Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era "Premier League"

Adakah tim favoritmu?

Kompetisi Liga Inggris menjadi salah satu yang paling bergengsi di dunia. Liga Inggris sendiri sudah berjalan sejak tahun 1889, sementara pada tahun 1992 Liga Inggris memasuki era Premier League. Dengan konsep kompetisi yang lebih modern, Premier League semakin kompetitif. Hingga kini baru tujuh tim yang mampu meraih trofi di era Premier League.

Terbaru ada Liverpool yang baru saja memastikan gelar Premier League musim ini. Mereka akhirnya juara setelah puasa gelar Liga Inggris selama tiga puluh tahun. Selain Liverpool, tim mana saja yang pernah juara di era Premier League? Berikut ulasannya. 

1. Manchester United - 13 trofi

Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era Premier Leaguepremierleague.com

Manchester United menjadi tim tersukses di era Premier League. Mereka berhasil meraih trofi Premier League sebanyak 13 kali. United menjadi tim pertama yang juara Premier League yaitu pada musim 1992/1993. Mereka juga berhasil dua kali juara tiga musim beruntun, yaitu pada 1998 hingga 2001 dan 2006 hingga 2009.

Terakhir kali United juara yaitu pada musim 2012/2013. Kesuksesan United tersebut berkat kecerdasan Sir Alex Ferguson selama menjadi pelatih. Setelah era Ferguson, MU belum mampu meraih gelar juara Premier League. 

2. Chelsea - 5 trofi

Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era Premier Leaguepremierleague.com

Tim kedua merupakan tim dari London yaitu Chelsea. The Blues menjelma menjadi tim elite di Premier League setelah dimiliki oleh taipan asal Rusia, Roman Abramovich. Mereka mendatangkan pemain-pemain berkualitas hingga sukses menjuarai Premier League.

Hingga kini Chelsea telah juara Premier League sebanyak 5 kali. Tepatnya pada musim 2004/2005, 2005/2006, 2009/2010, 2014/2015, 2016/2017. The Blues menjadi tim yang konsisten di papan atas dalam beberapa musim terakhir. 

3. Manchester City - 4 trofi

Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era Premier Leaguepremierleague.com

Hampir sama dengan Chelsea, Manchester City juga muncul ke permukaan dalam beberapa musim terakhir. Klub sekota MU ini menjadi tim kuat setelah dimiliki oleh konglomerat Uni Emirat Arab, Sheikh Mansour. Dengan kekayaan yang dimiliki sang pemilik, City juga merekrut pemain-pemain dengan harga tinggi nan mumpuni.

Dalam sepuluh musim terakhir, City menjadi pesaing dalam perebutan juara. Hingga kini The Citizens meraih 4 trofi pada era Premier League. City meraih juara pada 2011/2012, 2013/2014, 2017/2018 dan terakhir 2018-19. 

4. Arsenal - 3 trofi

Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era Premier Leaguepremierleague.com

Arsenal juga menjadi salah satu tim sukses di Premier League. Kesuksesan mereka terjadi pada akhir 90an hingga awal musim 2000an. Saat itu The Gunners diperkuat pemain bintang seperti Dennis Bergkamp hingga Thierry Henry. Tak hanya pemain yang berkualitas, pelatih mereka yaitu Arsene Wenger juga berada pada masa jayanya.

Dalam sejarah Premier League, Arsenal berhasil menjadi juara sebanyak 3 kali. Ketiga trofi tersebut mereka raih pada musim 1997/1998, 2001/2002, dan terakhir 2003/2004. Dalam beberapa musim terakhir prestasi The Gunners menurun dan gagal bersaing dalam perburuan gelar juara. 

Baca Juga: Unforgettable! 10 Pencetak Gol Tercepat dalam Sejarah Premier League

5. Blackburn Rovers - 1 trofi

Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era Premier Leaguerovers.co.uk

Meskipun saat ini berada di divisi Championship atau kasta kedua liga Inggris, Blackburn Rovers pernah mencatatkan tinta emas di Premier League. Hal tersebut terjadi pada awal era Premier League setelah Blackburn memiliki presiden baru yaitu Jack Walker. Ia menunjuk Kenny Dalglish sebagai juru taktik serta memiliki pemain-pemain hebat seprti Alan Shearer dan Chris Sutton.

Sebagai tim medioker, Blackburn tentu saja bukan unggulan pada saat itu. Namun pada musim 1994/1995, Blackburn Rovers berhasil meraih trofi Premier League pertemanya. Setelah catatkan mengesankan tersebut, prestasi Blackburn semakin menurun hingga degradasi ke kasta kedua. 

6. Leicester City - 1 trofi

Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era Premier Leaguepremierleague.com

Cerita manis tim non unggulan yang berhasil menjadi juara Premier League juga terjadi beberapa musim lalu. Kali ini Leicester City yang menjadi tim kuda hitam di Premier League. Leicester tampil mengejutkan pada musim 2015/2016 hingga menjadi juara pada akhir musim.

Tim berjuluk The Foxes tersebut berhasil mengungguli tim kuat lain seperti Manchester City, Chelsea hingga Liverpool. Mereka merusak tradisi tim tim The Big Six yang berisi tim-tim elite. Saat itu, pemain seperti Jamie Vardy, N'Golo Kante hingga Riyad Mahrez tampil sebagai bintang. Dengan racikan Cladio Ranieri, skuat Leicester menjadi tim terkuat.

7. Liverpool - 1 trofi

Liverpool Juara, 7 Tim Ini Pun Pernah Raih Trofi Era Premier Leaguetwitter.com/LFC

Tim terakhir yang menjadi juara Premier League tentu saja Liverpool. The Reds tampil gemilang musim ini dalam ambisi meraih trofi Premier League pertama kali. Sebenarnya Liverpool merupakan tim yang sukses sebelum era Premier League. Namun mereka selalu gagal menjadi juara pada era Premier League.

Musim 2019/2020 ini akhirnya Liverpool kembali meraih kejayaan mereka di kasta teratas liga Inggris. Liverpool mengunci gelar juara pada pekan 31 setelah 86 poin mereka tak mungkin lagi terkejar oleh tim terdekatnya, Manchester City. Meskipun sempat ditunda akibat COVID-19, Liverpool sangat layak meraih juara Premier League musim ini dengan penampilan impresifnya. 

Ada tim favoritmu dalam daftar juara Premier League?

Baca Juga: [BREAKING] Liverpool Akhirnya Jadi Juara Premier League!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya