4 Pemain Borussia Dortmund di Tim Terbaik UCL 2023/2024

Ada pemain pinjaman dari Chelsea

Borussia Dortmund berhasil tampil mengejutkan dengan menembus babak final Liga Champions Eropa 2023/2024. Padahal, Die Borusen awalnya tidak diunggulkan sama sekali. Mereka harus melalui rintangan berat dengan tergabung dalam grup neraka bersama AC Milan, Newcastle United, dan Paris Saint-Germain (PSG).

Dortmund juga menghadapi tim-tim kuat pada babak gugur, macam PSV Eindhoven, Atletico Madrid, dan PSG. Meski kalah 0-2 atas Real Madrid pada babak final, para pemain Dortmund tetap layak mendapat apresiasi berkat penampilan apik selama berlaga di UCL musim ini. Tim UEFA Technical Observer memilih empat pemain Dortmund untuk masuk ke susunan tim terbaik UCL 2023/2024.

1. Gregor Kobel tampil kokoh di bawah mistar dengan catatan nirbobol tertinggi

4 Pemain Borussia Dortmund di Tim Terbaik UCL 2023/2024Gregor Kobel (bvb.de)

Gregor Kobel bukan termasuk penjaga gawang yang memiliki reputasi mentereng di Eropa. Ia kalah tenar dengan kiper lainnya, seperti Jan Oblak, Ederson, dan Marc-Andre ter Stegen. Namun, Kobel mampu menunjukkan kualitas terbaiknya dengan membawa Borussia Dortmund sampai ke babak final Liga Champions 2023/2024.

Ia tampil begitu kokoh sebagai penjaga gawang nomor satu Die Borusen. Dilansir laman resmi UEFA, Kobel mampu menorehkan 46 penyelamatan dan 6 nirbobol dalam 12 pertandingan UCL 2023/2024. Catatan clean sheet itu merupakan yang tertinggi di antara kiper-kiper top Eropa lainnya, seperti Jan Oblak dan Gianluigi Donnarumma. Selain itu, Kobel memiliki persentase akurasi operan mencapai 83 persen dengan rincian 377 operan pendek dan 106 umpan lambung sukses.

2. Mats Hummels menunjukkan kualitasnya sebagai bek tangguh pada usianya yang ke-35

4 Pemain Borussia Dortmund di Tim Terbaik UCL 2023/2024Mats Hummels (uefa.com)

Mats Hummels tampil luar biasa selama membela Borussia Dortmund di Liga Champions Eropa 2023/2024. Ia masih memiliki kualitas sebagai bek tangguh meski usianya sudah mencapai 35 tahun. Hummels beberapa kali memberikan kontribusi kepada hasil-hasil positif Dortmund di UCL, baik saat bertahan maupun menyerang.

Dilansir laman resmi UEFA, Hummels mampu bermain dalam 13 pertandingan dengan catatan 57 tekel berhasil, 120 kali memenangkan penguasaan bola, dan 88 persen akurasi operan. Salah satu momen terbaiknya terjadi ketika menghadapi PSG pada leg kedua semifinal. Hummels mencetak gol kemenangan Dortmund 1-0 atas PSG lewat sundulannya dengan memanfaatkan sepakan pojok. Gol tersebut berhasil meloloskan Die Borusen ke babak final usai unggul 2-0 kontra PSG.

Baca Juga: Cabut dari Dortmund, Reus Jadi Lawan Lionel Messi?

3. Ian Maatsen bermain penuh energi sebagai bek kiri Dortmund

4 Pemain Borussia Dortmund di Tim Terbaik UCL 2023/2024Ian Maatsen (bvb.de)

Ian Maatsen bergabung dengan Borussia Dortmund dengan status pemain pinjaman dari Chelsea pada Januari 2024. Ia berharap kepindahan ini dapat meningkatkan kualitas permainannya dengan tampil secara reguler di skuad utama Dortmund. Maatsen berhasil mewujudkan misi tersebut lewat penampilannya yang penuh energi dan determinasi sebagai bek kiri di Bundesliga Jerman dan Liga Champions Eropa.

Menurut laman resmi UEFA, Maatsen mampu memenangkan penguasaan bola 42 kali dengan melancarkan 11 tekel, 2 kali blok tembakan lawan, dan 13 sapuan bola. Maatsen juga mencatatkan persentase akurasi operan mencapai 82 persen dengan rincian 273 operan, 18 umpan lambung, dan 4 kali umpan silang sukses. Penampilan luar biasanya itu turut berkontribusi bagi Dortmund dalam perjalanannya menuju babak final.

4. Marcel Sabitzer termasuk pemain dengan catatan assist tertinggi di UCL 2023/2024

4 Pemain Borussia Dortmund di Tim Terbaik UCL 2023/2024Marcel Sabitzer (bvb.de)

Marcel Sabitzer menunjukkan dirinya layak disebut sebagai salah satu gelandang terbaik Eropa setelah tampil apik di Liga Champions 2023/2024. Ia menjadi pilar penting dalam perjalanan Borussia Dortmund menembus babak final UCL. Sabitzer yang sebelumnya gagal di Bayern Muenchen dan Manchester United, berhasil bangkit dengan performa fantastis selama bertanding di UCL 2023/2024.

Menurut laman resmi UEFA, pemain asal Austria itu total mencetak 1 gol dan 5 assist dalam 12 pertandingan di Liga Champions Eropa. Ia termasuk salah satu dari tiga pemain yang mampu menorehkan assist tertinggi di UCL 2023/2024. Salah satu momen terbaiknya terjadi ketika mencetak satu gol dalam kemenangan Dortmund 4-2 atas Atletico Madrid pada leg kedua babak perempat final. Berkat torehannya, Die Borusen unggul agregat 5-4 atas Atletico Madrid dan berhasil melangkah ke babak semifinal.

Keempat pemain Dortmund di atas memiliki peran penting dalam pencapaian Dortmund yang menembus final UCL 2023/2024. Kobel dan Hummels mampu mempertahankan wilayah pertahanan Dortmund sehingga berhasil menorehkan lima clean sheet. Maatsen menambah daya serang Dortmund lewat kecepatan dan kemampuan olah bolanya sebagai bek kiri. Sementara itu, Sabitzer menjadi kunci permainan Dortmund di lini tengah lewat operan akuratnya yang berhasil membuahkan lima assist.

Baca Juga: Mengenal Rheinmetall, Perusahaan Senjata Sponsor Dortmund

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya