Sempat Dilepas, 5 Pemain Ini Kembali Direkrut Barcelona

Mereka mendapatkan kesempatan kedua #IDNTimesSport

Akademi muda Barcelona, La Masia, telah menghasilkan banyak sekali pesepak bola hebat selama bertahun-tahun. Karena sangking banyaknya pemain berkualitas yang dihasilkan, tidak jarang para pemain tersebut dilepas ke klub lain untuk mendapatkan jam terbang yang layak.

Uniknya, setelah para pemain itu dilepas, ada beberapa nama yang kembali direkrut oleh Barcelona. Performa yang meningkat mungkin menjadi alasan utama Barcelona untuk memulangkan mereka.

Berikut ini lima pemain yang sempat dilepas Barcelona dan akhirnya kembali direkrut.

1. Denis Suarez 

Sempat Dilepas, 5 Pemain Ini Kembali Direkrut Barcelonapotret Denis Suarez (eurosport.com)

Barcelona pertama kali merekrut Denis Suarez dari Manchester City pada tahun 2013. Ketika itu, sang pemain dimainkan terlebih dulu di Barcelona B dan berhasil mencetak 7 gol dan 11 assist selama musim 2013/2014. Karena gagal menembus tim utama, ia memilih meninggalkan Barcelona dan bergabung bersama Villarreal pada 2015.

Setelah performanya meningkat, Suarez kembali direkrut oleh Barcelona satu musim setelahnya. Sayangnya, sang gelandang kembali gagal menunjukkan permainan terbaiknya di Camp Nou. Sempat dipinjamkan ke Arsenal, ia lalu dijual secara permanen ke Celta Vigo pada musim panas 2019.

2. Cesc Fabregas 

Sempat Dilepas, 5 Pemain Ini Kembali Direkrut Barcelonapotret Cesc Fabregas (eurosport.com)

Tidak seperti Denis Suarez, Cesc Fabregas memiliki karier yang cukup baik di Camp Nou. Fabregas dibesarkan sebagai penggemar setia Barcelona dan lulus dari akademi La Masia. Pada tahun 2003, ketika usianya masih 16 tahun, ia direkrut oleh Arsenal. Selama waktunya di Inggris, Fabregas berkembang menjadi salah satu gelandang sepak bola paling top di dunia.

Setelah sukses bersama The Gunners, sang pemain memutuskan untuk kembali lagi ke Barcelona pada tahun 2011. Ia saat itu dibeli oleh Barcelona dengan biaya sebesar 34 juta euro atau setara Rp575 miliar. Walau hanya bermain di Camp Nou selama 3 musim, Fabregas berhasil memenangi total 6 gelar. Setelah mencatatkan 42 gol dalam 151 penampilan untuk Barcelona, Fabregas lalu bergabung dengan Chelsea pada 2014.

Baca Juga: Barcelona Pincang Usai Babat Gaji Pemain Rp2,4 T

3. Jordi Alba 

Sempat Dilepas, 5 Pemain Ini Kembali Direkrut Barcelonapotret Jordi Alba (goal.com)

Jordi Alba bisa dibilang sebagai salah satu bek kiri terbaik yang pernah dimiliki oleh Barcelona. Walau begitu, karier sang pemain di Barcelona tidak berjalan mulus. Meski berstatus sebagai pemain didikan akademi La Masia, namanya justru pertama kali melesat ketika membela Valencia.

Alba sendiri bergabung dengan Valencia selama 5 musim, dari 2007 hingga 2012. Karena kepincut dengan bakat sang pemain, Barcelona memutuskan untuk memulangkan Alba ke Camp Nou pada 2012. Ketika itu, Barcelona harus mengeluarkan biaya sebesar 14 juta euro atau setara Rp237 miliar. Kini, Alba belum juga tergantikan perannya di posisi bek sayap kiri meski sudah berusia 32 tahun.

4. Hristo Stoichkov 

Sempat Dilepas, 5 Pemain Ini Kembali Direkrut Barcelonapotret Hristo Stoichkov (transfermarkt.co.id)

Hristo Stoichkov adalah salah satu legenda terbaik yang pernah dimiliki oleh Barcelona. Pemain asal Bulgaria ini pernah membela Blaugrana dalam dua kesempatan. Ia bergabung dengan Barcelona pertama kali pada tahun 1990 saat tim masih dilatih Johan Cruyff. Selama lima musim membela Barcelona, ia sukses mempersembahkan cukup banyak gelar, salah satunya adalah trofi Liga Champions.

Performa impresif itu membuat AC Parma kepincut dan merekrutnya pada tahun 1995. Hanya bertahan semusim, Stoichkov kembali digaet oleh Barcelona dan sukses memenangi trofi LaLiga, Piala Winners UEFA, Piala Liga Spanyol, dan Piala Super UEFA dalam periode keduanya. Ia lantas hengkang ke CSKA Sofia pada 1998.

5. Gerard Pique 

Sempat Dilepas, 5 Pemain Ini Kembali Direkrut Barcelonapotret Gerard Pique (90min.com)

Gerard Pique merupakan sosok yang tumbuh dan besar dari akademi La Masia. Ia bermain untuk tim muda Barcelona itu dari 1997 hingga 2003. Pada tahun 2004, Pique dibeli oleh Manchester United. Akan tetapi, pemain asal Spanyol itu tidak mendapatkan tempat yang layak selama waktunya di Old Trafford.

Ia pun sempat dipinjamkan ke Real Zaragoza sebelum akhirnya kembali lagi ke Barcelona pada tahun 2008. Di periode kedua tersebut, Pique langsung tancap gas dan menjadi salah satu sosok kunci tim hingga saat ini. Selama 14 musim membela Barcelona, ia sudah memenangi total 30 gelar juara.

Dari kelima pemain itu, tercatat hanya nama Denis Suarez saja yang gagal membuktikan kualitasnya di periode pertama dan kedua. Jika melihat bakat-bakat muda yang dihasilkan oleh Barcelona ini, tidak menutup kemungkinan klub akan kembali merekrut lagi pemain lulusan akademi La Masia yang telah dilego di masa mendatang.

Baca Juga: Dampak Krisis, Ini 5 Keputusan Aneh yang Diambil Barcelona

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya