Road to Semifinal Piala AFF 2022: Indonesia

Indonesia melaju ke semifinal setelah jadi runner-up Grup A

Timnas Indonesia membuka peluang untuk menjadi yang terbaik di ajang Piala AFF 2022. Sebelum ajang ini digelar, Indonesia digadang-gadang bakal keluar sebagai juara. Namun, prediksi itu mulai diragukan setelah melihat performa Indonesia di fase grup.

Meski demikian, Marc Klok dan kolega tetap mampu lolos ke babak berikutnya. Kemenangan atas Filipina memastikan langkah skuad Garuda ke babak semifinal. Selangkah lagi, mereka akan melaju ke final untuk meraih gelar Piala AFF perdana.

Sebelum bertarung di semifinal, Garuda telah melewati adangan empat tim. Bagaimana perjalanan Indonesia hingga melaju ke semifinal Piala AFF 2022?

1. Indonesia menang tipis atas Kamboja di laga perdana

Road to Semifinal Piala AFF 2022: IndonesiaWitan Sulaiman (instagram.com/witansulaiman_)

Mengawali Piala AFF 2022, Indonesia berhadapan dengan Kamboja di laga perdana Grup A. Indonesia tentu saja lebih diunggulkan dalam laga ini. Apalagi, tim Garuda bermain di depan para pendukungnya, tepatnya di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Langkah Indonesia tampaknya cukup meyakinkan dengan unggul cepat melalui Egy Maulana Vikri. Sayangnya, Indonesia kemudian kecolongan oleh pemain Kamboja pada menit ke-15. Beruntung, Witan Sulaiman kembali membawa Indonesia unggul pada menit ke-35.

Di babak kedua, Indonesia memiliki banyak peluang mencetak gol. Namun, buruknya penyelesaian akhir membuat Indonesia gagal menambah keunggulan. Skor 2-1 menjadi akhir dalam laga yang digelar pada 23 Desember 2022.

2. Tanpa ampun membabat Brunei Darussalam

Road to Semifinal Piala AFF 2022: IndonesiaTimnas Indonesia menaklukkan Brunei Darussalam (instagram.com/syahrian.abimanyu)

Tiga hari berselang, Indonesia menjalani laga kedua dengan bertandang ke kandang Brunei Darussalam. Menghadapi tim terlemah di Grup A, Indonesia menargetkan menang dengan banyak gol.

Hal itu pun akhirnya terwujud setelah tim Garuda sukses membabat habis Brunei dengan skor 7-0. Uniknya, ketujuh gol Indonesia dicetak oleh tujuh pemain berbeda.

Para pencetak gol Indonesia dalam laga ini adalah Syahrian Abimanyu, Dendy Sulistiyawan, Egy Maulana Vikri, Ilija Spasojevic, Ramadhan Sananta, Marc Klok, dan Yakob Sayuri. Kemenangan ini menjadi modal berarti Indonesia untuk lolos ke babak berikutnya.

Baca Juga: Kuota Tiket Timnas Indonesia di Semifinal Piala AFF 2022 Ditambah

3. Ditahan imbang 10 pemain Thailand

Road to Semifinal Piala AFF 2022: IndonesiaMarc Klok (instagram.com/marcklok)

Pada 29 Desember 2022, Indonesia kembali menjamu lawannya di Stadion GBK. Kali ini tim kuat Thailand yang menjadi lawan anak asuh Shin Tae Yong. Bermain di hadapan para pendukungnya, tim Garuda hanya mampu bermain imbang tanpa gol di babak pertama.

Baru di babak kedua, Indonesia mampu unggul lebih dulu melalui gol penalti Marc Klok. Rasa percaya diri Indonesia makin meningkat setelah Thailand bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-62.

Sayangnya, Indonesia justru kecolongan jelang laga usai. Klok dan kolega harus puas dengan hasil imbang 1-1 melawan sepuluh pemain Thailand.

4. Menutup fase grup dengan kemenangan atas Filipina

Road to Semifinal Piala AFF 2022: IndonesiaDendy Sulistiyawan (instagram.com/dendy_22)

Menjalani partai pamungkas Grup A, Indonesia bertandang ke Filipina. Skuad Garuda hanya butuh hasil imbang dalam laga ini untuk memastikan lolos ke semifinal. Meski begitu, Indonesia menargetkan kemenangan demi jadi juara grup.

Peluang juara grup semakin terbuka lebar setelah Indonesia unggul dua gol di babak pertama. Dendy Sulistiyawan dan Marselino Ferdinan masing-masing mencetak satu gol di babak pertama.

Memasuki babak kedua, Indonesia kembali mendapat banyak peluang. Sayangnya, mereka harus kecolongan setelah Filipina mampu memperkecil kedudukan. Skor 2-1 menjadi akhir dalam laga yang digelar pada 2 Januari 2023.

5. Melaju ke semifinal dengan status runner-up Grup A 

Road to Semifinal Piala AFF 2022: IndonesiaTimnas Indonesia (instagram.com/egymaulanavikri)

Indonesia akhirnya melaju ke semifinal setelah menyelesaikan empat pertandingan fase grup. Mengumpulkan sepuluh poin, Indonesia hanya kalah selisih gol dari Thailand. Di semifinal, Indonesia akan berhadapan dengan juara Grup B.

Laga tersebut akan digelar dalam dua leg. Laga pertama digelar 6 Januari 2023, sementara laga kedua diselenggarakan pada 9 Januari 2023. Indonesia tentu saja berhasrat kembali lolos ke final untuk menuntaskan ambisi meraih trofi perdana Piala AFF.

Sebelumnya, Indonesia telah melaju ke final dalam enam kesempatan. Sayangnya, tim Garuda selalu kalah di partai final Piala AFF.

Patut kita nantikan kiprah Indonesia di semifinal kali ini. Akankah anak asuh Shin Tae Yong meraih trofi Piala AFF 2022?

Baca Juga: Selebrasi Gol Timnas Indonesia di Piala AFF Curi Perhatian Richarlison

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya