5 Pelatih dengan Masa Bakti Terlama di Premier League Musim Ini

Hanya beberapa nama saja yang mampu mempersembahkan trofi 

Premier League memang dianggap sebagai kompetisi paling seru yang menyajikan berbagai pertandingan sengit di setiap pekan kompetisi. Semua tim yang berlaga di liga ini memiliki kesempatan yang sama untuk bisa mengalahkan lawannya meski terpaut cukup jauh dalam tabel klasemen. Faktor pelatih pun menjadi salah satu penentu dalam keberhasilan sebuah tim.

Tak jarang, seorang pelatih harus rela kontraknya diputus di awal musim karena gagal membawa tim tampil istimewa. Namun, di samping itu ada juga beberapa pelatih yang telah memiliki masa bakti sangat lama di kompetisi Premier League musim ini.

Siapa saja deretan pelatih tersebut? Langsung simak aja ulasannya di bawah ini!

1. Sean Dyche 

5 Pelatih dengan Masa Bakti Terlama di Premier League Musim Inipotret Sean Dyche (skysports.com)

Sean Dyche menjadi pelatih paling lama yang menangani klub di kompetisi Premier League. Pria asal Inggris ini sudah melatih Burnley selama 9 tahun 1 bulan. Dyche sendiri ditunjuk sebagai pelatih Burnley ketika tim tersebut masih berkompetisi di ajang Championship pada tahun 2012.

Meski telah bekerja sangat lama bersama Burnley, pria berusia 50 tahun tersebut belum sekalipun mempersembahkan gelar juara. Kendati begitu, Burnley tetap mempercayai Dyche hingga tahun 2025 mendatang. Sejauh ini ia telah memainkan 407 laga dan meraih 149 kemenangan, 109 hasil imbang, dan 149 kekalahan bersama Burnley.

2. Jurgen Klopp 

5 Pelatih dengan Masa Bakti Terlama di Premier League Musim Inipotret Jurgen Klopp (twitter.com/lfc)

Jurgen Klopp bisa dikatakan sebagai salah satu pelatih terbaik di kompetisi Premier League dalam beberapa musim terakhir. Pria asal Jerman ini mulai menangani The Reds pada awal musim 2015/2016. Itu artinya, ia sudah bekerja di Anfield selama 6 tahun 1 bulan.

Selama periode kepemimpinannya, Klopp sukses membawa Liverpool meraih banyak sekali trofi bergengsi, termasuk gelar Premier League dan Liga Champions. Masa jabatan Klopp sendiri masih akan berlangsung hingga tahun 2024. Selama melatih Liverpool, Klopp telah memainkan 338 pertandingan dan sukses memenangi 206 laga, 72 imbang, dan 60 kekalahan.

Baca Juga: 5 Pemain Mahal Premier League, Harganya Nyaris Rp2 Triliun

3. Pep Guardiola 

5 Pelatih dengan Masa Bakti Terlama di Premier League Musim Inipotret Pep Guardiola (twitter.com/mancity)

Soal kualitas taktik, sosok Pep Guardiola tentu tak perlu diragukan lagi. Ia mulai menjadi pelatih Manchester City pada Juli 2016. Sebelumnya, pria berusia 50 tahun ini telah menangani dua klub besar, yakni Barcelona dan Bayern Munchen. Hebatnya lagi, bersama ketiga klub tersebut, sang pelatih selalu meraih minimal satu trofi di setiap musimnya.

Semua itu tidak terlepas dari komposisi skuad mewah yang selalu dimiliki oleh Pep Guardiola. Sampai saat ini, Guardiola telah melatih Manchester City selama 5 tahun 5 bulan dan masih memiliki kontrak hingga tahun 2023.

4. Ralph Hasenhuttl 

5 Pelatih dengan Masa Bakti Terlama di Premier League Musim Inipotret Ralph Hasenhuttl (planetfootball.com)

Ralph Hasenhuttl ditunjuk sebagai pelatih Southampton pada Desember 2018. Itu menjadi pengalaman pertama  bagi sang pelatih menangani klub asal Inggris. Sebelumnya, pelatih asal Austria ini hanya melatih tim-tim asal Jerman, seperti VfR Aalen, FC Ingolstadt, dan RB Leipzig.

Tercatat, Hasenhuttl sudah melatih Southampton selama 2 tahun 11 bulan dan masih mempunyai kontrak hingga tahun 2024. Selama waktunya itu, pelatih berusia 54 tahun ini telah memainkan total 130 pertandingan. Dari seluruh laga tersebut, ia mampu membawa timnya meraih 47 kemenangan, 28 hasil imbang, dan 55 kekalahan.

5. Brendan Rodgers 

5 Pelatih dengan Masa Bakti Terlama di Premier League Musim Inipotret Brendan Rodgers (lcfc.com)

Brendan Rodgers merupakan salah satu pelatih ternama di kompetisi Inggris. Pria asal Irlandia Utara ini pernah melatih sejumlah tim Premier League, seperti Watford, Reading, Swansea, hingga Liverpool. Kini ia melatih salah satu klub kuda hitam di kasta tertinggi Inggris, Leicester City.

Rodgers sendiri ditunjuk sebagai pelatih Leicester pada Februari 2019. Meski baru melatih selama 2 tahun 9 bulan, tapi pria berusia 48 tahun ini sudah berhasil mempersembahkan dua trofi domestik, yaitu Piala FA dan Community Shield. Di samping itu, Rodgers juga kerap membuat tim-tim besar kewalahan jika berjumpa dengan Leicester City.

Itulah lima pelatih dengan masa bakti terlama bersama satu tim di Premier League musim ini. Meski ada beberapa nama yang gagal mempersembahkan gelar juara, tapi mereka tetap dipercayai untuk melatih tim dengan waktu yang cukup lama. Siapa nama pelatih yang bakal segera menyusul deretan pelatih tersebut?

Baca Juga: 5 Hal Menarik Jelang Pekan Ke-15 Premier League

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya