Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Pergi di Bawah Kepemimpinan Klopp

Mulai dari Nuri Sahin hingga Robert Lewandowski 

Jurgen Klopp memang sudah tak diragukan lagi sebagai salah satu pelatih terbaik di dunia saat ini. Pria asal Jerman tersebut tercatat sudah pernah melatih beberapa tim elite di kompetisi Eropa seperti FSV Mainz, Borussia Dortmund, hingga Liverpool. Kariernya semakin meningkat bersama klub terakhir karena sukses meraih banyak sekali gelar juara.

Keberhasilan Klopp sejauh ini tentu saja tidak terlepas dari peran para pemain bintangnya. Terlepas dari itu, Jurgen Klopp juga dikenal sebagai sosok pelatih yang sangat sering melepas pemain bintangnya.

Setidaknya ada beberapa nama top yang diizinkan Jurgen Klopp untuk pindah ke klub lain. Siapa saja para pemain itu? Berikut ulasannya!

1. Nuri Sahin (Borussia Dortmund ke Real Madrid) 

5 Pemain Top yang Pergi di Bawah Kepemimpinan Klopppotret Nuri Sahin (bvb.de)

Nama Nuri Sahin pertama kali dikenal karena performa impresif bersama Borussia Dortmund. Ia bahkan membantu tim memenangi gelar Bundesliga pada musim 2010/2011. Penampilan ciamik sang pemain tentu saja tidak terlepas dari sosok Jurgen klopp yang melatihnya saat itu. Akan tetapi, pemain asal Turki ini justru dilepas oleh Klopp ke Real Madrid pada musim panas tahun 2011.

Sahin saat itu pindah karena Los Blancos mengaktifkan klausul pelepasan sang pemain. Sayangnya, Sahin gagal total selama waktunya di Santiago Bernabeu. Sahin juga sempat dipinjamkan ke Liverpool dan Dortmund. Namun, sang gelandang tak bisa menemukan lagi sentuhan terbaiknya. Kini pria berusia 33 tahun itu membela klub asal Turki, yakni Antalyaspor.

2. Georginio Wijnaldum (Liverpool ke Paris Saint-Germain) 

5 Pemain Top yang Pergi di Bawah Kepemimpinan Klopppotret Georginio Wijnaldum (thisisanfield.com)

Georginio Wijnaldum adalah salah satu pemain kunci Liverpool sejak tahun 2016. Ia saat itu didatangkan oleh The Reds dari Newcastle United dengan nominal 27,5 juta euro atau setara Rp450 miliar. Setelah tampil menjanjikan di Anfield, pemain asal Belanda itu justru memilih hengkang ke Paris Saint-Germain pada musim panas tahun ini.

Wijnaldum hengkang ke Paris dengan status bebas transfer karena kontraknya bersama Liverpool telah berakhir. Walau usianya sudah tak lagi muda, 30 tahun, ia diharapkan bisa membawa PSG tampil apik, khususnya di kompetisi Eropa.

Baca Juga: 5 Pemain yang Seharusnya Tak Dilepas Liverpool di Era Jurgen Klopp

3. Mario Gotze (Borussia Dortmund ke Bayern Munchen) 

5 Pemain Top yang Pergi di Bawah Kepemimpinan Klopppotret Mario Gotze (bvb.de)

Mario Gotze merupakan salah satu lulusan terbaik dari akademi Borussia Dortmund. Ia mendapatkan kesempatan untuk promosi ke tim utama pada tahun 2010. Namun, pada tahun 2013, Klopp secara ikhlas membiarkan pemain asal Jerman ini hengkang ke klub rival, Bayern Munchen.

Awalnya Gotze tampil apik bersama Die Roten. Tapi, secara perlahan ia mulai kehilangan posisi inti di skuad utama. Karena gagal memenuhi ekspektasi, ia akhirnya kembali lagi ke Dortmund pada 2016. Kini pemain berusia 29 tahun itu membela PSV Eindhoven.

4. Philippe Coutinho (Liverpool ke Barcelona) 

5 Pemain Top yang Pergi di Bawah Kepemimpinan Klopppotret Philippe Coutinho (twitter.com/lfc)

Jurgen Klopp sempat membuat banyak pendukung Liverpool kecewa karena melepas Philippe Coutinho ke Barcelona pada Januari 2018. Walau dijual dengan harga yang sangat mahal, tapi kehilangan pemain asal Brasil itu jelas menjadi hal yang cukup mengejutkan bagi Liverpool. Pasalnya, ia saat itu dijual dalam performa terbaiknya di Anfield.

Meski demikian, Klopp berhasil menggunakan uang penjualan Coutinho dengan sangat bijak. Pelatih asal Jerman itu kemudian mendatangkan Virgil van Dijk dan sejumlah nama lainnya yang mampu membuat Liverpool tampil lebih menjanjikan lagi.

5. Robert Lewandowski (Borussia Dortmund ke Bayern Munchen) 

5 Pemain Top yang Pergi di Bawah Kepemimpinan Klopppotret Robert Lewandowski (bvb.de)

Nama Robert Lewandowski mulai dikenal penggemar sepak bola Eropa setelah tampil apik bersama Borussia Dortmund. Di bawah asuhan Jurgen Klopp saat itu, ia seakan tak pernah berhenti mencetak gol. Sayangnya, Klopp gagal mempertahankan penyerang andalannya itu. Lewy pun memilih melanjutkan karier bersama Bayern Munchen sejak tahun 2014.

Ketika itu, pemain asal Polandia ini bergabung dengan status bebas transfer. Karier Lewandowski sendiri semakin menjanjikan bersama Die Roten dan sukses memenangi banyak sekali gelar juara. Kini pria berusia 33 tahun itu dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik di dunia karena kontribusi golnya yang luar biasa untuk Bayern Munchen.

Itulah lima pemain bintang yang sempat dilepas Jurgen Klopp ke klub lain selama menjabat sebagai pelatih. Walau sempat kehilangan beberapa pemain bintang, buktinya pelatih asal Jerman itu tetap mampu membuat klub yang ditanganinya tampil menjanjikan sepanjang musim.

Baca Juga: 5 Pemain Terbaik Liverpool di Era Jurgen Klopp, Tak Hanya Salah

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya