5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan Arsenal

Mulai dari Alex Iwobi hingga Francis Jeffers 

Duel seru bakal tersaji pada pekan ke-15 Premier League antara Everton dan Arsenal. Pertandingan itu dilaksanakan di Stadion Goodison Park pada Selasa (7/12/2021) pukul 03.00 WIB. Laga diprediksi berlangsung sengit karena kedua klub membutuhkan poin penuh.

Selain ketatnya persaingan kedua tim, ada juga sejumlah nama top yang ternyata pernah membela dua klub tersebut. Berikut lima pemain ternama yang pernah berseragam Everton dan Arsenal:

1. Alex Iwobi

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan ArsenalAlex Iwobi (skysports.com)

Alex Iwobi merupakan produk asli akademi Arsenal yang naik kasta ke tim utama pada 2015. Ketika itu, usia sang pemain telah memasuki umur 19 tahun. Sayangnya, selama memperkuat tim utama Arsenal, ia lebih sering menjadi pemain pelapis.

Kendati begitu, Iwobi tetap berhasil membuat 149 pertandingan dan mencetak 15 gol serta 27 assist bersama Arsenal. Pada musim panas 2019, sang pemain digaet Everton dengan biaya Rp528 miliar. Sejauh ini, ia baru mengoleksi 6 gol dan 5 assist dari 78 laga untuk Everton.

2. Theo Walcott

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan ArsenalTheo Walcott (skysports.com)

Theo Walcott membela Arsenal dalam waktu yang sangat lama, yakni 12 tahun. Pemain yang dikenal memiliki kecepatan lari yang kencang ini bergabung dengan Arsenal dari Southampton pada Januari 2006. Total lima gelar juara berhasil dipersembahkan sang pemain untuk klub asal London Utara itu.

Pada Januari 2018, Arsenal memilih untuk melepas Walcott ke Everton. Untuk mendapatkan sang pemain, Everton ketika itu mengeluarkan biaya senilai Rp391 miliar. Hanya bertahan 3 tahun, Walcott kemudian melanjutkan kariernya bersama Southampton musim panas tahun ini.

Baca Juga: Everton vs Arsenal, Pertandingan Penentu Nasib Rafael Benitez

3. Mikel Arteta

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan ArsenalMikel Arteta (planetfootball.com)

Mikel Arteta adalah lulusan akademi La Masia yang gagal menembus skuad utama Barcelona. Alhasil, ia sempat bergonta-ganti tim sebelum membela Everton pada 2005. Sang pemain saat itu dibeli dari Real Sociedad dengan biaya senilai Rp48 miliar. Arteta tercatat membela Everton selama 6 tahun.

Performa impresif Arteta membuat Arsenal jatuh hati dan merekrutnya pada Agustus 2011. Bersama klub London ini, gelandang asal Spanyol itu berhasil meraih beberapa gelar domestik, seperti Piala FA dan Community Shield. Arteta kemudian memutuskan untuk pensiun pada 2016 dan melanjutkan kariernya sebagai pelatih.

4. Philippe Senderos

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan ArsenalPhilippe Senderos (skysports.com)

Philippe Senderos merupakan bek andalan Arsenal pada awal 2000-an. Bek asal Swiss ini berstatus sebagai pemain Arsenal selama 7 musim dari 2003—2010. Namun, ia hanya menjadi andalan pada 5 tahun awal. Setelah itu, ia sempat beberapa kali dipinjamkan ke klub lain, termasuk Everton.

Senderos hanya berseragam Everton selama 4 bulan dari Januari—Mei 2010. Uniknya, sang pemain hanya diberi kepercayaan untuk tampil sebanyak tiga kali bersama klub Merseyside tersebut. Senderos sendiri baru saja gantung sepatu pada Januari 2020 lalu.

5. Francis Jeffers

5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Everton dan ArsenalFrancis Jeffers (skysports.com)

Francis Jeffers tumbuh dan besar bersama akademi Everton. Ia naik kasta ke tim utama pada 1997 ketika usianya baru menginjak 16 tahun. Ia tercatat membela tim senior Everton hingga 2001. Setelah itu, sang penyerang dibeli Arsenal dengan nominal sebesar Rp265 miliar.

Di Arsenal, Jeffers gagal tampil mengesankan. Dari 39 laga di semua ajang, ia hanya bisa menciptakan 8 gol dan 3 assist. Bertahan 2 musim saja, pemain asal Inggris ini kemudian dipinjamkan lagi ke Everton, sebelum dilepas secara permanen ke Charlton.

Itulah lima pemain top yang pernah berseragam Everton dan Arsenal. Menurutmu, dalam pertandingan dini hari nanti, kira-kira siapa yang bakal menjadi pemenang?

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Gantikan Peran Alexandre Lacazette di Arsenal

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya