5 Pelatih Top yang Pernah Mengelabui Lawan dengan Ucapannya yang Unik

Ada pelatih jagoanmu? 

Pelatih merupakan salah satu kunci keberhasilan sebuah tim. Selain komposisi pemain, strategi yang diterapkan oleh pelatih menjadi penentu sebuah tim layak dianggap mumpuni atau sebaliknya. Tak jarang karena performa tim yang merosot, pelatih harus rela menjadi korban pemecatan.

Di zaman sepak bola modern seperti saat ini, peran seorang pelatih tidak hanya dituntut harus mengerti taktik saja, tetapi juga harus jago dalam mengacak-acak psikologi para musuhnya. Seperti para pelatih berikut, mereka terkenal sebagai sosok yang mampu mengelabui para lawannya. Siapa sajakah mereka? Check this out!

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Tottenham Hotspur di Bawah Jose Mourinho Musim Ini 

1. Jose Mourinho 

5 Pelatih Top yang Pernah Mengelabui Lawan dengan Ucapannya yang Unikskysports.com

Jose Mourinho mungkin dinilai sebagai salah satu pelatih yang tengil di kalangan penggemar sepak bola. Nyatanya, hal tersebut merupakan senjata bagi pelatih asal Portugal itu. Pasalnya, ia selalu mengkritik, bahkan menjelek-jelekkan musuh supaya tim lawan tersulut emosinya dan bermain buruk saat pertandingan.

Hal tersebut kerap kali Mourinho gunakan terutama saat masih membesut Real Madrid. Ia juga pernah menyebut Arsene Wenger sebagai sosok pelatih “spesialis kegagalan”. Tak hanya itu, Mou sempat menyebut Claudio Ranieri sebagai pelatih “tua dan tanpa kemenangan”.

2. Sir Alex Ferguson 

5 Pelatih Top yang Pernah Mengelabui Lawan dengan Ucapannya yang Uniken.as.com

Sir Alex Ferguson berhasil menyulap Manchester United sebagai tim terkuat di Inggris. Berbagai trofi bergengsi berhasil ia persembahkan untuk United. Namun, di balik kesuksesannya itu, Ferguson juga terkenal karena kerap mengintimidasi peran wasit. Ketika klubnya dirugikan, ia menyebut wasit itu sebagai sosok yang tidak layak untuk memimpin pertandingan.

Cara itu juga ia lakukan ketika berhadapan dengan tim lawan. Saat musim 2008/2009, Liverpool berada di atas angin untuk mendapatkan gelar juara. Namun, Ferguson menyebut bahwa Liverpool hanya beruntung karena lebih mudah perjalanannya. Siapa sangka, ucapan Ferguson tadi malah membuat tim Rafael Benitez menjadi tak konsisten hingga akhirnya Manchester United yang merengkuh gelar juara Premier League.

3. Pep Guardiola 

5 Pelatih Top yang Pernah Mengelabui Lawan dengan Ucapannya yang Unikgoal.com

Tidak hanya pandai dalam memainkan ritme permainan yang indah, Pep Guardiola juga pelatih yang hebat dalam mengelabui lawan. Nama pelatih asal Spanyol itu sempat melambung gara-gara perseteruannya dengan Jose Mourinho di Real Madrid. Suatu saat, Guardiola pernah mengatakan bahwa Mourinho layak untuk memenangi trofi Liga Champions.

Ternyata, perkataan yang dilontarkan oleh Guardiola itu hanya akal bulus untuk membuat Mourinho jatuh. Alhasil, Guardiola-lah yang semakin berjaya dan membuat tim asuhannya menang. Kini melalui tangan dinginnya sejumlah pemain hebat telah terlahir.

4. Roberto Mancini 

5 Pelatih Top yang Pernah Mengelabui Lawan dengan Ucapannya yang Unikgoal.com

Tak diragukan lagi Roberto Mancini merupakan ahli taktik yang hebat. Pria asal Italia ini pernah menangani Manchester City selama 4 musim dari 2009 hingga 2013. Pada musim 2011/2012, perebutan gelar juara Premier League harus ditentukan hingga pekan terakhir. Dua klub teratas adalah duo Manchester, yaitu Manchester City dan Manchester United.

Namun, strategi Mancini dalam merendahkan dirinya sendiri berhasil mengelabui Ferguson sehingga mampu mengantarkan City meraih gelar pertama Premier League. Sejak saat itu, Manchester City menjelma menjadi salah satu klub terkuat di Inggris.

5. Bill Shankly 

5 Pelatih Top yang Pernah Mengelabui Lawan dengan Ucapannya yang Unikgoal.com

Pada era '60-an hingga 70-an Liverpool pernah memiliki pelatih terbaik yang bernama Bill Shankly. Ia berhasil membawa klub tersebut kembali lagi ke divisi teratas Inggris dan kemudian memenangi gelar liga 3 kali sekaligus meraih kesuksesan di Eropa.

Shankly juga terkenal cekatan dalam permainan pikiran dan melemahkan mental serta pelatih lawan. Ia pernah mengelabui Bobby Charlton, pemain terbaik Manchester United saat itu. Saat itu, sebelum pertandingan Shankly berujar kepada Charlton bahwa sang pemain terlihat seperti orang yang sedang sakit dan menyarankannya ke dokter. Uniknya, Charlton mempercayai ucapan Shankly dan mundur dari skuad.

Bisa dibayangkan, jika di saat itu sudah ada media sosial, hal lucu tersebut mungkin akan tersebar viral ke seluruh penjuru dunia.

 

Tidak semua pelatih bisa mengintimidasi atau mengelabui lawan. Hanya pelatih tertentu dan memiliki keahlian khusus. Semua pelatih di atas pernah merasakan kerasnya melatih di Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Liverpool ke Tim LaLiga, Salah Menyusul?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya