Comscore Tracker

5 Sosok Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Bikin Gaduh

Florentino Perez salah satunya!

Sepak bola menjadi permainan yang mendunia dan banyak karakter telah memainkan olahraga tersebut. Kemampuan di atas lapangan menjadi hal yang utama. Namun, ada individu tertentu cenderung membagi opini dengan tindakan atau pernyataan mereka.

Dari pemain, pelatih hingga pemilik dan presiden klub, orang-orang ini kerap menimbulkan kontroversi. Hal tersebut membuat sepak bola disorot semua publik dan sulit untuk menghindarinya.

European Super League menjadi salah satu kontroversi terbaru yang ada di sepak bola. Lantas, siapa saja sosok paling kontroversial dalam sejarah sepak bola? Berikut ulasannya. 

1. Eric Cantona

5 Sosok Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Bikin Gaduhgoal.com

Menjadi salah satu pemain terhebat Manchester United, karier Eric Cantona kerap diwarnai kontroversi. Kedatangan Cantona dari Leeds United pada 1992 mengubah Setan Merah. Memiliki teknik, kreativitas, dan kemampuan mencetak gol semuanya sangat penting.

Tetapi, kepribadian dan kemampuan kepemimpinannya yang kuat terbukti menjadi kunci kesuksesan Setan Merah. Pada tahun 1995, pemain berkebangsaan Prancis itu menuai kritik tajam setelah menendang seorang penggemar Crystal Palace yang melecehkannya.

Ia dilarang bermain sepak bola selama delapan bulan, dan butuh bujukan dari Sir Alex Ferguson. Selain itu, ia juga kerap melontarkan pernyataan-pernyataan aneh.

2. Jose Mourinho

5 Sosok Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Bikin Gaduhbusinessinsider.com

Salah satu pelatih paling sukses dalam sejarah sepak bola, Jose Mourinho tidak menikmati saat-saat terbaik dalam beberapa tahun terakhir. Meski pelatih asal Portugal itu menikmati karier yang penuh trofi, ia tak terhindar dari kontroversi.

Saat menangani Chelsea, ia kerap berselisih dengan Arsene Wenger. Sementara saat menjadi pelatih Real Madrid, Mourinho pernah mencolok mata asisten pelatih Barcelona, Tito Vilanova.

Pelatih berusia 58 tahun itu sering dikritik karena tidak mendukung para pemainnya dan karena fokus memenangkan trofi daripada bermain sepak bola yang menarik. Karier terakhirnya adalah bersama Tottenham Hotspur. Ia baru saja dipecat dan Tottenham menjadi klub pertama yang ditinggalkan Mourinho tanpa memenangkan satu pun trofi.

Baca Juga: Jose Mourinho yang Sudah Tidak Spesial Lagi

3. Diego Armando Maradona 

5 Sosok Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Bikin Gaduhthesefootballtimes.co

Diego Armando Maradona dianggap sebagai sosok inspiratif dalam sepak bola. Ia menjalani karir sepak bola yang luar biasa, namun kerap menjadi sosok yang cukup kontroversial. Kejeniusannya sering kali dilengkapi dengan perilakunya yang kurang baik.

Pemain asal Argentina itu kecanduan kokain dan memiliki beberapa masalah kesehatan karena gaya hidupnya. Pertandingan Argentina melawan Inggris di perempat final Piala Dunia 1986 dengan sempurna merangkum Maradona.

Argentina mengalahkan Inggris 2-1, berkat dua gol Maradona. Gol pertamanya adalah "Gol Tangan Tuhan" yang terkenal, di mana dia menggunakan tangannya untuk mengarahkan bola ke gawang.

Sementara yang kedua menggambarkan kemampuannya. Kemampuan teknik Maradona yang luar biasa terlihat saat ia berlari sejauh 60 yard dengan bola, melewati empat lawan dan memasukkan bola ke gawang.

4. Florentino Perez

5 Sosok Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Bikin Gaduhgoal.com

Florentino Perez tak terlalu terlihat kontroversial sebelum keterlibatannya dalam European Super League. Perez menjadi presiden Real Madrid untuk pertama kalinya pada tahun 2000 dan mencetuskan dimulainya era "Los Galacticos" Real Madrid. Pemain bintang seperti Zinedine Zidane, Ronaldo, David Beckham dan Michael Owen di rekrut Los Blancos.

Namun, kebijakan Perez harus berakhir setelah awal yang baik, dan dia mengundurkan diri pada tahun 2006. Ia kembali menjadi presiden pada tahun 2009 dan langsung merekrut Cristiano Ronaldo dalam transfer rekor dunia dari Manchester United.

Real Madrid sangat sukses di bawah kepemimpinannya. Namun perannya di ESL telah menimbulkan kontroversi besar. Komentarnya tentang ESL menimbulkan keributan, dan masih harus dilihat apa pandangan Perez sekarang, dengan banyak klub yang mengundurkan diri dari kompetisi.

5. Josep Maria Bartomeu

5 Sosok Paling Kontroversial dalam Sejarah Sepak Bola, Bikin Gaduhfcbarcelona.com

Josep Maria Bartomeu bukanlah sosok yang disukai penggemar di Barcelona. Ia menjabat sebagai presiden klub dari 2014 hingga 2020. Pria asal Spanyol itu terlibat dalam beberapa gerakan pemain yang kontroversial. Skandal Barcagate yang paling banyak menimbulkan kontroversi.

Bartomeu dituduh menyewa perusahaan buzzer untuk memberikan citra positif tentang dirinya, sekaligus merusak reputasi pemain bintang seperti Lionel Messi dan Gerard Pique. Bartomeu akhirnya mengundurkan diri pada tahun 2020, dan kemudian dilakukan penyelidikan oleh polisi. Barcelona sekarang memiliki presiden baru, yaitu Joan Laporta.

 

Sepak bola memang tak lepas dari kontroversi dan justru menjadi bumbu penyedap yang tak boleh dilewatkan. Mereka hanya sebagian dari banyaknya kontroversi yang ada di sepak bola. Menurut kamu, kontroversi mana yang paling bikin kegaduhan?

Baca Juga: 5 Rekrutan Teraneh Barcelona di Era Bartomeu, Transfer Kacau!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya