5 Peluang Emas yang Dibuang Lukaku pada Laga Kroasia vs Belgia

Lukaku mandul, Belgia gagal lolos ke fase gugur 

Striker Belgia, Romelu Lukaku, mungkin menjadi sosok yang paling kecewa setelah negaranya gagal lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam pertandingan pamungkas melawan Kroasia, Lukaku tercatat membuang lima peluang emas yang seharusnya dapat dikonversikan menjadi gol.

Alhasil, duel pamungkas Kroasia vs Belgia dalam laga Grup H yang digelar di Stadion Ahmad bin Ali, Kamis (1/12/2022) malam WIB, berakhir imbang 0-0. Hal itu membuat Belgia hanya bisa finish di peringkat tiga klasemen akhir dengan koleksi empat poin.

Seandainya, jika salah satu peluang emas itu bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Lukaku, Belgia tentu bisa menang. Mereka juga bisa lolos ke babak 16 besar dengan status runner-up menemani Maroko. 

Berikut peluang-peluang emas yang dibuang Lukaku saat pertandingan kontra Kroasia.

1. Peluang pertama melalui sundulan Lukaku masih terlalu lemah

5 Peluang Emas yang Dibuang Lukaku pada Laga Kroasia vs BelgiaRomelu Lukaku (fifa.com)

Romelu Lukaku dimasukan Roberto Martinez pada awal babak kedua. Striker Inter Milan itu menggantikan Dries Mertens untuk menambah daya gedor di lini depan. Dampaknya, Lukaku membuat serangan Belgia jauh lebih tajam.

Lukaku mendapatkan peluang pertama pada menit ke-48. Mendapatkan umpan lambung Kevin De Bruyne dari sisi kiri pertahanan Kroasia, dia berhasil memenangi duel udara dengan bek-bek Kroasia. Sayang, sundulannya masih terlalu lemah dan bola dengan mudah diamankan kiper Kroasia, Dominik Livakovic.

Menariknya, peluang pertama Lukaku itu menjadi shot on target pertama Belgia. Sebelumnya, para penyerang skuad The Red Devils sulit menembus pertahanan Kroasia yang tampil disiplin.

2. Peluang kedua Lukaku hanya membentur tiang gawang

5 Peluang Emas yang Dibuang Lukaku pada Laga Kroasia vs BelgiaRomelu Lukaku (instagram.com/belgianreddevils)

Pada menit ke-60, Yannick Carrasco mengacak-acak lini pertahanan Kroasia. Carrasco kemudian melepaskan sepakan di dalam kotak penalti. Namun, bola tendangannya berhasil ditepis Dominik Livakovic yang bergerak maju.

Bola liar lalu jatuh ke kaki Lukaku. Dia pun langsung melepaskan sepakan ke arah gawang Kroasia. Sialnya, bola hasil tendangan kaki kanan Lukaku hanya membentur tiang gawang. Padahal, jarak bola dan gawang yang kosong hanya sekitar tiga meter.

3. Sundulan Lukaku melayang di atas mistar gawang

5 Peluang Emas yang Dibuang Lukaku pada Laga Kroasia vs BelgiaRomelu Lukaku (twitter.com/BelRedDevils)

Berselang dua menit, Lukaku kembali mendapatkan peluang emas. Kevin De Bruyne mengirim umpan lambung ke depan kotak penalti Kroasia dari sisi kiri. Bola kemudian terbentur Dejan Lovren dan Dominik Livakovic terlanjur bergerak maju.

Berada di posisi yang sangat bebas, sundulan Romelu Lukaku justru melayang di atas mistar gawang Kroasia. Peluang ini sangat disayangkan mengingat Livakovic sudah tidak berada di posisinya.

4. Lukaku buang peluang akibat mengubah arah tembakan Meunier

5 Peluang Emas yang Dibuang Lukaku pada Laga Kroasia vs BelgiaRomelu Lukaku (twitter.com/BelRedDevils)

Tanda-tanda bahwa Belgia seolah tidak direstui lolos ke fase gugur Piala Dunia 2022 kembali terjadi pada menit 87. Ketika itu, tendangan kaki kanan Thomas Meunier dari dalam kotak penalti sudah mengarah ke gawang Dominik Livakovic.

Namun, Romelu Lukaku berdiri di depan gawang Kroasia. Alhasil, bola tendangan Meunier mengenai Lukaku dan justru berubah arah menjadi melebar di sisi kiri gawang Kroasia.

Baca Juga: Romelu Lukaku, Pemain Sepak Bola yang Mahir Banyak Bahasa

5. Bola hanya mengenai dada Lukaku

5 Peluang Emas yang Dibuang Lukaku pada Laga Kroasia vs BelgiaRomelu Lukaku (twitter.com/BelRedDevils)

Terparah, pada menit ke-90, Lukaku mendapatkan ruang yang begitu terbuka di depan kotak penalti. Thorgan Hazard melepaskan umpan silang dari sisi kanan yang gagal dihalau oleh barisan bek maupun kiper Kroasia. Bola tersebut kemudian mengenai dada Lukaku.

Semestinya, bola itu bisa langsung diceploskan ke gawang Dominik Livakovic setelah Lukaku melakukan kontrol dada. Malang, bola justru memantul ke tanah dan menggelinding ke arah Livakovic.

6. Berikut cuplikan peluang-peluang emas yang dibuang Lukaku saat laga kontra Kroasia 

https://www.youtube.com/embed/tTOhzgpJVOw

Romelu Lukaku gagal menciptakan gol sepanjang pergelaran Piala Dunia 2022. Pemain berusia 29 tahun itu pun harus angkat koper lebih cepat bersama skuad Belgia dari Qatar.

Baca Juga: Belgia Tersingkir di Piala Dunia 2022, Martinez Lepas 2 Jabatan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya