Comscore Tracker

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Cesar Azpilicueta di Chelsea

Usia Azpilicueta tidak lagi muda saat ini 

Cesar Azpilicueta bergabung dengan Chelsea sejak 2012 lalu. Ketika itu, pemain asal Spanyol ini digaet dari klub Prancis, Marseille. Setelah datang ke Stamford Bridge, sang pemain langsung menjadi tulang punggung Chelsea. Ia mampu membawa klub asal London itu meraih banyak sekali gelar juara, seperti Premier League, Liga Champions, hingga Liga Europa.

Bahkan, Azpilicueta dipercayai menjadi kapten tim. Akan tetapi, usia pemain yang berposisi sebagai bek sayap itu saat ini sudah tidak lagi muda, yakni 32 tahun. Oleh karena itu, Chelsea tentu perlu mencari sosok pengganti yang sepadan untuk sang pemain. Berikut lima pemain yang bisa menggantikan peran Azpilicueta di Chelsea.

1. Reece James

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Cesar Azpilicueta di ChelseaReece James (twitter.com/reecejames_24)

Reece James adalah salah satu lulusan terbaik akademi The Blues. Sebelum promosi ke tim utama, sang pemain sempat dipinjamkan terlebih dulu ke Wigan selama satu musim. Ia masuk ke tim utama ketika klub dilatih oleh Frank Lampard pada 2019 lalu.

Sejauh ini, pemain berusia 21 tahun itu sudah tampil dalam 90 pertandingan di semua ajang bagi Chelsea. Dari seluruh laga itu, James mampu menciptakan 4 gol serta 11 assist. Jika mampu terus tampil apik, Chelsea tentu tidak perlu mencari pengganti lain untuk Azpilicueta.

2. Jules Kounde

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Cesar Azpilicueta di ChelseaJules Kounde (twitter.com/squawka)

Jules Kounde hampir saja bergabung dengan Chelsea pada bursa transfer musim panas tahun ini. Namun, Sevilla justru menaikkan harga sang pemain yang membuat Chelsea gagal mendapatkannya. Walau begitu, The Blues diyakini bakal kembali mencoba merekrut Kounde tahun depan.

Bek berusia 22 tahun ini memang sedang naik daun dalam beberapa tahun terakhir. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika ia disebut sebagai salah satu bek paling menjanjikan di Eropa saat ini. Sama seperti Azpilicueta, Kounde juga dapat bermain sebagai bek tengah maupun bek kanan. Itu artinya ia sangat cocok untuk skema permainan dari Thomas Tuchel.

Baca Juga: 11 Fakta Cesar Azpilicueta, Bek Spanyol yang Sukses Bersama Chelsea

3. Valentino Livramento

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Cesar Azpilicueta di ChelseaValentino Livramento (premierleague.com)

Valentino Livramento adalah pemain didikan asli akademi Chelsea. Ia bahkan sempat dinobatkan sebagai pemain terbaik akademi pada musim 2020/2021. Sayangnya, ia dilepas secara permanen ke Southampton pada musim panas tahun ini. Walau masih berusia 18 tahun, sang pemain nyatanya mampu menjadi sosok andalan di klub barunya itu.

Livramento sendiri pernah menyatakan bahwa dirinya tidak menutup kemungkinan bakal kembali ke Stamford Bridge pada masa depan. Pasalnya, The Blues memiliki klausul pembelian kembali yang dimasukkan ke dalam kontrak Livramento, yang mulai aktif pada 2023. Ketika itu, Azpilicueta akan berusia 33 tahun dan Livramento bisa menjadi sosok pengganti yang sempurna.

4. Trevoh Chalobah

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Cesar Azpilicueta di ChelseaTrevoh Chalobah (planetfootball.com)

Pemain lain yang dianggap bisa menggantikan peran Azpilicueta di Chelsea adalah Trevoh Chalobah. Setelah sempat dipinjamkan beberapa kali, bek berusia 22 tahun itu akhirnya bisa melakukan debut di Premier League musim ini. Lebih hebatnya lagi, ia langsung menciptakan gol di laga pertamanya bersama Chelsea.

Karena kualitasnya yang menjanjikan itu, Chalobah juga dipercayai untuk tampil di kompetisi Liga Champions dan Piala Super Eropa. Sejauh ini, ia selalu tampil apik ketika dipercayai Thomas Tuchel untuk bermain. Jika bisa memaksimalkan potensi Chalobah, Chelsea tentu akan hemat puluhan juta euro.

5. Nordi Mukiele

5 Pemain yang Bisa Menggantikan Peran Cesar Azpilicueta di ChelseaNordi Mukiele (blazetrends.com)

Nordi Mukiele merupakan salah satu bek sayap yang sangat menjanjikan di kompetisi Bundesliga dalam beberapa musim terakhir. Sejak pindah ke RB Leipzig, ia memainkan peran yang sangat penting untuk klub tersebut. Sejauh ini, sang pemain sudah membuat 117 pertandingan dan mencetak 8 gol serta 7 assist di semua kompetisi untuk Die Roten Bullen.

Berkat performa impresifnya, Mukiele berhasil masuk dalam skuad Tim Nasional Prancis dan melakukan debut pada awal September lalu. Jika mampu terus tampil menjanjikan, bukan tidak mungkin Mukiele akan direkrut Chelsea sebagai pengganti Azpilicueta di tahun depan.

Kira-kira, siapa yang cocok untuk menggantikan peran Cesar Azpilicueta di Chelsea? Adakah nama lain selain nama-nama di atas?

Baca Juga: Gacor, 6 Pemain Aktif Chelsea dengan Jumlah Gol Terbanyak Saat Ini

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya