Comscore Tracker

5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!

Usia menjadi faktor utama

Setiap pemain sepak bola tentu memiliki masa-masa terbaiknya dalam berkarier. Ada yang berada di puncak kariernya saat berusia masih sangat muda, ada juga yang berada di masa keemasan saat berusia cukup matang. Semua itu tergantung dari kualitas pemain masing-masing.

Terkadang ketika umur sudah memasuki 30 tahun, para pemain mulai menurun secara kualitas. Hal tersebut juga membuat mereka kehilangan banyak menit bermain dan melewati masa keemasannya. Berikut ini 5 pemain top yang tampaknya sudah melewati masa jayanya.

Baca Juga: 10 Potret Pesepakbola Dunia Cesc Fabregas Bersama Keluarga Kecilnya

1. Cesc Fabregas – AS Monaco

5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!goal.com

Sejak pergantian abad, Spanyol telah melahirkan begitu banyak pemain hebat, salah satunya adalah Cesc Fabregas. Ia berhasil menobatkan dirinya sebagai salah satu gelandang tengah terbaik di Premier League pada masanya. Sejumlah tim elite pernah ia bela, seperti Arsenal, Barcelona, dan Chelsea.

Dalam urusan trofi, Fabregas tak perlu diragukan lagi. Pemain yang saat ini berusia 33 tahun itu sudah memenangi belasan trofi bergengsi, termasuk Piala Dunia pada tahun 2010. Dengan umur yang semakin tua, ia sepertinya sulit untuk kembali menemukan sentuhan terbaiknya. Kini, Fabregas bermain bersama AS Monaco di Ligue 1 Prancis.

2. Franck Ribery – Fiorentina

5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!beinsports.com

Puncak karier Franck Ribery selama menjadi pesepak bola bisa dibilang saat bermain untuk Bayern Munchen. Pasalnya, pemain asal Prancis itu berhasil memenangi begitu banyak trofi bersama raksasa asal Jerman tersebut.

Bahkan, pada tahun 2013, sang pemain berhasil mempersembahkan treble winner pertama untuk Bayern Munchen. Di tahun tersebut, ia juga berhasil masuk nominasi Ballon d’Or dan finis di urutan ketiga di bawah Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Ribery sendiri menghabiskan waktu selama 12 tahun di Munchen. Pemain yang dikenal memiliki kecepatan serta visi bermain yang baik itu sukses menciptakan lebih dari 120 assist di Bundesliga. Sejak bermain untuk Fiorentina, pemain yang berusia 37 tahun ini mengalami penurunan yang drastis dan hanya menciptakan 3 gol sejak tahun 2019 lalu.

3. Giorgio Chiellini – Juventus

5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!calciomercato.com

Dalam beberapa musim terakhir, Juventus menjadi raja di kompetisi Serie A. Semua itu tidak terlepas dari solidnya lini pertahanan Bianconeri. Salah satu pemain yang memberikan dampak signifikan di setiap musimnya adalah Giorgio Chiellini. Bek asal Italia itu sukses menjadi tembok yang kokoh bagi Juventus sejak pertama kali bergabung pada tahun 2005.

Namun, masalah cedera dan usia yang semakin tua membuat sang pemain mulai tersisihkan dari tim reguler di Juventus. Bahkan, Chiellini baru mencatatkan 15 pertandingan di semua kompetisi sejak musim lalu dan tampaknya ia sekarang sudah melewati masa jayanya.

4. Sergio Busquets – Barcelona

5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!goal.com

Ketika berbicara tentang gelandang bertahan, hanya sedikit yang bisa menyamai kemahiran dan ketenangan dari Sergio Busquets. Pemain lulusan akademi La Masia ini sudah memenangi segalanya bersama Barcelona. Tak hanya itu, ia juga memberikan dampak yang signifikan selama di Camp Nou. Meski saat ini usianya tidak lagi muda, 32 tahun, pemain asal Spanyol itu tetap menjadi andalan di lini tengah Blaugrana.

Namun, di musim ini, Busquets terlihat mengalami penurunan performa yang sangat jelas. Meskipun mencatatkan lebih dari 1100 menit di LaLiga, penampilan sang pemain belum maksimal. Sebagai gelandang bertahan, ia hanya melakukan satu intersep per pertandingan. Catatan tersebut tentu sangat mengecewakan bagi pemain sekelas Busquets.

5. Marcelo – Real Madrid

5 Pemain Top yang Sudah Melewati Masa Keemasan, Marcelo Salah Satunya!goal.com

Setelah sempat menjadi salah satu bek kiri terbaik di dunia, Marcelo sekarang hanya menghangatkan bangku cadangan di Real Madrid. Pemain asal Brasil itu bergabung dengan Real Madrid pada tahun 2007. Selama itu ia sudah memenangi segalanya bersama Los Blancos. Bahkan, sang pemain membentuk mitra duet yang sangat baik bersama Cristiano Ronaldo di sektor kiri.

Namun, pada musim 2019/2020, Marcelo mulai kehilangan tempat utamanya di tim reguler. Kehadiran Ferland Mendy membuat Marcelo hanya menjadi pilihan kedua pada musim tersebut. Kini, pemain berusia 32 tahun itu sepertinya kesulitan untuk kembali menemukan performa terbaiknya bersama Real Madrid.

 

Umur yang tidak lagi muda membuat mereka mengalami penurunan performa yang signifikan. Dengan sisa pertandingan di musim ini, mampukah mereka mendapatkan lebih banyak lagi kepercayaan untuk bermain?

Baca Juga: 10 Potret Bahagia Pemain Real Madrid Marcelo Bersama Keluarga Kecilnya

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya