Comscore Tracker

5 Pemain Barcelona yang Minim Kontribusi di Bawah Asuhan Ronald Koeman

Mereka berpeluang meninggalkan klub di akhir musim

Ronald Koeman ditunjuk oleh manajemen Barcelona sebagai pelatih pada Agustus 2020. Mantan pelatih Timnas Belanda itu menggantikan Quique Setien yang dipecat dari kursi pelatih utama Barcelona. Namun, sejauh ini Blaugrana di bawah asuhan Koeman masih tampil inkonsisten. Meski berada di urutan ketiga LaLiga, hal tersebut tentu bukan suatu kebanggaan bagi tim sekelas Barcelona.

Selain penampilan yang masih belum stabil, beberapa pemain berpengalaman juga jarang mendapatkan kepercayaan bermain dari sang pelatih. Berikut ini 5 pemain yang minim kontribusi di Barcelona musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!

1. Samuel Umtiti 

5 Pemain Barcelona yang Minim Kontribusi di Bawah Asuhan Ronald Koemanas.com

Samuel Umtiti diboyong oleh Barcelona pada musim panas 2016 dari klub Prancis, Lyon. Di awal kariernya bermain di Camp Nou, sang pemain dipuji sebagai sosok bek yang tangguh. Bahkan, ada yang menyebut ia sebagai suksesor Carles Puyol di Barcelona. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Umtiti mulai kehilangan tempatnya di lini pertahanan.

Masalah cedera membuat sang pemain gagal tampil reguler bersama Barcelona. Musim ini ia hanya dimainkan oleh Koeman sebanyak 3 kali di LaLiga. Pemain berusia 27 tahun itu mulai kalah dari pemain muda seperti Oscar Mingueza dan Ronald Araujo.

2. Junior Firpo 

5 Pemain Barcelona yang Minim Kontribusi di Bawah Asuhan Ronald Koemanprincerupertstower.com

Junior Firpo digaet Barcelona pada musim lalu dari sesama klub Spanyol, Real Betis. Ia diproyeksikan untuk menjadi penerus Jordi Alba yang sudah tidak lagi muda. Namun, pada kenyataannya, pemain berusia 24 tahun itu minim menit bermain bersama Barcelona.

Bahkan, musim ini Firpo baru 4 kali main di ajang LaLiga. Jika Alba cedera, Koeman lebih memilih Sergino Dest untuk bermain di posisi bek kiri daripada Firpo. Melihat hal tersebut, sang pemain sepertinya akan berpikir ulang untuk melanjutkan karier di Barcelona pada musim-musim mendatang.

3. Miralem Pjanic 

5 Pemain Barcelona yang Minim Kontribusi di Bawah Asuhan Ronald Koemanbleacherreport.com

Miralem Pjanic dibeli Barcelona dengan biaya yang cukup mahal pada awal musim ini. Ia datang ke Camp Nou sebagai kesepakatan dari transfer Arthur Melo yang berpindah ke Juventus. Dengan kualitas mumpuni yang dimilikinya, pemain asal Bosnia-Herzegovina ini malah mendapatkan menit bermain yang minim bersama klub asal Spanyol itu.

Pjanic baru bermain sebanyak 12 pertandingan di LaLiga dengan menit bermain sebanyak 387 menit. Jika dirata-rata, ia hanya bermain selama 32 menit setiap laga. Jumlah menit tersebut tentu sebuah penurunan yang signifikan bagi sang pemain.

4. Matheus Fernandes 

5 Pemain Barcelona yang Minim Kontribusi di Bawah Asuhan Ronald Koemanmarca.com

Matheus Fernandes merupakan pemain anyar Barcelona musim ini. Ia diboyong dari klub Brasil, Palmeiras, pada Agustus lalu dengan biaya 7 juta euro. Sempat diprediksi akan menjadi pemain muda yang menjanjikan, wonderkid asal Brasil ini malah tak mendapatkan kepercayaan bermain dari Koeman.

Fernandes hanya sekali dimainkan pada musim ini, tepatnya di ajang Liga Champions. Pada pertandingan keempat fase grup melawan Dynamo Kyiv, ia masuk sebagai pemain pengganti dan bermain selama 17 menit di lapangan. Selebihnya, sang pemain belum pernah lagi dipercayai Koeman untuk bermain.

5. Riqui Puig 

5 Pemain Barcelona yang Minim Kontribusi di Bawah Asuhan Ronald Koemangoal.com

Sebelum kompetisi dimulai, Koeman sempat berujar bahwa Riqui Puig tidak masuk ke dalam rencananya musim ini. Meski demikian, sang pemain masih bersikukuh ingin tetap bertahan di Barcelona dan menyakinkan lagi pelatih asal Belanda tersebut. Usahanya pun membuahkan hasil.

Namun, gelandang berusia 21 tahun itu hanya 3 kali dimasukkan sebagai pemain pengganti di kompetisi LaLiga. Hal tersebut tentu saja membuat potensi sang pemain tak terlihat sama sekali musim ini.

 

Jika tak kunjung mendapatkan kepercayaan yang lebih untuk bermain, mereka bisa saja memilih meninggalkan Barcelona di akhir musim.

Baca Juga: 9 Potret Riqui Puig, Bintang Muda Barcelona yang Berparas Memikat

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya