Comscore Tracker

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!

Makin tua, makin berharga!

Pemain sepak bola memiliki masanya tersendiri dalam berkarier. Biasanya pemain yang berusia di atas 30 tahun mulai mengalami penurunan karier. Namun tak sedikit juga pemain yang justru semakin moncer meskipun sudah berusia di atas 30 tahun. Pemain-pemain ini bahkan masih memiliki nilai transfer yang cukup tinggi saat bergabung dengan tim baru.

Salah satunya Cristiano Ronaldo yang dibeli Juventus dengan harga tinggi meski sudah mulai menua. Tak hanya Ronaldo, ada juga beberapa pemain senior yang pindah dengan nilai transfer masih terbilang tinggi. Berikut daftar transfer pemain di atas 30 tahun termahal hingga saat ini. 

1. Cristiano Ronaldo - 117 juta euro 

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!juventus.com

Cristiano Ronaldo menjadi pemain di atas 30 tahun yang catatkan nilai transfer tertinggi hingga saat ini. Pemain asal Portugal tersebut direkrut Juventus pada musim 2018/2019 dari Real Madrid. Di usianya yang menginjak 33 tahun, CR7 ditebus Si Nyonya Tua dengan mahar mencapai 117 juta euro. Harga tersebut tentu saja cukup fantastis untuk ukuran pemain seumuran Ronaldo. Namun dengan kualitas dan kepopuleran yang dimiliki CR7, Juve tampaknya tetap meraih keuntungan.

2. Miralem Pjanic - 60 juta euro

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!marca.com

Miralem Pjanic menjadi pemain terbaru yang bergabung dengan Barcelona. Meskipun sudah berusia 30 tahun, pemain Bosnia-Herzegovina ini masih memiliki kualitas mumpuni. Hal tersebut membuat El Barca tak ragu memboyong Pjanic dari Juventus dengan harga tinggi, yakni senilai 60 juta euro. Dalam transfer Pjanic, Blaugrana juga melepas Arthur ke Juventus. Barca berharap, pengalaman yang dimiliki Pjanic bisa membantu mereka kembali berjaya.

3. Paulinho - 42 juta euro

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!mundodeportivo.com

Tak hanya transfer pemain sesama tim Eropa, klub Asia yakni Guangzhou Evergrande juga berani merekrut pemain dengan harga tinggi. Klub asal China tersebut mendatangkan Paulinho dari Barcelona pada musim 2018/2019. Demi datangkan pemain yang saat itu berusia 30 tahun tersebut, Guangzhou rela mengeluarkan dana sebesar 42 juta euro. Hingga saat ini pemain asal Brasil tersebut masih menjadi andalan Guangzhou. 

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dilepas Sporting Lisbon, Tak Ada CR7?

4. Leonardo Bonucci - 42 juta euro 

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!goal.com

Juventus yang dihuni beberapa pemain senior tampaknya masih mendapat keuntungan dari pemain tersebut. Sebelum Miralem Pjanic, La Vecchia Sinyora juga telah melepas salah satu pemain seniornya yakni Leonardo Bonucci dengan harga lumayan tinggi. Bek berkebangsaan Italia tersebut dijual Juve ke AC Milan pada musim 2017/2018. Dari penjualan pemain yang saat itu berusia 30 tahun tersebut, Juve mendapat dana segar sebesar 42 juta euro. 

5. Radja Nainggolan - 38 juta euro 

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!marca.com

Pemain keturunan Indonesia yakni Radja Nainggolan juga catatkan nilai transfer tinggi meskipun sudah mulai menua. Nainggolan bergabung dengan Inter Milan pada musim 2018/2019 setelah meninggalkan AS Roma. Saat itu Nainggolan sudah berusia 30 tahun dan ditebus Nerazzurri dengan harga 38 juta euro. Saat ini ia masih terikat kontrak dengan Inter, namun Nainggolan sedang dalam peminjaman di Cagliari.

6. Gabriel Batistuta - 36,15 juta euro 

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!goal.com

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Gabriel Batistuta lebih dulu catatkan rekor sebagai pemain di atas 30 tahun termahal. Pada musim 2000/2001, Batistuta diboyong AS Roma dari Fiorentina. Saat itu ia berusia 31 tahun dan ditebus Srigala Ibukota dengan mahar senilai 36,15 juta euro. Nilai tersebut tentu saja cukup tinggi pada masa itu apalagi Batistuta sudah cukup senior. Pemain Italia ini telah gantung sepatu pada tahun 2005.

7. Jasper Cillessen - 35 juta euro 

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!en.as.com

Tak hanya pemain depan, Jasper Cillessen yang berposisi sebagai penjaga gawang juga catatkan nilai transfer yang tak kalah tinggi. Kiper asal Belanda tersebut memutuskan hijrah dari Barcelona ke Valencia pada awal musim ini. Demi dapatkan kiper 30 tahun tersebut, Valencia mengeluarkan dana sebesar 35 juta euro. Sebagai mantan kiper utama El Barca, Cillessen tentu saja masih memiliki kualitas mumpuni.

8. Leonardo Bonucci - 35 juta euro 

8 Transfer Pemain di Atas 30 Tahun Termahal Hingga Kini, CR7 Teratas!juventus.com

Leonardo Bonucci benar-benar menjadi pemain senior yang cukup berharga. Setelah catatkan nilai transfer tinggi saat bergabung dengan AC Milan, ia juga dilepas Rossoneri dengan harga tak kalah tinggi. Pada musim 2018/2019, Bonucci kembali ke klub lamanya yaitu Juventus. Pemain yang saat itu berusia 31 tahun tersebut didatangkan La Vecchia Sinyora dengan harga 35 juta euro. Bek Italia tersebut masih aktif membela Juve hingga saat ini. 

Meskipun sudah memasuki penghujung karier, pemain-pemain tersebut masih memiliki kualitas yang patut diperhitungkan. Siapa pemain senior yang akan pecahkan rekor dalam daftar ini?

Baca Juga: 8 Transfer Pemain Portugal Termahal Hingga Kini, Felix Ungguli CR7!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya