Comscore Tracker

5 Pemain Top MU yang Seharusnya Tak Dijual ke Klub Lain

Mereka justru lebih bersinar bersama klub barunya 

Sir Alex Ferguson bisa dibilang sebagai salah satu pelatih terbaik dalam sejarah Manchester United. Pasalnya, pria asal Skotlandia ini berhasil membawa Setan Merah menjadi klub yang sukses dengan memenangi berbagai gelar bergengsi. Namun, setelah Ferguson pensiun, Manchester United tak mampu meraih kesuksesan yang sama seperti dahulu.

Manchester United sendiri sejauh ini telah memiliki empat pelatih berbeda sejak Fergie pensiun. Akan tetapi, tidak ada satu pun nama yang mampu mempersembahkan gelar Premier League. Dalam prosesnya, Setan Merah juga membuat sejumlah keputusan yang keliru di bursa transfer.

Bahkan, mereka membiarkan beberapa nama top untuk meninggalkan Old Trafford. Berikut ini lima pemain ternama yang seharusnya tidak dilepas Manchester United:

1. Wilfried Zaha

5 Pemain Top MU yang Seharusnya Tak Dijual ke Klub LainWilfried Zaha (skysports.com)

Wilfried Zaha adalah rekrutan terakhir Fergie di Old Trafford sebelum akhirnya pensiun. Pemain asal Pantai Gading ini didatangkan dari Crystal Palace pada Januari 2013. Belum sempat dimainkan, ia langsung dipinjamkan lagi ke klub tersebut hingga akhir musim. Pada musim berikutnya, posisi Sir Alex Ferguson digantikan David Moyes.

Di bawah asuhan Moyes, Zaha sangat kesulitan untuk mendapatkan kesempatan bermain secara reguler. Alhasil, sang pemain memilih hengkang ke Cardiff City dan Crystal Palace. Kini Zaha menjadi tokoh kunci dalam permainan Crystal Palace.

2. Ander Herrera

5 Pemain Top MU yang Seharusnya Tak Dijual ke Klub LainAnder Herrera (skysports.com)

Ander Herrera direkrut Setan Merah pada musim panas 2014. Pemain asal Spanyol ini langsung menjadi andalan di lini tengah Manchester United saat itu. Selama membela klub tersebut, ia sukses menciptakan 20 gol serta 27 assist dari 189 pertandingan di semua kompetisi.

Kontribusinya yang cukup besar itu membuat Herrera dicintai para penggemar Manchester United. Namun, hal sebaliknya justru didapatkan sang pemain dari pihak klub. Setan Merah memilih untuk tidak memperpanjang kontraknya yang habis pada 2019. Herrera kemudian bergabung dengan Paris Saint-Germain dengan status bebas transfer. Pada 2021/2022 ini, ia tampil sangat baik di lini tengah dengan menciptakan 3 gol dan 2 assist dari 12 laga di Ligue 1.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United yang Dibeli dari Leeds United

3. Daley Blind

5 Pemain Top MU yang Seharusnya Tak Dijual ke Klub LainDaley Blind (teamtalk.com)

Daley Blind bergabung dengan Manchester United pada 2014. Ketika itu, pemain asal Belanda ini direkrut dari Ajax Amsterdam dengan biaya senilai 17,5 juta euro atau setara Rp304 miliar. Di bawah asuhan Louis van Gaal, Blind menjadi sosok kunci di lini pertahanan.

Namun, setelah posisi pelatih berganti ke tangan Jose Mourinho, Blind tak lagi masuk dalam pemain reguler Manchester United. Alhasil, sang pemain memilih untuk kembali lagi ke Ajax pada 2018. Meski usianya sudah tak lagi muda, Blind tetap menjadi pemain penting untuk Ajax saat ini.

4. Memphis Depay

5 Pemain Top MU yang Seharusnya Tak Dijual ke Klub LainMemphis Depay (planetfootball.com)

Memphis Depay didatangkan Setan Merah dari PSV Eindhoven pada musim panas 2015. Ia saat itu berstatus sebagai salah satu penyerang terbaik di kompetisi Belanda. Sayangnya, Depay gagal beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Selama berseragam Manchester United, sang pemain hanya mampu mencetak 7 gol dan 6 assist dari 54 laga.

Hanya bertahan dua musim, Depay lalu dijual murah ke Olympique Lyon. Siapa sangka, ia kembali menemukan performa terbaiknya bersama klub Prancis tersebut. Kini Depay menjadi salah satu sosok penting dalam skuad Barcelona.

5. Romelu Lukaku

5 Pemain Top MU yang Seharusnya Tak Dijual ke Klub LainRomelu Lukaku (skysports.com)

Setelah tampil apik bersama Everton, Romelu Lukaku dibeli Manchester United pada 2017. Pada era Jose Mourinho, pria asal Belgia itu selalu menjadi andalan di lini depan. Namun, kontribusi gol sang pemain tak terlalu istimewa. Lukaku bahkan kerap dikambinghitamkan atas penampilan buruk Manchester United.

Karena tak kunjung tampil apik, ia dijual ke Inter Milan pada musim panas 2019. Bersama klub Italia tersebut, karier Lukaku kembali meningkat dan sukses menciptakan banyak gol. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika Chelsea rela mengeluarkan biaya senilai Rp2 triliun pada musim panas tahun ini.

Itulah lima pemain top Manchester United yang seharusnya tak dijual. Jika bisa memaksimalkan potensi mereka, bukan tidak mungkin Setan Merah bakal meraih gelar Premier League. Musim ini menjadi tahun kedelapan secara berturut-turut Manchester United puasa trofi Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Manchester United dengan Gaji Tertinggi

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya