Comscore Tracker

Dari Lionel Messi hingga Ronaldo, Ini 5 Kapten Tim Nasional Terbaik

Terdapat dua penjaga gawang terbaik 

Salah satu kebanggaan pemain sepak bola adalah dipanggil untuk bermain dengan tim nasional negaranya. Namun, tidak semua pemain dapat membela timnas, hanya sejumlah pemain yang mampu tampil konsisten di level klub. Bahkan, ada juga beberapa pemain yang mendapatkan kepercayaan untuk menjabat sebagai kapten di tim nasional negaranya masing-masing.

Seorang kapten tidak harus menjadi pemain terbaik di timnya, tetapi cukup memiliki wibawa dan karakter yang kuat untuk memimpin teman-temannya. Berikut ini 5 kapten tim nasional terbaik di dunia untuk saat ini.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Lionel Messi Harus Hengkang dari Barcelona 

1. Lionel Messi (Argentina) 

Dari Lionel Messi hingga Ronaldo, Ini 5 Kapten Tim Nasional Terbaikgoal.com

Lionel Messi adalah pencetak gol terbanyak bagi Barcelona dan Argentina. Namun, ia sering kali dikritik ketika tampil bersama negaranya. La Pulga dianggap gagal memberikan sentuhan-sentuhan terbaiknya untuk tim nasional.

Saat bermain untuk Barcelona, ia dapat dikatakan diberi kebebasan untuk berkreasi di lini depan oleh pemain-pemain seperti Andres Iniesta, Xavi Hernandez, hingga Luis Suarez. Hal tersebut tidak terlihat ketika Messi bermain untuk Argentina. Meskipun demikian, ia tetap menikmati momennya bermain untuk negaranya.

Capaian terbaik Messi bersama timnas Argentina adalah menembus final di Piala Dunia 2014. Sayangnya, Argentina harus kalah dari Jerman dengan skor 1-2 lewat perpanjangan waktu.

2. Hugo Lloris (Prancis) 

Dari Lionel Messi hingga Ronaldo, Ini 5 Kapten Tim Nasional Terbaikgoal.com

Hugo Lloris melakukan debut bersama timnas Prancis pada tahun 2008 saat negaranya ditahan imbang Uruguay tanpa gol. Saat itu, ia tampil gemilang dan menjadi pemain yang paling menonjol di pertandingan tersebut. Kiper yang memiliki kemampuan sangat baik dalam menghentikan tembakan lawan ini kemudian ditunjuk sebagai kapten sementara timnas Prancis pada tahun 2010.

Tak lama kemudian, Lloris dipercayai menjadi kapten permanen Les Bleus. Ia juga memimpin Prancis dalam Piala Eropa 2012, Piala Dunia 2014, dan Piala Eropa 2016. Kiper milik Tottenham Hotspur itu pun berhasil menyalip catatan rekan senegaranya, Fabian Barthez, untuk menjadi penjaga gawang paling banyak melakukan pertandingan bersama Prancis.

Lloris juga berhasil mengantarkan negaranya menjuarai Piala Dunia 2018. Meski melakukan blunder di partai penting tersebut, Lloris tetap mengangkat trofi piala dunia bagi Prancis untuk kedua kalinya.

3. Manuel Neuer (Jerman) 

Dari Lionel Messi hingga Ronaldo, Ini 5 Kapten Tim Nasional Terbaikgoal.com

Manuel Neuer dianggap sebagai kiper terbaik di dunia saat ini. Kiper milik Bayern Munchen ini tampil spektakuler musim lalu untuk mengantarkan klubnya meraih treble winner. Neuer sudah menjadi andalan klub dan negaranya dalam waktu yang cukup lama. Neuer sejauh ini sudah membukukan 41 clean sheet dalam 94 pertandingan untuk Die Mannschaft.

Neuer turut berperan penting dalam kemenangan Jerman di Piala Dunia 2014. Refleks, kelincahan, dan bakat luar biasa yang dimiliki Neuer membuatnya tetap tampil apik di usia yang sudah menginjak 34 tahun saat ini. Ia memimpin Jerman sejak pensiunnya Philipp Lahm pada tahun 2017.

4. Sergio Ramos (Spanyol) 

Dari Lionel Messi hingga Ronaldo, Ini 5 Kapten Tim Nasional Terbaikgoal.com

Sergio Ramos merupakan bek yang paling produktif dalam urusan mencetak gol meski sebagian tercipta dari titik putih. Selain jago dalam mencetak gol, ia juga sangat solid dalam mengawal lini pertahanan, baik bersama Real Madrid maupun timnas Spanyol. Hingga kini ia masih menjadi andalan timnas Spanyol di lini belakang dan menjadi pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak bagi timnas Spanyol, yakni 178 kali.

Tidak hanya itu, ia juga mampu membukukan 23 gol bagi negaranya tersebut. Suatu pencapaian yang mengesankan bagi seorang bek. Ramos merupakan bagian penting timnas Spanyol saat memenangi Piala Eropa 2008, 2012 serta Piala Dunia 2010.

5. Cristiano Ronaldo (Portugal) 

Dari Lionel Messi hingga Ronaldo, Ini 5 Kapten Tim Nasional Terbaikgoal.com

Sepanjang karier profesionalnya sebagai pesepak bola, Cristiano Ronaldo telah mencetak banyak gol dan memenangi banyak trofi. Untuk urusan mencetak gol, Ronaldo merajai Liga Champions dengan menjadi pencetak gol terbanyak. Selain itu, di Real Madrid dan timnas Portugal, ia pun menjadi pencetak gol terbanyak.

Sempat kehilangan trofi Piala Eropa 2004 setelah kalah dari Yunani, Ronaldo akhirnya merasakan gelar tersebut pada edisi 2016. Sebuah catatan unik, Ronaldo menjadi pemain pertama yang mampu mencatatkan gol dalam 4 edisi piala eropa.

Awal tahun ini, sang megabintang berhasil mencapai 100 gol bagi Portugal. Secara keseluruhan, ia menjadi pemain kedua di dunia dan pertama di Eropa yang mampu mencatatkan 100 gol bersama tim nasional.

Dari kelima pemain di atas, hanya Ronaldo yang tidak menggunakan ban kapten ketika bermain untuk level klub. Jiwa kepemimpinan siapa yang kamu sukai dari mereka?

Baca Juga: 10 Pemain Termahal yang Dijual Klub Liga NOS Portugal, Siapa Teratas?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya