Comscore Tracker

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Arsenal, Gagal Bersinar

Ada yang masih ingat mereka?

Arsenal pernah menjadi klub yang berjaya khususnya saat ditangani Arsene Wenger. Prestasi mereka terus menurun dalam beberapa tahun terakhir. Padahal mereka telah melakukan segala cara untuk memperbaiki performa. Salah satunya dengan mendatangkan pemain baru.

The Gunners telah memboyong pemain ternama dengan harga cukup besar. Di antaranya ada Pierre-Emerick Aubameyang, Alexis Sanchez, Mesut Ozil hingga yang termahal ada Nicolas Pepe. Meskipun demikian, ada saja transfer tak terduga yang pernah dilakukan oleh Arsenal. Apa saja itu? Berikut ulasannya.

1. Kim Kallstrom dari Spartak Moscow

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Arsenal, Gagal Bersinararsenal.com

Salah satu transfer tak terduga yang pernah dilakukan Arsenal adalah mendatangkan Kim Kallstrom. The Gunners mengontrak gelandang Swedia itu dengan status pinjaman dari Spartak Moscow pada Januari 2014.

Saat itu, The Gunners kehilangan sejumlah gelandang karena cedera. Mereka pun merekrut Kallstrom pada hari terakhir jendela transfer. Padahal saat itu, Kallstrom sedang mengalami cedera punggung.

Namun karena panik, Arsenal tetap merekrutnya dan Kallstrom menjalani penyembuhan di London. Hal tersebut membuat Kallstrom tak terlalu berkontribusi dengan catatan 4 pertandingan.

2. Andre Santos dari Fenerbahce

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Arsenal, Gagal Bersinargoal.com

Berikutnya ada Andre Santos yang diharapkan bisa menggantikan Gael Clichy. Saat itu, Clichy meninggalkan The Gunners untuk bergabung dengan Manchester City pada musim panas 2011. Pada hari terakhir jendela transfer, Arsenal merekrut bek kiri asal Brasil, Santos dari Fenerbahce. Arsenal merogoh kocek sebesar 7 juta euro atau sekitar Rp122 miliar dalam kesepakatan tersebut.

Santos sendiri hanya membuat 33 penampilan dalam dua musim untuk The Gunners sebelum dijual ke Gremio. Hal yang paling dikenang dan cukup aneh, ketika Santos bertukar jersey dengan Robin van Persie saat paruh pertama dalam laga menghadapi Manchester United.

Baca Juga: 5 Pembelian Termahal Arsenal di Transfer Musim Dingin, Siapa Saja?

3. Mikael Silvestre

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Arsenal, Gagal Bersinareurosport.com

Mantan bintang Manchester United, Mikael Silvestre disebut-sebut akan bergabung dengan rival sekota Manchester City pada musim panas 2008. Pemain asal Prancis itu sudah menjalani pemeriksaan medis di Manchester City. Namun ia menerima tawaran dari Arsene Wenger yang saat itu melatih Arsenal.

Setelah percakapan dengan Wenger, Silvestre memilih untuk bergabung dengan The Gunners daripada rival berat United itu. Pemain berposisi bek ini telah melewati masa jayanya dan hanya berhasil membuat 40 penampilan di semua kompetisi untuk Arsenal dalam dua musimnya di klub.

4. Park Chu Young dari AS Monaco

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Arsenal, Gagal Bersinarbleacherreport.com

Pada musim panas 2011, Arsenal membajak kepindahan Park Chu Young ke Lille dari AS Monaco. Pemain asal Korea Selatan itu tampil mengesankan selama tiga tahun bersama klub Prancis itu, mencetak 26 gol dalam 103 penampilan di semua kompetisi. Saat bergabung dengan The Gunners, Park Chu-young diberi nomor punggung 9.

Selama tiga tahun di Arsenal, pemain asal Korea Selatan itu menghabiskan dua tahun dengan status pinjaman di Celta Vigo dan Watford. Dia hanya berhasil membuat 7 penampilan di semua kompetisi untuk klub London Utara itu sebelum dilepas pada 2014.

5. Denis Suarez

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Arsenal, Gagal Bersinargoal.com

Arsenal sudah terbiasa mendatangkan talenta-talenta muda pada bursa transfer dalam beberapa tahun terakhir. Salah satunya dengan mendatangkan Denis Suarez pada Januari 2019 dari Barcelona dengan harapan bisa meremajakan skuad.

Gelandang asal Spanyol bergabung dengan Arsenal dengan beban ekspektasi di pundaknya setelah melakukan sejumlah penampilan impresif untuk Barcelona. Namun kariernya justru dirusak oleh cedera selama berseragam Arsenal. Ia hanya berhasil membuat 6 penampilan di semua kompetisi untuk Arsenal sebelum kembali ke Barcelona.

 

Ada saja hal yang terjadi dalam bursa transfer termasuk yang pernah dilakukan oleh Arsenal. Biasanya hal tersebut karena dalam kondisi panik. Mereka pun gagal bersinar saat berseragam The Gunners.

Baca Juga: 5 Kesalahan Transfer yang Pernah Dilakukan oleh Arsenal, Apa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya