6 Tim yang Dihadapi Inggris Hingga Melangkah ke Final Piala Eropa 2020

Mana lawan Inggris yang paling tangguh nih?

Inggris memastikan diri melangkah ke final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Denmark di semifinal. Italia akan menjadi lawan anak asuh Gareth Southgate di partai puncak yang akan digelar pada Minggu (11/7/2021) waktu setempat. Ini akan menjadi final pertama Inggris dalam sejarah keikutsertaannya di Piala Eropa. Laju Inggris di edisi kali ini memang cukup meyakinkan.

Hingga babak semifinal, mereka hanya kebobolan satu gol saja, itu pun terjadi saat semifinal. Dari 6 pertandingan yang sudah dijalani, Inggris meriah 5 kemenangan di antaranya. Lantas tim mana saja yang telah dihadapi Inggris hingga melangkah ke final Piala Eropa 2020? Berikut ulasannya.

1. Kroasia

6 Tim yang Dihadapi Inggris Hingga Melangkah ke Final Piala Eropa 2020Raheem Sterling (twitter.com/iF2is)

Menjalani laga perdana di Piala Eropa 2020, Inggris menerima tantangan Kroasia. Kroasia yang diisi pemain-pemain top seperti Luka Modric dan beberapa pemain lainnya tak mampu menembus kokohnya pertahanan The Three Lions.

Mereka sempat memberi perlawan sengit dengan menahan imbang Inggris dengan skor kacamata di babak pertama. Gol semata wayang Raheem Sterling di menit ke-57 menjadi pembeda dalam laga ini. Skor 1-0 sudah cukup memberi tiga poin penting bagi Harry Kane dan kolega. 

2. Skotlandia

6 Tim yang Dihadapi Inggris Hingga Melangkah ke Final Piala Eropa 2020Potret laga Inggris menghadapi Skotlandia (uefa.com)

Setelah berhasil menang atas Kroasia di laga perdana, Inggris tampil percaya diri saat menghadapi Skotlandia. Apalagi sang lawan baru saja kalah dari Republik Ceko di laga perdana. Lini belakang Inggris lagi-lagi tampil kokoh dengan mencatatkan clean sheet kedua. Namun hal itu tak dibarengi dengan lini depan yang tajam.

Harry Kane, Raheem Sterling dan beberapa pemain lainnya gagal menjebol gawang Skotlandia. Laga ini pun berakhir dengan skor kacamata 0-0. Pemain muda Chelsea, Billy Gilmour, mencuri perhatian dalam pertandingan ini dan dinobatkan sebagai star of the match. 

3. Republik Ceko 

6 Tim yang Dihadapi Inggris Hingga Melangkah ke Final Piala Eropa 2020Raheem Sterling (twitter.com/sterling7)

Republik Ceko menjadi lawan terakhir Inggris di Grup D. Misi meraih tiga poin guna memastikan diri sebagai juara grup diusung oleh Harry Kane dan kolega. Harapan itu mulai terwujud setelah Raheem Sterling berhasil mencetak gol saat laga baru berumur 12 menit.

Namun ternyata, gol cepat itu menjadi satu-satunya gol yang tercipta dalam laga ini. Peluang di sisa pertandingan gagal dimanfaatkan kedua tim. Lini depan Republik Ceko juga tak berdaya menjebol pertahanan Inggris yang dikawal Harry Maguire dan kolega. 

4. Jerman 

6 Tim yang Dihadapi Inggris Hingga Melangkah ke Final Piala Eropa 2020Harry Kane (twitter.com/iF2is)

Inggris melaju ke babak 16 besar dengan status juara grup. Namun lini depan mereka patut dipertanyakan karena lawan mereka di babak ini adalah Jerman. Kritikan untuk lini depan Inggris khususnya Harry Kane akhirnya dibungkam dalam laga melawan Jerman. Kedua tim sempat kesulitan menjebol gawang lawan hingga memasuki akhir babak kedua.

Namun lagi-lagi, Raheem Sterling membuka skor keunggulan Inggris di menit ke-75. Kane yang sebelumnya belum mencetak gol memperlebar keunggulan Inggris menjadi 2-0 pada menit ke-86. Inggris pun berhasil menyingkirkan lawan tangguh Jerman yang juga favorit juara.

5. Ukraina 

6 Tim yang Dihadapi Inggris Hingga Melangkah ke Final Piala Eropa 2020Harry Kane (twitter.com/iF2is)

Setelah meladeni pertandingan sengit melawan Jerman, langkah Inggris di babak perempat final terbilang mudah. Ukraina yang menjadi lawan Inggris diprediksi akan kesulitan. Benar saja, Inggris tanpa ampun menghajar Ukraina dengan skor 4 gol tanpa balas.

Pada pertandingan yang digelar di Olimpico Roma ini Harry Kane menjadi bintang setelah mencetak dua gol. Sementara dua gol lainnya masing-masing dicetak Harry Maguire dan Jordan Henderson. Pada pertandingan ini pula, The Three Lions mencatatkan clean sheet 5 kali beruntun.

6. Denmark

6 Tim yang Dihadapi Inggris Hingga Melangkah ke Final Piala Eropa 2020Timnas Inggris (twitter.com/UEFAcom_es)

Denmark yang menjadi tim kejutan berambisi menahan laju Inggris di babak semifinal. Martin Braithwaite dan kolega memberi perlawan yang sengit untuk skuad Gareth Southgate. Bahkan pada menit ke-30, Denmark sempat unggul melalui gol Mikkel Damsgaard. Namun sembilan menit berselang, Inggris mampu menyamakan kedudukan melalui gol bunuh diri Simon Kjaer.

Setelah 90 menit tak ada pemenang, laga dilanjutkan ke perpanjangan waktu. Inggris akhirnya memastikan langkahnya ke final setelah Harry Kane mencetak gol melalui titik putih pada menit ke-104. Laga pun berakhir dengan skor 2-1 untuk keunggulan The Three Lions.

Kokohnya pertahanan Inggris menjadi modal berharga untuk menghadapi Italia. Namun mereka harus ekstra waspada karena Gli Azzurri asuhan Roberto Mancini selalu meraih kemenangan di Piala Eropa 2020. Mampukah Inggris meraih trofi Piala Eropa pertama mereka? 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya