Comscore Tracker

5 Alasan Ronaldo Lebih Layak Menjadi Kapten MU daripada Maguire

Apakah kamu setuju CR7 menjadi kapten Manchester United? 

Kehadiran Cristiano Ronaldo di Manchester United musim ini memang memberikan harapan yang cukup besar agar tim bisa kembali ke jalur juara. Pasalnya, pemain asal Portugal itu dikenal mampu meraih gelar juara setiap musimnya. Sejauh ini, ia telah membuktikan kualitasnya dengan menciptakan 9 gol dan 1 assist dari 12 pertandingan untuk Setan Merah.

Meski begitu, pemain berusia 36 tahun itu belum juga dipercayai menjadi kapten tim. Padahal, jika dibandingkan dengan Harry Maguire, CR7 jelas lebih layak untuk menggunakan ban kapten Manchester United.

Ada banyak faktor yang membuat Ronaldo lebih pantas menjadi pemimpin bagi Setan Merah. Apa saja?

1. Performa CR7 lebih baik daripada Maguire

5 Alasan Ronaldo Lebih Layak Menjadi Kapten MU daripada MaguireHarry Maguire (skysports.com)

Harry Maguire musim ini kembali dipercayai Ole Gunnar Solskjaer sebagai kapten tim. Mantan bek Leicester City ini sebenarnya memiliki jiwa kepemimpinan yang cukup baik musim lalu. Meskipun gagal meraih satu pun gelar juara, Setan Merah berhasil finis di posisi kedua dalam kompetisi Premier League musim lalu.

Namun, bek berusia 28 tahun itu tampil cukup buruk musim ini. Ia bahkan beberapa kali melakukan kecerobohan yang membuat Manchester United kebobolan. Jika melihat hal tersebut, jelas CR7 lebih layak untuk menjadi kapten Setan Merah. Lagi pula, Ronaldo terus memberikan kontribusi penting bagi Manchester United pada setiap pertandingannya.

2. Berpengalaman menjadi kapten timnas

5 Alasan Ronaldo Lebih Layak Menjadi Kapten MU daripada MaguireCristiano Ronaldo (teamtalk.com)

Soal pengalaman kepemimpinan, Cristiano Ronaldo tentu tak perlu dipertanyakan lagi. Sebab, megabintang itu juga menjadi kapten di tim nasional Portugal. Di bawah kepemimpinannya, Portugal mampu bermain baik dalam sejumlah turnamen dan bahkan sempat menjuarai Piala Eropa 2016.

Di samping itu, Ronaldo juga kerap memantik semangat seluruh penggawa Portugal yang membuat performa tim semakin solid. Jika CR7 diberi kepercayaan untuk menjadi kapten MU, bukan tidak mungkin ia bakal melakukan hal yang sama untuk klubnya tersebut.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Intai Rekor Internasional Baru

3. Ronaldo sudah paham seluk-beluk klub

5 Alasan Ronaldo Lebih Layak Menjadi Kapten MU daripada MaguireCristiano Ronaldo (teamtalk.com)

Cristiano Ronaldo pertama kali mendarat di Old Trafford pada 2003. Ia langsung bertransformasi menjadi salah satu pemain hebat di bawah asuhan Sir Alex Ferguson. Sang pemain tercatat membela Manchester United hingga 2009, sebelum akhirnya digaet Real Madrid.

Selama periodenya itu, CR7 tentu sudah merasakan pahit dan manisnya membela Setan Merah. Ia juga telah bekerja sama dengan puluhan pemain bintang yang beda generasi. Dengan pengalamannya itu, sudah sepatutnya Ronaldo menjadi kapten Manchester United.

4. Memiliki mental yang berkelas

5 Alasan Ronaldo Lebih Layak Menjadi Kapten MU daripada MaguireCristiano Ronaldo (twitter.com/manutd)

Barangkali tak ada pemain yang memiliki mental yang sangat tangguh seperti Cristiano Ronaldo di skuad Manchester United saat ini. Pria kelahiran Funchal, Portugal, ini memulai karier sepak bolanya dari titik paling bawah. Kerja keras dan latihan yang konsisten berhasil mengantarkannya menjadi salah satu pesepak bola terbaik sepanjang masa.

Di samping itu, sang pemain juga dikenal sebagai sosok yang pantang menyerah. Buktinya, ketika pertandingan final Piala Eropa 2016 melawan Prancis, Ronaldo yang harus keluar lapangan karena masalah cedera tetap memberikan dukungan kepada rekan setimnya dari pinggir lapangan. Selain itu, CR7 juga menjadi penyelamat MU dalam sejumlah pertandingan penting. Jika melihat pengaruhnya itu, Ronaldo tentu sangat cocok jika diberi kepercayaan menjadi kapten tim Setan Merah.

5. Manchester United membutuhkan kapten yang disegani

5 Alasan Ronaldo Lebih Layak Menjadi Kapten MU daripada MaguireCristiano Ronaldo (manutd.com)

Harus diakui, sejak Harry Maguire menjadi kapten tim, performa Setan Merah makin menurun dalam beberapa pekan terakhir. Bukannya tanpa alasan, Maguire memang kurang memiliki gairah untuk menjadi seorang pemimpin. Alhasil, perannya sebagai kapten pun tidak terlalu terlihat di atas lapangan.

Maguire tidak terlalu disegani rekan-rekan satu timnya. Di sisi lain, CR7 memang bukanlah tokoh yang paling dihormati di skuad Setan Merah saat ini, tetapi banyak pemain yang menaruh respek kepada mantan pemain Sporting Lisbon tersebut. Hal itu sebenarnya bisa menjadi alasan paling kuat untuk Manchester United menunjuk Ronaldo sebagai kapten tim.

Itulah lima alasan Cristiano Ronaldo lebih layak menjadi kapten Manchester United daripada Harry Maguire. Apakah kamu setuju jika CR7 menjadi pemimpin di Old Trafford musim ini?

Baca Juga: 5 Pemain MU dengan Nomor Punggung 5 sebelum Harry Maguire

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya