Comscore Tracker

5 Klub Eropa dengan Lini Tengah Terbaik Saat Ini, Ada Tiga Tim EPL!

Sederet lini tengah mewah yang selalu dominasi pertandingan

Setiap klub pasti menginginkan memiliki komposisi lini tengah yang hebat. Kedalaman skuad di lini tengah tentu sangat penting untuk bisa bersaing merebutkan gelar juara. Barcelona era Pep Guardiola, yang sukses mempersembahkan treble winner, juga tidak terlepas dari peran lini tengah yang solid.

Musim ini ada sejumlah klub yang memiliki kedalaman lini tengah yang sangat menjanjikan. Beberapa tim di antaranya bahkan diperkuat oleh nama-nama tenar.

Berikut ini lima klub Eropa dengan lini tengah terbaik saat ini.

1. Manchester City 

5 Klub Eropa dengan Lini Tengah Terbaik Saat Ini, Ada Tiga Tim EPL!potret Ilkay Gundogan (premierleague.com)

Pep Guardiola memang dikenal selalu mendatangkan para pemain hebat di setiap klub yang ditanganinya. Bersama Manchester City, pelatih asal Spanyol itu sudah banyak sekali merekrut nama-nama bintang ke Stadion Etihad, khususnya di lini tengah. Di posisi gelandang bertahan, Manchester City saat ini memiliki dua nama berpengalaman, yakni Rodri dan Fernandinho.

Sementara di posisi gelandang serang, ada banyak nama top, seperti Kevin De Bruyne, Phil Foden, Ilkay Gundogan, hingga Bernardo Silva. Dengan komposisi lini tengah seperti itu, tidak mengherankan jika Manchester City sangat dominan musim ini, baik di kompetisi domestik maupun Eropa.

2. Liverpool 

5 Klub Eropa dengan Lini Tengah Terbaik Saat Ini, Ada Tiga Tim EPL!potret Fabinho (thisisanfield.com)

Liverpool bisa dibilang sebagai klub terbaik di kompetisi Eropa saat ini. Musim ini tim asuhan Jurgen Klopp itu belum tersentuh satu kalipun kekalahan di semua kompetisi sejauh ini. Bahkan, The Reds baru saja menjadi perbincangan hangat di pekan lalu karena berhasil mengalahkan Manchester United dengan skor telak, 5-0 di Old Trafford.

Liverpool memang memiliki lini depan yang sangat luar biasa. Tapi keberadaan para gelandang tentu tak bisa dipandang sebelah mata. Musim ini Liverpool diperkuat oleh sejumlah gelandang hebat, seperti Jordan Henderson, Naby Keita, James Milner, Fabinho, Alex Oxlade-Chamberlain, Curtis Jones, Thiago Alcantara, dan Harvey Elliot.

Baca Juga: 6 Pemain Top Ini Siap Bersaing dengan Pemain Baru di Klubnya

3. Chelsea 

5 Klub Eropa dengan Lini Tengah Terbaik Saat Ini, Ada Tiga Tim EPL!potret Kai Havertz (twitter.com/kaihavertz29)

Chelsea untuk sementara berhasil memimpin klasemen Premier League hingga pekan kesembilan dengan perolehan 22 poin. Keberhasilan The Blues tentu saja tidak bisa terlepas dari peran lini tengah yang sangat solid. Thomas Tuchel sendiri memiliki banyak sekali opsi di setiap pertandingannya di posisi tersebut.

Jorginho, Mateo Kovacic, Mason Mount, Kai Havertz, dan N’Golo Kante kerap kali dimainkan dalam laga-laga penting. Selain itu, Tuchel juga masih memiliki gelandang cadangan yang berkualitas dalam diri Ruben Loftus Cheek, Saul, dan Ross Barkley.

4. Bayern Munchen 

5 Klub Eropa dengan Lini Tengah Terbaik Saat Ini, Ada Tiga Tim EPL!potret Joshua Kimmich (twitter.com/MirrorFootball)

Selain dikenal menghasilkan para penyerang hebat, Bayern Munchen juga selalu diperkuat oleh gelandang-gelandang berkualitas setiap periodenya. Dalam beberapa laga terakhir, Julian Nagelsmann lebih sering memainkan Joshua Kimmich, Marcel Sabitzer, dan Leon Goretzka di lini tengah.

Jika salah satu dari mereka absen, biasanya Nagelsmann memilih salah satu dari Jamal Musala, Corentin Tolisso, dan Malik Tillman. Selain mereka, masih ada beberapa gelandang muda lain seperti Michael Cuisance dan Marc Roca yang siap membuktikan kemampuan mereka.

5. Barcelona 

5 Klub Eropa dengan Lini Tengah Terbaik Saat Ini, Ada Tiga Tim EPL!potret Sergio Busquets (fcbarcelona.com)

Barcelona menjalani awal musim ini dengan performa yang cukup mengecewakan. Selain sulit meraih kemenangan, permainan Barcelona juga terbilang tak terlalu istimewa sejauh ini. Hal buruk itu terjadi mungkin karena Lionel Messi baru saja hengkang dari Camp Nou pada musim panas tahun ini.

Alhasil, para pemain Barcelona saat ini mungkin masih memerlukan adaptasi untuk bermain tanpa Messi. Terlepas dari performa buruk itu, lini tengah Barcelona musim ini sebenarnya diisi oleh nama-nama hebat. Sergio Busquets, Frenkie de Jong, Philippe Coutinho, Pedri, Riqui Puig, Sergi Roberto, dan Gavi kerap kali bergantian dipercayai oleh Ronald Koeman untuk bermain di lini tengah.

Itulah lima klub Eropa dengan lini tengah terbaik saat ini. Dari lima tim tersebut, tercatat hanya Barcelona yang belum tampil menjanjikan sejauh ini. Adakah klub favoritmu di daftar tersebut?

Baca Juga: Berstatus Pemain Baru, 5 Pemain Top Ini Diyakini Hanya Jadi Pelapis

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya