris di perempat final Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Setelah menghadapi tim yang kurang sepadan sejak fase grup, Prancis akhirnya bersua tim yang cukup kuat. Pada babak perempat final, Les Bleus berhadapan dengan salah satu tim unggulan, Inggris.

Meski begitu, Prancis tak ada ketakutan sedikit pun. Mereka bahkan sudah berhasil unggul pada menit ke-17 melalui Aurelien Tchoameni. Inggris sempat melakukan perlawanan dengan berhasil menyamakan kedudukan melalui penalti Harry Kane pada menit ke-54.

Akhirnya, Prancis berhasil menyingkirkan Prancis setelah Olivier Giroud mencetak gol kemenangan. Skor 2-1 menjadi pembeda dalam duel yang digelar pada 11 Desember 2022 ini.

5. Maroko masih kalah pengalaman kala bersua Prancis di semifinal

Road to Final Piala Dunia 2022: PrancisPrancis menyingkirkan Maroko di semifinal Piala Dunia 2022 Qatar. (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Maroko menjadi korban terbaru keganasan Timnas Prancis di Piala Dunia 2022 Qatar. Wakil Afrika ini awalnya tak diperhitungkan pada ajang ini. Namun, setelah tampil mengejutkan, Maroko diprediksi bisa menyulitkan Prancis.

Sayangnya, Maroko belum sepadan dengan Les Bleus. Prancis yang lebih berpengalaman dalam laga-laga penting akhirnya berhasil unggul dalam laga ini. Gol cepat The Hernandez pada menit ke-5 membuyarkan strategi Maroko.

Mencoba membalas sepanjang laga, Maroko justru kembali kebobolan pada babak kedua. Randal Kolo Muani yang baru saja masuk sebagai pemain pengganti langsung menjebloskan bola ke gawang Maroko. Laga yang digelar pada Kamis (15/12/2022) dini hari WIB ini berakhir dengan skor 2-0.

Demi mempertahankan gelar juara, Prancis harus berhadapan dengan Argentina di laga puncak. Patut kita nantikan duel Les Bleus melawan Argentina di partai final.

Baca Juga: Prancis: Pesta Dulu, Baru Perang di Final Kemudian

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya