5 Kompetisi yang Dimenangkan Zinedine Zidane Saat Membesut Real Madrid

Sang legenda El Real! 

Zinedine Zidane menjadi sosok yang begitu melegenda dengan salah satu klub Spanyol, Real Madrid. Tak hanya sukses bersama El Real saat menjadi pemain, Zidane juga berhasil membuktikan kualitasnya saat menjabat sebagai pelatih mantan klubnya tersebut. Berbagai gelar berhasil ia persembahkan untuk Real Madrid.

Terbaru, Zidane sukses mengantar El Real menjuarai ajang La Liga musim 2019/2020. Trofi tersebut merupakan trofi ke-11 dalam karier Zidane yang menjadikannya salah satu pelatih tersukses Real Madrid. Termasuk La Liga, kejuaraan apa saja yang pernah dicapai Zinedine Zidane saat membesut Real Madrid? Berikut ulasannya.

1. La Liga - 2 trofi

5 Kompetisi yang Dimenangkan Zinedine Zidane Saat Membesut Real Madridgoal.com

La Liga menjadi trofi yang paling banyak diraih Real Madrid. Total, El Real telah mengoleksi 34 trofi La Liga. Torehan tersebut menjadikan Real Madrid sebagai tim tersukses di ajang La Liga mengungguli rival abadinya, Barcelona, dengan 26 gelar.

Dari 34 trofi tersebut, dua di antaranya dicapai El Real di bawah kepemimpinan Zinedine Zidane. Ia berhasil mempersembahkan dua gelar La Liga di musim 2016/2017 dan 2019/2020.

2. Super Copa Spanyol - 2 trofi 

5 Kompetisi yang Dimenangkan Zinedine Zidane Saat Membesut Real Madridpinterest/MulPix Official

Piala Super Spanyol merupakan ajang yang mempertemukan jawara La Liga dan jawara atau runner-up Copa Del Rey. Namun, pada Februari 2019 lalu diumumkan Piala Super Spanyol bakal memiliki format baru diikuti empat tim dengan babak semi-final ditambah playoff peringkat ketiga. 

Di kompetisi ini, El Real tercatat telah mengoleksi 11 gelar. Mereka menjadi tim tersukses ke-dua di bawah Barcelona dengan 13 gelar. Di era Zinedine Zidane, Los Blancos sukses meraih 2 gelar Piala Super Spanyol. Dua gelar tersebut ditorehkan pada tahun 2017 dan 2019.

Baca Juga: Granada Cf Dihajar Real Madrid 1-2, Z. Zidane Puji Pemain

3. Liga Champions - 3 trofi

5 Kompetisi yang Dimenangkan Zinedine Zidane Saat Membesut Real Madriden.as.com

Liga Champions Eropa menjadi ajang paling bergengsi di Eropa. Di situlah tim-tim terbaik perwakilan dari negara-negara top Eropa bertemu. El Real sendiri sudah menjadi langganan perwakilan dari Spanyol. Hampir setiap musim Real Madrid tak pernah absen dari ajang tersebut.

Kiprah mereka di ajang tersebut juga sangat mentereng. El Real menjadi tim tersukses dengan torehan 13 gelar. Dari 13 gelar tersebut, 3 di antaranya merupakan capaian Zinedine Zidane. Bahkan, ia sukses mencapainya dalam kurun waktu tiga musim beruntun, yakni musim 2015/2016, 2016/2017, dan 2017/2018.

4. UEFA Super Cup - 2 trofi

5 Kompetisi yang Dimenangkan Zinedine Zidane Saat Membesut Real Madridtwitter.com/faisal77399

Ajang UEFA Super Cup juga tak kalah bergengsi dengan Liga Champions Eropa. Kompetisi tersebut mempertemukan dua tim kampiun Liga Champions Eropa dan Liga Europa. Bisa dibilang, UEFA Super Cup merupakan ajang pembuktian siapa jawara sejati di Eropa.

Dalam sejarah, Real Madrid telah berpartisipasi di ajang tersebut dalam 7 kali kesempatan. Dari 7 kesempatan tersebut mereka berhasil menjadi jawara sebanyak 4x dan runner-up 3 kali. Di bawah kepemimpinan Zidane sendiri, El Real sukses meraihnya sebanyak dua kali di tahun 2016 dan 2017.

5. Piala Dunia Antar Klub - 2 trofi

5 Kompetisi yang Dimenangkan Zinedine Zidane Saat Membesut Real Madridscoopnest.com

Kompetisi Piala Dunia Antarklub menjadi ajang terbesar bagi klub-klub sepak bola dunia. Tim-tim terbaik akan bertemu sebagai perwakilan dari masing-masing benua. Semua tim yang berpartisipasi di kompetisi ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk membuktikan siapa yang terbaik di dunia.

Real Madrid sendiri lagi-lagi menjadi tim tersukses di ajang ini. Mereka total telah mengoleksi 4 gelar. Pencapaian tersebut juga tak lepas dari peran Zinedine Zidane yang sukses mempersembahkan 2 dari 4 gelar tersebut. Dua gelar yang dicapai Zidane terjadi pada tahun 2016 dan 2017.

Satu-satunya gelar yang belum pernah dicapai Zinedine Zidane bersama Real Madrid adalah Copa Del Rey. Namun, hal itu bukan suatu hal yang mustahil bagi Zidane mengingat kontraknya yang masih tersisa hingga Juni 2022.

Baca Juga: 7 Pembelian Termahal Zinedine Zidane di Real Madrid, Kurang Bersinar?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya