Comscore Tracker

Berposisi Sebagai Bek, Van Dijk Jadi Raja Passing di Premier League

Ada yang mampu saingi Van Dijk?

Sepak bola tidak lepas dari passing atau umpan antar pemain. Dalam sepak bola, passing sering digunakan untuk membangun serangan atau pun mengatur tempo. Sosok gelandang sangat memiliki peran penting karena menjadi penghubung antara lini belakang dan depan.

Premier League yang mengandalkan sepak bola cepat kini mulai berubah. Beberapa tim menggunakan penguasaan bola sebagai strategi. Pada musim ini, pemain yang memiliki passing terbanyak justru berposisi sebagai bek. Virgil van Dijk menjadi pemain dengan passing terbanyak hingga kini di Premier League. 

1. Van Dijk memimpin daftar passing terbanyak di Premier League

Berposisi Sebagai Bek, Van Dijk Jadi Raja Passing di Premier Leagueinstagram.com/brfootball

Virgil Van Dijk menjadi andalan Liverpool di benteng pertahanan. Ia selalu tampil musim ini dalam 25 laga Premier League. Perannya yang cukup penting membuat Klopp selalu memberikan kepercayaan pada Van Dijk.

Selain menghalau serangan lawan, Van Dijk juga menjadi poros serangan Liverpool. Dari 25 pertandingan, ia telah memberikan 2.051 passing ke rekannya. Jumlah tersebut menjadi yang terbanyak dibanding semua pemain lain di Premier League. 

2. Dua bek Liverpool lain jadi pesaing Van Dijk

Berposisi Sebagai Bek, Van Dijk Jadi Raja Passing di Premier Leagueliverpoolfc.com

Keperkasaan Liverpool musim ini tak lepas dari kerja sama antar pemainnya yang sangat padu. Tak hanya Van Dijk yang memiliki passing terbanyak, dua bek sayap kanan dan kiri juga bersaing dengan Van Dijk. Kedua pemain tersebut adalah Trent Alexander-Arnold dan Andrew Robertson.

Bek sayap kanan Alexander-Arnold lebih unggul sedikit atas Robertson. Ia telah memberikan 1.708 passing ke rekan-rekannya. Bahkan Alexander-Arnold teh mencatatkan 10 assist musim ini di Premier League. Sementara Robertson memiliki catatan 1.687 passing dan berada di posisi keempat. 

Baca Juga: Liverpool Unggul 8 Poin, Van Dijk: Apapun Masih Bisa Terjadi

3. Pemain lain dengan passing terbanyak

Berposisi Sebagai Bek, Van Dijk Jadi Raja Passing di Premier Leagueinstagram.com/premierleague

Tak hanya tiga pemain Liverpool yang memiliki jumlah passing terbanyak, beberapa pemain dari tim lain juga tak kalah. Di antaranya ada Lewis Dunk dari Brighton yang berada di posisi ketiga dengan 1.692 passing.

Dari Manchester City yang mengandalkan tiki taka ala Pep menempatkan Fernandinho dalam daftar dengan 1.638 passing. Sementara Caglar Soyuncu menjadi pemain Leicester dengan jumlah passing terbanyak yaitu 1.637 passing.

4. Lini belakang Liverpool menjadi yang paling kokoh

Berposisi Sebagai Bek, Van Dijk Jadi Raja Passing di Premier Leaguefootballtransfertavern.com

Liverpool musim ini tampil sangat superior di Premier League. Dari 25 laga, mereka belum sekalipun menderita kekalahan dari lawan-lawannya. Hasil tersebut tak lepas dari kokohnya lini belakang The Reds.

Van Dijk dan kolega hanya kebobolan 15 gol dari 25 laga tersebut. Tak hanya kokoh dalam bertahan, para bek Liverpool juga berkontribusi dalam penyerangan mereka. Tak heran jika Liverpool menjadi tim terbaik di Eropa saat ini. 

5. Statistik Van Dijk bersama The Reds

Berposisi Sebagai Bek, Van Dijk Jadi Raja Passing di Premier Leagueteamtalk.com

Virgil Van Dijk adalah bek tengah yang berasal dari Belanda. Ia dibeli Liverpool dari Southampton pada Januari 2018 dan menjadi salah satu bek termahal. Van Dijk menjadi salah satu bek terbaik saat ini bersanding dengan nama-nama Matjhis De Light hingga Sergio Ramos.

Pada musim ini, Van Dijk telah tampil dalam 33 pertandingan bersama Liverpool di semua kompetisi. Ia membawa Liverpool memuncaki klasemen Premier League dengan catatan impresif. Tak hanya itu, Van Dijk juga membawa Liverpool juara Piala Dunia Antar Klub. 

Apakah catatan Virgil Van Dijk akan dilewati oleh pemain lain di sisa musim ini? 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya