Road to Semifinal Piala Dunia 2022: Argentina

Padahal Argentina sempat kalah dari Arab Saudi

Timnas Argentina membuka peluang untuk menjadi yang terbaik di ajang Piala Dunia 2022 Qatar. Sebelum ajang ini digelar, Argentina digadang-gadang bakal keluar sebagai juara. Namun, prediksi itu sempat diragukan kala La Albiceleste takluk di laga perdana.

Meski demikian, perlahan tapi pasti, Lionel Messi dan kolega kembali ke jalur juara. Kemenangan atas Belanda memastikan langkah Argentina ke babak semifinal. Selangkah lagi, mereka akan melaju ke final untuk meletakkan satu tangan di Piala Emas.

Sebelum bertarung di semifinal, Tim Tango telah melewati adangan lima tim. Bagaimana perjalanan Argentina hingga melaju ke semifinal Piala Dunia 2022?

1. Dikejutkan Arab Saudi di laga perdana fase grup

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: ArgentinaArgentina melawan Arab Saudi (twitter.com/FIFAWorldCup)

Argentina mengawali perjalanan di Piala Dunia 2022 Qatar dengan bersaing di Grup C. Di laga perdana, La Albiceleste menerima tantangan dari wakil Asia, Arab Saudi. Tentu saja Argentina diprediksi menang mudah dalam laga yang digelar pada 22 November 2022 tersebut.

Prediksi itu sempat bakal terwujud ketika Lionel Messi membobol gawang Arab Saudi melalui titik putih di babak pertama. Namun, di babak kedua, kemenangan Argentina buyar dalam sekejap.

Arab Saudi tampil luar biasa di babak kedua hingga mampu mengembalikan kedudukan menjadi 1-2. Tim Tango berupaya keras untuk kembali mencetak gol. Namun, skor tersebut tetap bertahan hingga laga usai. 

2. Langsung bangkit di laga kedua melawan Meksiko

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: ArgentinaArgentina menaklukkan Meksiko di fase grup Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Kekalahan di laga perdana melawan Arab Saudi tentu saja membuat Argentina tak bisa tinggal diam. Di laga kedua, La Albiceleste harus meraih kemenangan demi menjaga asa lolos ke babak gugur.

Menghadapi Meksiko, Argentina sempat mendapat perlawanan sengit. Para pendukung Argentina harus menunggu gol pertama hingga menit ke-64. Lionel Messi lagi-lagi menjadi pemecah kebuntuan dalam laga yang digelar pada 27 November 2022.

Setelahnya, Argentina berhasil menggandakan kedudukan melalui Enzo Fernandes. Skor 2-0 bertahan hingga laga usai sekaligus menjaga asa Argentina untuk lolos dari fase grup.

Baca Juga: 5 Top Skor Terakhir Argentina di Piala Dunia, Lionel Messi Dominan!

3. Pastikan satu tempat di babak gugur setelah taklukkan Polandia

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: ArgentinaArgentina menaklukkan Polandia di Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Kemenangan atas Meksiko di laga kedua belum cukup mengantarkan Argentina lolos ke babak gugur. Tim Tango harus kembali meraih kemenangan di laga ketiga untuk memastikan lolos dari fase grup.

Di laga pamungkas, Argentina tampil habis-habisan menghadapi Polandia. Lagi-lagi, pendukung Argentina dibuat cemas ketika tim dukungannya belum mampu mencetak gol di babak pertama. Namun, hal itu langsung pecah ketika Mac Allister membawa Argentina unggul satu menit babak kedua berjalan.

Satu gol tambahan Julian Alvarez membuat Argentina berhasil menang dengan skor 2-0. Hasil ini memastikan langkah La Albiceleste ke babak gugur dengan status juara grup. 

4. Melewati adangan Australia di 16 besar

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: ArgentinaArgentina mengalahkan Australia di 16 besar Piala Dunia 2022. (fifa.com)

Perjalanan Argentina masih sangat panjang untuk meraih gelar Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah lolos dari fase grup, La Albiceleste mendapat tantangan dari Australia di babak 16 besar. Menghadapi wakil Asia ini, Argentina kembali jadi unggulan.

Namun, mereka tak ingin mengulangi kesalahan di laga perdana. Tim Tango sudah berhasil unggul di babak pertama melalui gol Lionel Messi di menit ke-35. Memasuki babak kedua, Argentina menggandakan keunggulan setelah Julian Alvarez menjebol gawang lawan.

Keunggulan dua gol sempat membuat mereka lengah. Namun, satu gol Australia di menit ke-77 tak cukup untuk gagalkan Argentina melaju ke babak berikutnya.

5. Menang dramatis lawan Belanda di perempat final

Road to Semifinal Piala Dunia 2022: ArgentinaArgentina menaklukkan Argentina di perempat final Piala Dunia 2022. (twitter.com/FIFAWorldCup)

Memasuki babak perempat final, Argentina mulai mendapat tantangan dari tim yang lebih kuat. Di babak ini, La Albiceleste harus menghadapi salah satu tim unggulan dari Eropa, Belanda, Jumat (9/12/2022).

Benar saja, Argentina tak bisa melenggang ke babak semifinal dengan mudah. Sejatinya, Argentina sudah unggul dua gol lebih dulu hingga menit ke-83. Sayangnya, laju Tim Tango sempat tertunda setelah Wout Weghorst mencetak dua gol di pengujung laga.

Skor 2-2 memaksa kedua tim menentukan nasib melalui babak adu penalti. Beruntung, Argentina berhasil menang dalam adu penalti ini. Mereka pun berhak melaju ke semifinal Piala Dunia 2022.

Argentina akan menghadapi tantangan Kroasia di babak semifinal Piala Dunia 2022, Rabu (14/12/2022) dini hari WIB. Wakil Eropa yang satu ini juga tak boleh diremehkan Argentina. Kroasia sendiri lolos ke semifinal setelah menaklukkan Brasil.

Baca Juga: Menilik Kiprah Kroasia di Piala Dunia 2022 hingga Menapaki Semifinal

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya