5 Pelatih Tersukses di Level Klub, Ferguson Hingga Mourinho

Mereka semua pernah memenangi Liga Champions 

Selain pemain bintang, sosok pelatih juga dibutuhkan untuk menentukan sukses tidaknya sebuah klub. Banyak bukti bahwa tim-tim kelas medioker bisa sukses karena sentuhan ajaib dari seorang pelatih. Di era sepak bola modern, terdapat beberapa pelatih yang sukses mengantarkan timnya meraih sejumlah gelar.

Para pelatih tersebut mampu memaksimalkan kekuatan terbaik yang dimiliki oleh tim asuhannya. Hebatnya lagi, kesuksesan itu tidak hanya mereka ciptakan di kancah domestik, tetapi juga di Eropa. Berikut ini 5 pelatih tersukses di level klub.

Baca Juga: 5 Kemenangan Man United Terbaik di Derbi Sepeninggal Alex Ferguson

1. Sir Alex Ferguson 

5 Pelatih Tersukses di Level Klub, Ferguson Hingga Mourinhogivemesport.com

Sir Alex Ferguson merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Buktinya, selama menangani Manchester United, ia berhasil menjadikan Setan Merah sebagai klub yang sangat disegani dan meraih banyak trofi. Pelatih asal Skotlandia itu juga pantas mendapatkan pujian karena mampu mengorbitkan pemain yang biasa-biasa saja menjadi pemain kelas dunia, seperti Cristiano Ronaldo.

Selama menangani Manchester United, ia telah memenangi 38 gelar, termasuk 13 trofi Premier League. Sejak ditinggal Ferguson pada 2013, Setan Merah belum pernah lagi meraih trofi Premier League hingga saat ini.

2. Pep Guardiola 

5 Pelatih Tersukses di Level Klub, Ferguson Hingga Mourinhogoal.com

Pep Guardiola merupakan pelatih dan pemain yang sukses sepanjang kariernya menggeluti sepak bola. Ia memulai petualangan menjadi pelatih dengan langsung menangani klub raksasa, Barcelona. Walau belum memiliki pengalaman yang banyak, nyatanya pria asal Spanyol itu mampu meraih treble winner  di musim debutnya sebagai pelatih.

Berkat keberhasilannya itu, Guardiola menjadi orang pertama yang memenangi Liga Champions sebagai pelatih dan pemain. Selain itu, ia juga dikenal sebagai pelatih yang berhasil menerapkan strategi tiki-taka di Barcelona. Sepanjang karier kepelatihannya, pria berusia 49 tahun ini telah menangani beberapa klub top di Eropa, seperti Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City.

3. Zinedine Zidane 

5 Pelatih Tersukses di Level Klub, Ferguson Hingga Mourinhogoal.com

Dalam tugas pertamanya menjadi pelatih Real Madrid, Zinedine Zidane mampu memberikan hasil yang maksimal. Pria asal Prancis itu berhasil mempersembahkan hattrick gelar Liga Champions dalam 3 musim berturut-turut. Walaupun masih minim pengalaman sebagai pelatih, hal tersebut ternyata tidak menjadi penghalang bagi pria berkepala plontos itu.

Kapasitasnya sebagai juru racik tim memang patut diapresiasi. Meski sempat mengundurkan diri setelah memenangi trofi Liga Champions ketiga, Zidane saat ini sudah kembali lagi menjadi pelatih utama Real Madrid. Bahkan, ia di musim lalu berhasil mengantarkan anak asuhnya menjadi juara LaLiga meski sempat terseok-seok di awal musim. Lebih menariknya lagi, Real Madrid hanya kebobolan 25 gol musim lalu.

4. Carlo Ancelotti 

5 Pelatih Tersukses di Level Klub, Ferguson Hingga Mourinhogoal.com

Carlo Ancelotti adalah salah satu pelatih yang sudah malang melintang di dunia sepak bola. Pelatih berusia 61 tahun ini telah menangani 10 klub sepanjang karier kepelatihannya. Klub-klub yang dilatih pun merupakan tim dengan reputasi menterang, seperti AC Milan, Real Madrid, Juventus, Bayern Munchen, Paris Saint-Germain, Chelsea, dan saat ini menangani Everton.

Ancelotti merupakan pelatih pertama yang berhasil memenangi Liga Champions sebanyak 3 kali. Sepanjang karier kepelatihannya, ia telah bekerja sama dengan sejumlah pemain terbaik di dunia, seperti Paolo Maldini, Andrea Pirlo, Cristiano Ronaldo, dan Robert Lewandowski.

5. Jose Mourinho 

5 Pelatih Tersukses di Level Klub, Ferguson Hingga Mourinhotalkchelsea.net

Karier kepelatihan Jose Mourinho terbilang cukup unik dan berbeda dari para pelatih lain. Ia berhasil menjadi salah satu pelatih terbaik tapi tidak memiliki pengalaman bermain di level tim elite. Pelatih asal Portugal itu meledak saat berhasil mengantarkan FC Porto menjadi juara Liga Champions pada tahun 2004. Sejak itu, namanya semakin dikenal oleh penggemar sepak bola.

Klub-klub seperti Chelsea, Real Madrid, Inter Milan, dan Manchester United pernah ia tangani dan selalu menghasilkan gelar juara. Mourinho pernah meraih treble winner saat masih menukangi Inter Milan pada tahun 2010. Saat ini ia membesut Tottenham Hotspur yang belum pernah meraih gelar satu pun selama satu dekade lebih.

 

Para pelatih di atas dianggap sukses bukan hanya karena dedikasinya untuk klub-klub yang pernah ditangani, tetapi juga karena prestasi yang pernah diraih. Ada pelatih favoritmu?

Baca Juga: 6 Pemain Paling Diandalkan dalam Karier Jose Mourinho, Kunci Juara!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya