5 Pertandingan Terbaik Lionel Messi di Liga Champions

Lionel Messi memberikan kontribusi nyata untuk Barcelona

Sudah lebih dari satu dekade Lionel Messi menampilkan permainan terbaiknya di ajang Liga Champions. Sejak debut pada tahun 2004, La Pulga telah mencetak lebih dari 100 gol ke gawang para lawannya. Tak mengherankan jika sang pemain menorehkan catatan yang sangat baik di kompetisi paling bergengsi di Eropa tersebut.

Selama kariernya di Liga Champions tersebut, Messi tentu memiliki momen-momen atau pertandingan terbaiknya. Pertandingan melawan tim mana saja yang menjadi pertandingan Messi di Liga Chamoions? Berikut ulasannya!

Baca Juga: 10 Top Skor Sepanjang Masa Barcelona, Lionel Messi Tak Terkejar!

1. Barcelona 7-1 Bayer Leverkusen (Maret 2012) 

5 Pertandingan Terbaik Lionel Messi di Liga Championstwitter.com/barcagalaxy

Musim 2011/2012 mungkin bisa dibilang tahun yang tidak masuk akal bagi pemain asal Argentina itu. Bagaimana tidak, ia berhasil menciptakan 73 gol dan 33 assist hanya dari 60 pertandingan di semua kompetisi. Catatan tersebut juga termasuk 14 gol dan 6 assist dari 11 laga di Liga Champions.

Pada musim tersebut, Messi berhasil mencatatkan diri sebagai pemain pertama yang mampu menciptakan 5 gol dalam 1 pertandingan di Liga Champions. Saat itu, Barcelona melawan sang tamu, Bayer Leverkusen pada leg kedua babak 16 besar di Camp Nou. Sayangnya, Blaugrana tidak meraih gelar Liga Champions di akhir musim tersebut karena kalah dari Chelsea di partai semifinal dengan agregat skor 3-2.

2. Barcelona 4-1 Arsenal (April 2010) 

5 Pertandingan Terbaik Lionel Messi di Liga Championsgoal.com

Sekitar dua tahun sebelum laga melawan Bayer Leverkusen, Messi juga tampil superior di ajang Liga Champions, tepatnya pada musim 2009/2010. Barcelona saat itu berhasil menghancurkan Arsenal dengan skor 4-1 di Camp Nou. Semua gol yang dicetak Barca dilesakkan oleh La Pulga pada menit ke-21, 37, 42, dan 88.

Awalnya, Arsenal unggul terlebih dahulu melalui tendangan Nicklas Bendtner pada menit ke-18. Namun, setelah itu Messi tampil kesetanan dan berhasil membalikkan kedudukan untuk kemenangan Barcelona.

3. Real Madrid 0-2 Barcelona (Mei 2011) 

5 Pertandingan Terbaik Lionel Messi di Liga Championsthesun.co.uk

Tak hanya di LaLiga, Messi juga menjadi momok yang menakutkan bagi Real Madrid di Liga Champions. Salah satu laga terbaik Messi saat menghadapi Los Blancos terjadi pada pertandingan leg pertama semifinal yang diselenggarakan di Santiago Bernabeu musim 2010/2011. Pemain yang identik dengan nomor punggung 10 itu berhasil mencetak 2 gol ke gawang Iker Casillas.

Messi berhasil membuka keunggulan pada menit ke-76 menggunakan kaki kirinya setelah berhasil memanfaatkan umpan dari Ibrahim Afellay. Pemain asal Argentina itu kemudian menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-87 setelah melakukan solo run dengan melewati beberapa pemain Real Madrid sebelum akhirnya memperdaya Casillas. Musim tersebut menjadi lebih istimewa karena Barca berhasil memenangi Liga Champions setelah mengalahkan Manchester United di final dengan skor 3-1.

4. Barcelona 3-0 Bayern Munchen (Mei 2015) 

5 Pertandingan Terbaik Lionel Messi di Liga Championstwitter.com/Squawka

Pertandingan semifinal leg pertama melawan Bayern Munchen menjadi salah satu laga terbaik Messi di ajang Liga Champions musim 2014/2015. Pemain asal Argentina itu mampu menjadi bintang pada laga tersebut dengan keberhasilannya mencetak 2 gol dan 1 assist dalam kemenangan 3-0. Salah satu gol Messi dicetak dengan mengelabui Jerome Boateng hingga terjatuh dan kemudian mencongkel bola melewati atas kepala Manuel Neuer.

Selain berhasil memenangi Liga Champions di akhir musim, Barcelona juga memastikan treble winner untuk kedua kalinya sepanjang sejarah. Kali ini di bawah asuhan Luis Enrique setelah sebelumnya dinakhodai oleh Pep Guardiola. Musim tersebut juga menandai trio MSN (Messi, Suarez, dan Neymar) sebagai ujung tombak yang mematikan.

5. Barcelona 3-1 Manchester United (Mei 2011) 

5 Pertandingan Terbaik Lionel Messi di Liga Championssquawka.com

Pada partai final Liga Champions musim 2010/2011, Barcelona harus menghadapi lawan kuat dari Inggris, yakni Manchester United. Laga tersebut sebenarnya sempat diprediksi akan berlangsung sengit. Namun, pada kenyataannya Barcelona lebih mendominasi pertandingan hingga akhirnya menang dengan skor yang cukup mencolok, 3-1.

Pemain yang berhasil merusak pertahanan Manchester United saat itu adalah Lionel Messi. Meski hanya mencetak 1 gol, peran Messi sangat mendominasi pada laga tersebut. Bahkan, setelah pertandingan berakhir, pelatih Manchester United, Sir Alex Ferguson, secara terang-terangan memuji aksi sang superstar tersebut. Tak mengherankan jika Messi meraih penghargaan Man of the Match pada laga itu.

Musim ini bisa menjadi akhir karier Lionel Messi bersama Barcelona. Sebab, kontraknya akan berakhir di penghujung musim dan sampai saat ini belum ada kejelasan tentang masa depannya di klub masa kecilnya itu.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Kontraknya Habis Tahun 2021, Ada Messi!

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya