Comscore Tracker

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!

Dari De Bruyne hingga Hazard!

Belgia menjelma menjadi negara dengan sepak bola mengerikan dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan saat ini Belgia menjadi tim terbaik di dunia dengan menempati peringkat satu FIFA. Hal tersebut tentu saja tak terlepas dari pemain-pemain Belgia yang kini bertabur bintang.

Dengan kualitas yang mereka miliki, pemain-pemain tersebut memiliki harga yang tentu saja tak sedikit. Dalam sejarah sepak bola Belgia, ada beberapa pemain yang mencatatkan nilai transfer tertinggi. Siapa saja mereka? Berikut daftar transfer pemain Belgia termahal sepanjang sejarah.

1. Eden Hazard - 100 juta euro 

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!en.as.com

Eden Hazard menjadi salah satu pemain terbaik yang dimiliki Belgia saat ini. Saat ini penyerang sayap tersebut berusia 29 tahun. Tampil mengesankan bersama Chelsea, Hazard direkrut Real Madrid dengan harga fantastis. Transfer tersebut terjadi pada awal musim ini dengan mahar mencapai 100 juta euro. Meskipun demikian, Hazard masih butuh waktu beradaptasi dengan skuat El Real. Hazard dikontrak Madrid hingga Juni 2024. 

2. Romelu Lukaku - 84,7 juta euro 

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!planetfootball.com

Sebelum dipecahkan Eden Hazard, Romelu Lukaku sempat menjadi pemain Belgia termahal. Pada musim 2017/2018, Lukaku memutuskan hijrah dari Everton ke Manchester United. Penampilan apiknya bersama Everton membuat United kepincut. Setan merah rela menggelontorkan dana hingga 84,7 juta euro demi dapatkan striker yang saat itu berusia 24 tahun tersebut. Namun pada awal musim ini, Lukaku meninggalkan United dan bergabung dengan Inter Milan. 

3. Kevin De Bruyne - 76 juta euro 

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!premierleague.com

Kevin De Bruyne menjadi salah satu gelandang terbaik di dunia saat ini. Dengan skil olah bola mumpuni, De Bruyne juga sempat menjadi pemain Belgia termahal. Manchester City memboyong De Bruyne dari Werder Bremen pada musim 2015/2016. Saat itu ia masih berusia 24 tahun dan ditebus City dengan harga sebesar 76 juta euro. Harga tersebut tentu saja sepadan dengan kualitas yang dimiliki De Bruyne. 

4. Romelu Lukaku - 65 juta euro 

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!en.as.com

Setelah meninggalkan Manchester United, Romelu Lukaku juga kembali mencatatkan nilai transfer yang tak kalah tinggi. Meskipun sedikit rugi, Setan merah melepas Lukaku ke Inter Milan pada awal musim ini. Kepindahan Lukaku tersebut melibatkan dana hingga 65 juta euro. Dana tersebut tak sia-sia dikeluarkan Inter karena Lukaku langsung tampil moncer bersama skuat Antonio Conte. Lukaku memiliki kontrak hingga Juni 2024 bersama Inter Milan.

Baca Juga: 5 Pemain Belgia dengan Jumlah Penampilan Terbanyak di Premier League

5. Christian Benteke - 46,5 juta euro 

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!liverpoolfc.com

Striker Belgia lain yang memiliki nilai transfer tak kalah tinggi adalah Christian Benteke. Striker Belgia tersebut direkrut Liverpool dari Aston Villa pada musim 2015/2016. Saat itu Benteke baru berusia 24 tahun dan dinilai memiliki potensi yang luar biasa sebagai penyerang. The Reds pun tak ragu mengeluarkan dana hingga 46,5 juta euro untuk dapatkan Benteke. Namun kariernya di Liverpool hanya bertahan satu musim. Kini ia membela klub Premier League lainnya yakni Crystal Palace.

6. Youri Tielemans - 45 juta euro 

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!lcfc.com

Youri Tielemans menjadi pemain muda potensial yang dimiliki Belgia saat ini. Gelandang berusia 23 tahun tersebut direkrut tim Premier League yakni Leicester City pada awal musim ini. Leicester menebus Tielemans dari AS Monaco dengan harga sebesar 45 juta euro. Dengan usianya yang masih cukup muda, Tielemans digadang-gadang menjadi bintang masa depan dalam dunia sepak bola. Di musim pertamanya, Tielemans tak kesulitan beradaptasi dengan skuat Leicester.

7. Axel Witsel - 40 juta euro 

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!skysports.com

Sebelum pemain-pemain tersebut, Axel Witsel sempat menjadi pemain Belgia dengan nilai transfer tertinggi. Pada musim 2012/2013, Witsel direkrut Zenit Saint-Petersburg dari Benfica. Saat itu Witsel baru berusia 23 tahun dan diboyong Zenit dengan harga 40 juta euro. Saat ini Witsel membela klub Bundesliga yaitu Borussia Dortmund. Meskipun sudah mulai menua, Witsel masih layak menjadi pemain inti.

8. Michy Batshuayi - 39 juta euro

8 Transfer Pemain Belgia Termahal Sepanjang Sejarah, Bertabur Bintang!standard.co.uk

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah seorang striker yaitu Michy Batshuayi. Batshuayi menjadi salah satu pemain Belgia yang membela Chelsea. The Blues merekrut Batshuayi pada musim 2016/2017 dari Marseille. Dengan usianya yang masih muda, Batshuayi direkrut Chelsea dengan harga 39 juta euro. Kariernya bersama Chelsea tak berjalan mulus, ia kerap dipinjamkan ke tim lain karena tak mampu menjadi pemain inti. 

Dengan pemain bertabur bintang yang dimiliki, Belgia pantas diperhitungkan dalam dunia sepak bola. Siapa pemain Belgia terbaik hingga saat ini?

Baca Juga: 8 Pemain Belgia Ini Tampil Impresif di Premier League, Siapa Terbaik?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya