5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Pep Guardiola Salah Satunya!

Ada yang memenangi trofi LaLiga sebanyak 9 kali, lho!

LaLiga merupakan salah satu kompetisi elite di Eropa yang selalu menyajikan pertandingan seru tiap pekannya. Kompetisi tertinggi di Spanyol ini memang lebih banyak didominasi oleh Barcelona dan Real Madrid. Meski demikian, LaLiga tetap memiliki daya tarik tersendiri lantaran para pemain berkualitas berkumpul jadi satu di ajang tersebut.

Sejumlah pelatih top telah merasakan kerasnya kompetisi di LaLiga. Dari sekian nama yang sudah menangani klub-klub LaLiga, beberapa di antaranya sukses memenangi ajang tersebut berulang kali. Lantas, siapa saja pelatih itu? Check this out!

Baca Juga: 7 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di LaLiga Hingga Kini, Setia!

1. Miguel Munoz – 9 Gelar LaLiga

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Pep Guardiola Salah Satunya!sportmob.com

Miguel Munoz merupakan pelatih tersukses dalam sejarah LaLiga. Pelatih asal Spanyol ini telah mempersembahkan 9 gelar LaLiga selama menangani Real Madrid. Lima di antaranya terjadi secara berturut-turut di awal tahun '60-an. Ia juga menjadi orang pertama yang berhasil memenangi Piala Champions Eropa (yang saat ini berganti nama menjadi Liga Champions) sebagai pemain dan pelatih.

Secara total, Munoz berhasil meraih 15 gelar selama menangani Los Blancos. Setelah 16 musim bersama Real Madrid, ia meninggalkan klub pada tahun 1974.

2. Helenio Herrera – 4 Gelar LaLiga

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Pep Guardiola Salah Satunya!goal.com

Helenio Herrera sukses mengukir namanya sebagai salah satu pelatih tersukses dalam sejarah LaLiga. Setelah berhasil mengantarkan Atletico Madrid memenangi LaLiga selama 2 musim berturut-turut, ia kembali melanjutkan karier bersama tim-tim Spanyol sebelum akhirnya melabuhkan pilihan ke Barcelona pada tahun 1958.

Pria asal Argentina ini sukses membawa Barcelona memenangi gelar LaLiga selama 2 musim beruntun. Tak bertahan lama, Herrera kemudian melanjutkan karier kepelatihannya di Italia bersama Inter Milan dan AS Roma. Di Serie A, ia juga berhasil memenangi trofi domestik bersama tim-tim tersebut.

3. Johan Cryuff – 4 Gelar LaLiga

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Pep Guardiola Salah Satunya!eurosport.com

Saat masih aktif sebagai pesepak bola, Johan Cryuff merupakan salah satu pemain terbaik yang menghiasi LaLiga. Setelah pensiun pada tahun 1984, ia kemudian melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Pria asal Belanda itu ditunjuk menangani Barcelona pada tahun 1988.

Setelah kembali ke Barcelona dengan profesi yang berbeda, ia tetap memberikan sumbangsih yang luar biasa untuk klub asal Catalan itu. Di bawah asuhannya, Blaugrana sukses memenangi 4 gelar LaLiga secara berturut-turut di awal 1990-an. Saat itu, Barca dihuni oleh para pemain terbaik, seperti Pep Guardiola, Ronald Koeman, Michael Laudrup, hingga Hristo Stoichkov.

4. Enrique Fernandez – 3 Gelar LaLiga

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Pep Guardiola Salah Satunya!fcbarcelona.com

Tidak seperti para pelatih lain, Enrique Fernandez berhasil memenangi LaLiga bersama dua tim kuat, yakni Barcelona dan Real Madrid. Awalnya, pria asal Uruguay ini memulai kariernya bersama Barcelona pada tahun 1947. Selama 3 musim menangani Blaugrana, ia mampu mempersembahkan 2 gelar LaLiga, yaitu pada tahun 1948 dan 1949.

Fernandez kemudian melanjutkan kariernya bersama Real Madrid pada tahun 1953. Di musim debutnya, sang pelatih berhasil mempersembahkan gelar LaLiga pertama untuk Real Madrid setelah terakhir kali meraihnya hampir dua dekade.

5. Pep Guardiola – 3 Gelar LaLiga

5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Pep Guardiola Salah Satunya!givemesport.com

Setelah pensiun sebagai pemain, Pep Guardiola melanjutkan karier kepelatihannya pada tahun 2007. Klub pertama yang ditangani oleh pria asal Spanyol itu adalah Barcelona B. Hanya bertahan semusim, ia kemudian naik jabatan menjadi pelatih utama Barcelona yang berkompetisi di LaLiga.

Meski masih minim jam terbang, Guardiola sukses menunjukkan kualitasnya dengan mempersembahkan treble winner di musim debutnya menangani Lionel Messi dan kolega. Tak berhenti sampai di situ, pria yang saat ini berusia 50 tahun itu selalu meraih gelar juara di setiap musimnya. Tak mengherankan jika selama melatih Barcelona ia mampu memenangi 14 trofi selama 4 musim. Gelar tersebut termasuk 3 trofi LaLiga pada musim 2008/2009, 2009/2010, dan 2010/2011.

 

Dari lima pelatih itu, kini hanya menyisakan Pep Guardiola yang masih tetap melatih di kompetisi Eropa. Siapa pelatih LaLiga favoritmu?

Baca Juga: 5 Tanggapan Pep Guardiola Terhadap Pemecatan Frank Lampard di Chelsea

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya