Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Setelah Borussia Dortmund Tumbangkan FC Schalke

Tercipta beberapa catatan baru!

Borussia Dortmund langsung mendapat lawan berat dalam lanjutan Bundesliga usai jeda karena virus corona. Dortmund menjamu FC Schalke di kandang sendiri pada pekan 26. Laga yang bertajuk Revierderby ini harus digelar tanpa penonton.

Meskipun demikian, laga tetap berjalan seru dan menjadi hiburan menarik di tengah pandemi virus corona. Dortmund berhasil memenangkan laga ini dengan skor telak 4-0. Tak hanya itu, ada beberapa fakta menarik usai Dortmund bantai Schalke. Berikut ulasannya. 

1. Dortmund bantai Schalke 4-0

5 Fakta Menarik Setelah Borussia Dortmund Tumbangkan FC Schalketwitter.com/BVB

Borussia Dortmund mengusung misi raih tiga poin saat jalani laga melawan Schalke. Mereka butuh poin untuk mengejar Bayern Munchen di puncak klasemen. Lucien Favre pun menurunkan skuad terbaiknya sejak awal laga. Dortmund berhasil unggul 2-0 di babak pertama. Haaland mencetak gol pembuka pada menit 29, sementara Guerreirro mencetak gol kedua di menit 45.

Dortmund semakin perkasa memasuki babak kedua. Mereka terus menggempur pertahanan Schalke hingga akhirnya berbuah gol. Dortmund berhasil menambah keunggulan menjadi 4-0 berkat gol Thorgan Hazard menit 48 dan Guerreirro menit 64. 

2. Dortmund lanjutkan tren apik, Schalke lanjutkan tren buruk

5 Fakta Menarik Setelah Borussia Dortmund Tumbangkan FC Schalketwitter.com/AchrafHakimi

Hasil ini menjadikan Borussia Dortmund melanjutkan tren positif mereka. Sebelum kompetisi ditunda karena virus corona, Dortmund berhasil menang dalam 4 pertandingan terakhir. Kemenangan atas Schalke membuat mereka berhasil menang dalam 5 laga beruntun di Bundesliga.

Berbanding terbalik dengan Dortmund, Schalke justru dalam tren buruk. Kekalahan atas Dortmund membuat mereka belum pernah menang dalam 9 laga beruntun. Saat ini Dortmund berada di posisi kedua dengan 54 poin. Sementara Schalke tercecer di posisi kedelapan dengan 37 poin. 

Baca Juga: Pelatih Borussia Dortmund Merasa Aneh Saat Timnya Kalahkan Schalke

3. Schalke tim pertama lakukan lima pergantian pemain

5 Fakta Menarik Setelah Borussia Dortmund Tumbangkan FC Schalkeweb24.news

Bundesliga kembali digelar di tengah pandemi virus corona. Tak hanya digelar tanpa penonton, beberapa regulasi baru pun diterapkan. Salah satunya adalah pergantian pemain hingga 5 kali yang biasanya maksimal 3 kali. Schalke tercatat dalam sejarah Bundesliga sebagai tim pertama yang melakukan lima pergantian pemain dalam satu pertandingan.

Lima pergantian pemain yang dilakukan Schalke yaitu Raman digantikan Motondo menit 46, Todibo digantikan Burgstaller menit 46, Serdar digantikan Schopf menit 74, Caligiuri digantikan Miranda menit 76, dan Kenny digantikan Becker menit 87.

4. Catatan apik Dortmund pada Revierderby 

5 Fakta Menarik Setelah Borussia Dortmund Tumbangkan FC Schalkeschalke04.de

Tak hanya mampu melesakkan empat gol ke gawang Schalke, Dortmund juga berhasil menjaga gawang mereka dari kebobolan. Clean sheet kali ini menjadi yang kedua saat melawan Schalke musim ini. Sebelumnya, pada pertemuan pertama di kandang Schalke, Dortmund juga berhasil mencatatkan clean sheet.

Pertandingan tersebut harus berakhir dengan skor kacamata 0-0. Dua kali clean sheet dalam satu musim saat melawan Schalke ini menjadi yang pertama dalam sejarah bagi Dortmund. 

5. Burki catatkan 200 penampilan untuk Dortmund

5 Fakta Menarik Setelah Borussia Dortmund Tumbangkan FC Schalketwitter.com/BVB

Clean sheet saat melawan Schalke cukup spesial bagi Dortmund, khususnya kiper mereka Roman Bürki. Ia berhasil menjaga gawangnya dari kebobolan dalam laga ke-200 untuk Dortmund. Bürki merupakan kiper berusia 29 yang berasal dari Swiss.

Ia bergabung dengan Borussia Dortmund pada musim panas 2015. Bürki menjadi bagian penting bagi Dortmund dalam meraih beberapa gelar. Bersama Dortmund, Bürki memiliki kontrak hingga Juni 2021. 

Akankah Borussia Dortmund melanjutkan tren positif mereka di sisa pertandingan musim ini? 

Baca Juga: Selebrasi Gol Borussia Dortmund Tanpa Pelukan, Falcao Merasa Aneh 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya