5 Pemain Akademi Arsenal yang Memulai Debut di Bawah Asuhan Unai Emery

Bagaimana kabar para pemain tersebut?

Unai Emery sempat melatih di Arsenal selama 18 bulan. Pria asal Spanyol itu diangkat menjadi pelatih utama Arsenal pada Juni 2018. Ia mendapatkan tugas berat untuk melanjutkan tongkat estafet dari Arsene Wenger. Sayangnya, Emery gagal membawa The Gunners berjaya. Alhasil, ia pun dipecat pada November 2019.

Selama di Arsenal, Emery beberapa kali mendatangkan pemain baru, termasuk transfer termahal dalam sejarah Arsenal, Nicolas Pepe. Meski demikian, pria yang saat ini melatih Villarreal itu tak segan untuk memberikan kepercayaan kepada para pemain muda untuk bermain. Terdapat beberapa pemain akademi Arsenal yang dipromosikan olehnya di tim utama. Siapa saja pemain  muda tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 9 Potret Emile Smith Rowe, Wonderkid Arsenal Asal Inggris

1. Emile Smith Rowe

5 Pemain Akademi Arsenal yang Memulai Debut di Bawah Asuhan Unai Emerygoal.com

Emile Smith Rowe mendapat kepercayaan tampil oleh Unai Emery pertama kali di tim utama Arsenal pada September 2018. Saat itu Smith Rowe dimasukkan sebagai pemain pengganti pada pertandingan Liga Europa melawan Vorskla Poltava. Pemain yang beroperasi di posisi gelandang ini baru bisa mencetak gol pertamanya pada laga berikutnya melawan Qarabag.

Karena sulit mendapatkan tempat utama, ia beberapa kali dipinjamkan ke RB Leipzig dan Huddersfield. Saat ini, pemain berusia 20 tahun itu sudah bermain di tim utama Arsenal sebanyak 7 kali, termasuk 2 laga di Premier League.

2. Julio Pleguezuelo 

5 Pemain Akademi Arsenal yang Memulai Debut di Bawah Asuhan Unai Emeryarsenalcore.com

Julio Pleguezuelo bergabung dengan Arsenal dari Barcelona saat usianya masih 16 tahun. Kepindahannya ke Inggris tersebut berharap bisa mengikuti jejak Cesc Fabregas dan Hector Bellerin. Ia memainkan pertandingan pertama dan terakhirnya untuk tim London Utara itu saat melawan Blackpool di ajang Carabao Cup pada Oktober 2018 lalu.

Beberapa bulan kemudian, Pleguezuelo dilepas ke klub Eredivisie, FC Twente, dengan status bebas transfer. Kini bek berusia 23 tahun itu mulai menjadi andalan di klub asal Belanda tersebut. Tercatat ia sudah memainkan laga sebanyak 15 kali di musim ini.

3. Charlie Gilmour 

5 Pemain Akademi Arsenal yang Memulai Debut di Bawah Asuhan Unai Emerypremierleague.com

Charlie Gilmour merupakan produk asli akademi Arsenal. Ia bergabung dengan tim London itu saat usianya masih 6 tahun. Setelah bermain dengan berbagai jenjang kelompok umur, ia berhasil debut di tim utama Arsenal pada November 2018 saat melawan Vorskla Poltava di Liga Europa.

Namun, pada akhirnya Gilmour dilepas oleh Arsenal ke Norwich City pada musim panas 2019. Ia juga sempat dipinjamkan selama semusim ke klub Belanda, SC Telstar. Kini, pemain 21 tahun itu tidak memiliki klub setelah mengakhiri kontrak dengan Norwich.

4. Bukayo Saka 

5 Pemain Akademi Arsenal yang Memulai Debut di Bawah Asuhan Unai Emerygoal.com

Bukayo Saka memulai debutnya di tim utama Arsenal pada pertandingan Liga Europa saat melawan Vorskla Poltava pada 2018. Saat itu, ia masuk menggantikan Aaron Ramsey di lini tengah. Dalam beberapa kesempatan, Saka mulai mendapat kepercayaan lebih banyak seiring cederanya Sead Kolasinac dan Kieran Tierney di posisi bek kiri.

Kini, pemain muda asal Inggris itu mulai mendapatkan kepercayaan lebih di bawah asuhan Mikel Arteta. Tercatat ia sudah memainkan pertandingan sebanyak 14 laga di Premier League. Tak mengherankan jika pemain berusia 19 tahun itu memiliki banderol yang cukup tinggi, yakni 40 juta euro.

5. Zech Medley 

5 Pemain Akademi Arsenal yang Memulai Debut di Bawah Asuhan Unai Emeryfootball-addict.com

Zech Medley bergabung ke Arsenal dari Chelsea pada Desember 2016. Ia baru memulai debutnya di tim utama saat tim dinakhodai oleh Unai Emery. Pada pertandingan Liga Europa melawan Vorskla Poltava, ia masuk sebagai pemain pengganti dan bermain selama 30 menit.

Selama bermain dengan tim utama Arsenal, Medley hanya mencatatkan 2 pertandingan. Kini pemain berusia 20 tahun itu sedang dipinjamkan ke klub divisi tiga Liga Inggris, Gillingham FC.

 

Dari kelima nama tersebut, hanya Saka dan Smith Rowe yang masih mendapatkan kepercayaan untuk bermain di Premier League musim ini di bawah nakhoda Mikel Arteta.

Baca Juga: Unai Emery: Pemain Arsenal Memiliki Sikap yang Buruk

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya