5 Bek Terbaik yang Pernah Dilatih Arsene Wenger, Sosok Underrated!

Mulai nama Sol Campbell hingga Lauren yang sering terlupakan

Arsene Wenger merupakan salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Premier League. Pria yang saat ini berusia 72 tahun tersebut menangani Arsenal selama 22 tahun, sejak 1996 hingga 2018. Selama masa baktinya itu, ia tercatat menukangi The Gunners dalam 1224 pertandingan. Dari seluruh laga itu, Wenger mampu meraih kemenangan sebanyak 708 kali, 264 imbang, dan 252 kekalahan.

Di samping itu, pria asal Prancis tersebut juga sukses mempersembahkan total 17 gelar domestik bagi Arsenal, termasuk tiga trofi Premier League. Keberhasilan Wenger meraih semua gelar itu tidak terlepas dari lini belakang yang solid. Tercatat ada beberapa bek hebat yang pernah dilatih oleh Wenger. 

Masih ingatkah kamu dengan sosok mereka ini?

1. Lauren 

5 Bek Terbaik yang Pernah Dilatih Arsene Wenger, Sosok Underrated!potret Lauren (tribuna.com)

Lauren direkrut oleh Arsene Wenger dari RCD Mallorca sebagai sosok gelandang pada tahun 2000. Akan tetapi, karena kalah bersaing di lini tengah, Wenger pun mulai memainkan Lauren sebagai bek sayap kanan. Siapa sangka, ia justru tampil sangat baik di posisi barunya tersebut sehingga posisinya tak pernah tergantikan.

Selama berseragam Arsenal, Lauren tercatat telah bermain di 241 pertandingan serta mencetak 10 gol dan 6 assist. Di samping itu, sang pemain juga berhasil mempersembahkan total tujuh gelar juara bagi Arsenal. Pada Januari 2007, Lauren memutuskan berpisah dengan The Gunners dan memilih melanjutkan kariernya bersama Portsmouth.

2. Ashley Cole 

5 Bek Terbaik yang Pernah Dilatih Arsene Wenger, Sosok Underrated!potret Ashley Cole (planetfootball.com)

Ashley Cole adalah produk asli akademi Arsenal yang promosi ke tim utama pada tahun 1999. Awalnya, sang pemain terlihat kesulitan mendapatkan posisi inti di bawah asuhan Arsene Wenger. Bahkan, ia sempat dipinjamkan ke Crystal Palace. Tapi, tak butuh waktu lama bagi Cole untuk menyegel posisi bek sayap kiri.

Cole bermain dengan The Gunners hingga tahun 2006. Lima gelar berhasil dipersembahkan sang pemain untuk para pendukung Arsenal. Selain itu, ia juga mampu tampil sebanyak 228 kali dan menciptakan 9 gol serta 22 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Arsenal Terakhir yang Jadi Kandidat Peraih Ballon d'Or

3. Martin Keown 

5 Bek Terbaik yang Pernah Dilatih Arsene Wenger, Sosok Underrated!potret Martin Keown (arsenal.com)

Martin Keown dikenal sebagai bek tengah yang hebat dan sangat sulit dilewati pada masanya. Pemain asal Inggris ini membela Arsenal dalam dua periode berbeda, yaitu medio 1984-1986 dan 1993-2004. Namun, ia banyak menikmati kariernya bersama The Gunners saat berada di periode kedua.

Keown total mencatatkan 403 pertandingan untuk Arsenal di berbagai kompetisi. Dari seluruh laga itu, ia mampu mencetak 7 gol dan 6 assist. Sebelum hengkang dari Arsenal pada tahun 2004, Keown berhasil memenangi 11 trofi bersama The Gunners, dimana tiga gelar di antaranya adalah trofi Premier League.

4. Sol Campbell 

5 Bek Terbaik yang Pernah Dilatih Arsene Wenger, Sosok Underrated!potret Sol Campbell (skysports.com)

Sol Campbell didatangkan oleh Arsene Wenger dari tim rival, Tottenham Hotspur, di musim panas 2001. Ketika itu, Arsenal mendapatkan jasa sang pemain dengan status bebas transfer karena kontraknya dengan Spurs telah berakhir. Tak butuh waktu lama, Campbell pun langsung menjadi andalan di lini pertahanan Arsenal saat itu.

Tidak hanya unggul dalam duel-duel bola udara, sang pemain juga dikenal memiliki tekel-tekel yang bersih. Campbell juga menjadi sosok terpenting ketika Arsenal berhasil meraih gelar Premier League tanpa terkalahkan di tahun 2003. Selama lima tahun membela Arsenal, ia mampu bermain di 211 pertandingan dan mencetak 12 gol serta 4 assist di berbagai ajang.

5. Tony Adams 

5 Bek Terbaik yang Pernah Dilatih Arsene Wenger, Sosok Underrated!potret Tony Adams (skysports.com)

Tony Adams bisa dibilang sebagai bek legenda terbaik yang pernah dimiliki The Gunners. Pasalnya, sepanjang kariernya bermain sepak bola, ia hanya membela satu klub, yakni Arsenal. Ia bahkan sempat dipercayai menjadi kapten tim selama 14 tahun.

Karena dedikasi yang luar biasa itu, tidak mengherankan jika ia dijuluki sebagai "Mr.Arsenal". Di bawah asuhan Arsene Wenger, Adams berhasil bermain sebanyak 181 kali dan menciptakan 11 gol serta 5 assist di semua kompetisi. Ia kemudian memutuskan untuk gantung sepatu di tahun 2002.

Jika tanpa kehadiran mereka, Arsenal era Arsene Wenger kala itu mungkin tidak akan sehebat seperti yang dikisahkan hari ini. Setelah tinggalkan Arsenal di tahun 2018, kini Arsene Wenger menjabat sebagai Kepala Pengembangan Sepak Bola Global di FIFA.

Baca Juga: 5 Kapten Arsenal Paling Dihormati Sepanjang Sejarah Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya