5 Alasan Mengapa Arsenal Tampil Kurang Baik di Bawah Mikel Arteta

Arsenal sudah kalah 4 kali di kandang sendiri 

Di bawah kepemimpinan Mikel Arteta, Arsenal awalnya tampil sangat menjanjikan bahkan berhasil memenangi Piala FA dan Community Shield. Alhasil, Arsenal pun berhasil lolos ke Liga Europa karena memenangi kejuaraan tersebut. Namun, pada awal musim ini performa Arsenal tak sesuai harapan dan semakin merosot hingga berada di peringkat ke-15 Premier League. Posisi itu tentu bukanlah habitat dari klub asal London tersebut.

Bahkan, tim asuhan Arteta itu harus kalah 4 kali di kandang sendiri pada musim ini, rekor terburuk tim sejak 1959. Terpuruknya The Gunners tentu disebabkan oleh berbagai alasan. Alasan apa saja yang membuat penampilan Arsenalnya Arteta mengalami penurunan drastis tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Aubameyang Cetak Gol Bunuh Diri, Arsenal Semakin Terpuruk

1. Pola permainan yang kurang cocok untuk Pierre-Emerick Aubameyang 

5 Alasan Mengapa Arsenal Tampil Kurang Baik di Bawah Mikel ArtetaTwitter/barcacentre

Aubameyang merupakan penyerang andalan Arsenal dalam beberapa musim terakhir. Ia berhasil tampil mengesankan musim lalu dengan membukukan 22 gol di Premier League. Catatan itu ia ciptakan dengan bermain sebagai penyerang sayap dan penyerang tengah.

Sementara di awal musim ini, Aubameyang lebih sering dimainkan di posisi penyerang sayap. Sayangnya, minimnya sokongan bola dari lini tengah menuju lini depan membuat peran pemain asal Gabon itu tak terlihat sama sekali. Sempat dikembalikan pada posisi penyerang tengah dalam 2 laga terakhir, Arsenal malah sering memainkan umpan silang yang membuat Aubameyang gagal memanfaatkan perannya di lini depan karena kurang bagus dalam urusan duel bola udara.

2. Kesulitan mencetak gol 

5 Alasan Mengapa Arsenal Tampil Kurang Baik di Bawah Mikel Artetaskysports.com

Hingga pertandingan ke-13 Premier League, Arsenal baru bisa mencetak 11 gol di kompetisi terbaik di dunia itu. Catatan tersebut menjadi yang terburuk sejak musim 1981/1982. Salah satu penyebabnya adalah Arsenal tidak memiliki pemain untuk mencetak gol secara konsisten selain Aubameyang.

Nama-nama seperti Nicolas Pepe, Alexandre Lacazette, hingga Willian juga masih kesulitan untuk mencetak gol bagi Arsenal musim ini. Lacazette sendiri baru membukukan 3 gol, sedangkan Pepe dan Willian belum memberikan kontribusi nyata untuk tim utama. Masalah tersebut tentu harus diselesaikan Arteta jika sang pelatih tak ingin dipecat dalam waktu dekat.

3. Kesalahan dalam menyingkirkan Mesut Ozil 

5 Alasan Mengapa Arsenal Tampil Kurang Baik di Bawah Mikel Artetastandard.co.uk

Di awal musim ini, Mikel Arteta membuat keputusan yang cukup mengejutkan dengan mencoret salah satu pemain bintangnya, Mesut Ozil, di Premier League dan Liga Europa. Karena pencoretan itu, pemain asal Jerman ini tidak bisa bermain dengan Arsenal setidaknya hingga Januari mendatang. Apesnya, pencoretan yang dilakukan oleh Arteta itu membuat lini tengah The Gunners minim kreativitas.

Tanpa disadari oleh Arteta, tak ada pemain yang mampu menciptakan banyak peluang di depan gawang lawan seperti peran yang dilakukan oleh Ozil. Sejatinya, jasa pemain berusia 32 tahun ini sebenarnya masih sangat dibutuhkan oleh Arsenal, terutama saat situasi sulit seperti sekarang.

4. Formasi yang terlalu defensif 

5 Alasan Mengapa Arsenal Tampil Kurang Baik di Bawah Mikel Artetadailycannon.com

Walaupun Arsenal memiliki sejumlah pemain di lini depan yang berkualitas, Arteta anehnya sering mengandalkan formasi yang lebih bertahan. Strategi itu dilakukan Arteta dengan niatan supaya dapat melakukan serangan balik cepat. Sayangnya, strategi itu tak cukup efektif untuk menciptakan banyak gol di awal musim ini.

Bahkan, bisa dikatakan, peran Aubameyang dan Lacazette di lini depan tak terlihat sama sekali karena ikut membantu lini pertahanan. Sejumlah taktik juga sempat diubah oleh Arteta. Namun, apa yang diinginkan oleh pelatih asal Spanyol itu belum juga terlihat baik di atas lapangan.

5. Tak pernah memainkan William Saliba 

5 Alasan Mengapa Arsenal Tampil Kurang Baik di Bawah Mikel Artetagoal.com

Tak dapat dimungkiri, lini belakang Arsenal masih bermasalah hingga musim ini. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya kebobolan Arsenal di Premier League sejauh ini. Namun, anehnya, Arteta masih saja memasang bek yang kurang baik penampilannya pada laga-laga berikutnya.

Padahal, Arteta masih memiliki opsi lain di posisi bek tengah, yakni William Saliba. Pemain muda asal Prancis itu bisa jadi merupakan jawaban dari permasalahan lini belakang Arsenal saat ini. Sayangnya, ia belum pernah dimainkan oleh Arteta di Premier League. Padahal, Saliba merupakan salah satu bek muda yang menjanjikan ketika bermain di Liga Prancis musim lalu.

Jika tidak ingin dipecat, Arteta harus bisa mengembalikan lagi Arsenal ke jalur kemenangan. Dengan performa Arsenal sejauh ini, apakah Arteta masih layak untuk menangani tim asal London itu atau malah sebaliknya?

Baca Juga: 5 Pelatih yang Cocok Menggantikan Mikel Arteta di Arsenal 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya