Top Skor Liga Europa dalam 5 Musim Terakhir, Ada Bruno Fernandes!

Fernandes top skor dengan membela dua klub berbeda

UEFA Europa League (UEL) alias Liga Europa menjadi salah satu kompetisi antarklub Eropa. Kerap dianggap sebagai kasta kedua, ajang ini ternyata juga tak kalah menarik.

Dalam beberapa musim terakhir, cukup banyak klub elite yang bertarung di Liga Europa. Meski begitu, tak serta merta klub elite tersebut bisa merajai ajang ini. Begitu juga dalam persaingan pencetak gol terbanyak.

Dalam 5 musim terakhir, top skor Liga Europa cukup bervariasi. Tak hanya pemain ternama, tetapi juga pemain yang namanya mungkin jarang terdengar.

1. James Tavernier dari Rangers FC menjadi top skor edisi 2021/2022

Top Skor Liga Europa dalam 5 Musim Terakhir, Ada Bruno Fernandes!James Tavernier (uefa.com)

James Tavernier adalah salah satu pemain yang menjadi top skor Liga Europa dalam 5 musim terakhir. Pemain yang membela Rangers FC ini menjadi top skor pada 2021/2022.

Pada musim tersebut, Tavernier berhasil menggelontorkan 7 gol dari 14 pertandingan. Uniknya, ia merupakan pemain yang berposisi sebagai bek kanan.

Berkat kegemilangannya, Rangers FC berhasil melaju ke final. Sayangnya, pemain asal Inggris itu gagal mengantarkan timnya menjadi juara setelah ditaklukkan Eintracht Frankfurt.

2. Empat pemain menjadi top skor pada edisi 2020/2021

Top Skor Liga Europa dalam 5 Musim Terakhir, Ada Bruno Fernandes!Gerard Moreno (uefa.com)

Liga Europa terbukti menjadi salah satu ajang yang cukup kompetitif. Pada 2020/2021, ada empat pemain yang sama-sama menjadi pencetak gol terbanyak.

Keempat pemain tersebut adalah Gerard Moreno (Villarreal), Borja Mayoral (AS Roma), Pizzi (Benfica), dan Yusuf Yazici (LOSC Lille). Mereka sama-sama mengoleksi tujuh gol.

Meski begitu, Gerard Moreno menjadi pemain yang sukses mengantarkan klubnya berjaya. Di partai final, Moreno dan kolega mengantarkan Villarreal mengalahkan Manchester United.

Baca Juga: 6 Mantan Juara Liga Champions Berebut Trofi Liga Europa 2022/2023

3. Bruno Fernandes menjadi top skor edisi 2019/2020

Top Skor Liga Europa dalam 5 Musim Terakhir, Ada Bruno Fernandes!Bruno Fernandes (uefa.com)

Dalam beberapa musim terakhir, Manchester United cukup sering tampil di Liga Europa. Pada 2019/2020, salah satu gelandang andalannya menjadi pencetak gol terbanyak.

Pemain yang dimaksud adalah Bruno Fernandes. Gelandang asal Portugal itu berhasil menorehkan 8 gol dari 10 pertandingan yang dilakoni.

Jumlah gol tersebut tak hanya ia torehkan saat berseragam Setan Merah. Bruno yang pindah ke MU pada Januari 2020 juga sempat membela Sporting CP pada musim tersebut.

4. Olivier Giroud yang jadi andalan Chelsea menjadi top skor edisi 2018/2019

Top Skor Liga Europa dalam 5 Musim Terakhir, Ada Bruno Fernandes!Olivier Giroud (uefa.com)

Di Liga Europa 2018/2019, Chelsea berhasil menjadi juara. Keberhasilan The Blues tersebut tak lepas dari tajamnya lini depan mereka yang dipimpin Olivier Giroud.

Penyerang veteran tersebut sukses menggelontorkan 11 gol dari 14 pertandingan yang dilakoni. Jumlah tersebut menjadikannya top skor Liga Europa.

Ia mengungguli Luka Jovic (Eintracht Frankfurt) yang hanya mencetak sepuluh gol. Eintracht Frankfurt juga menjadi lawan Chelsea di partai puncak.

5. Ciro Immobile dan Aritz Aduriz menjadi top skor bersama pada 2017/2018

Top Skor Liga Europa dalam 5 Musim Terakhir, Ada Bruno Fernandes!Ciro Immobile (uefa.com)

Sebelum terjadi top skor bersama pada 2020/2021, hal serupa pernah terjadi pada 2017/2018. Namun, pada musim tersebut, hanya ada dua pemain yang menjadi top skor bersama.

Mereka adalah Ciro Immobile (Lazio) dan Aritz Aduriz (Athletic Bilbao). Kedua penyerang tersebut mengoleksi masing-masing tujuh gol.

Sayangnya, Immobile dan Aduriz gagal mengantarkan timnya menjadi juara. Immobile paling mentok mengantarkan Lazio hingga ke perempat final.

Patut kita nantikan siapa yang akan menjadi top skor Liga Europa 2022/2023 ini. Saat ini, ada Marcus Rashford yang sementara memimpin daftar pencetak gol terbanyak.

Baca Juga: 5 Pemain Inggris dengan Pertandingan Terbanyak di Europa League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya