5 Pesepak Bola Brasil dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang Sejarah

#IDNTimesSport Brasil selalu menghasilkan pemain hebat

Brasil sering kali melahirkan bakat-bakat hebat di dunia sepak bola setiap generasinya. Beberapa nama bahkan memiliki skill individu yang sangat baik. Hal tersebut membuat harga para pemain Brasil melambung cukup tinggi.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika sejumlah nama ditebus oleh klub elite Eropa dengan biaya yang sangat mahal. Berikut lima pemain Brasil dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah.

1. Neymar Jr – 222 juta Euro

5 Pesepak Bola Brasil dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang SejarahNeymar Jr. (eurosport.com)

Neymar Jr saat ini tidak hanya berstatus sebagai pemain Brasil termahal, tapi ia juga menyandang status sebagai pesepak bola termahal di dunia. Ia dibeli oleh Paris Saint-Germain dari Barcelona pada musim panas 2017 dengan biaya sebesar 222 juta Euro atau setara dengan Rp3,8 triliun.

Selama memperkuat PSG, sang pemain sudah menciptakan 87 gol dan 52 assist dari 116 pertandingan. Soal gelar juara, Neymar sudah mempersembahkan total sebelas trofi untuk para pendukung Paris Saint-Germain. Gelar Liga Champions menjadi satu-satunya yang belum pernah diraih oleh Neymar bersama PSG.

2. Philippe Coutinho – 135 juta Euro

5 Pesepak Bola Brasil dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang SejarahPhilippe Coutinho. (eurosport.com)

Penampilan menjanjikan dari Philippe Coutinho bersama Liverpool membuat Barcelona kepincut. Alhasil, gelandang asal Brasil itu digaet dengan biaya sebesar 135 juta Euro atau setara dengan Rp2,31 triliun pada musim dingin 2018.

Sayangnya, pemain berusia 29 tahun itu sejauh ini dianggap masih kesulitan untuk bisa menemukan penampilan terbaiknya di Camp Nou. Bahkan Coutinho sempat dipinjamkan selama satu tahun ke Bayern Munchen pada musim 2019/2020.

Musim lalu masalah cedera membuat mantan pemain Inter Milan itu kembali gagal unjuk gigi bersama Barcelona. Dari 90 pertandingan di semua kompetisi, ia baru menciptakan 23 gol dan 14 assist.

3. Arthur Melo – 72 juta Euro

5 Pesepak Bola Brasil dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang SejarahArthur Melo. (90min.com)

Pada bursa transfer musim panas tahun lalu, Juventus memilih untuk menukar Miralem Pjanic dengan Arthur Melo dari Barcelona. Meski tergolong sebagai pertukaran pemain, kedua klub itu sama-sama mengeluarkan biaya yang cukup banyak.

Juventus harus merogoh kocek sebesar 72 Euro atau setara dengan Rp1,23 triliun untuk mendapatkan gelandang asal Brasil tersebut. Di awal kedatangannya, Arthur diprediksi akan tampil bagus bersama Juventus mengingat kualitas dan umurnya yang masih muda.

Akan tetapi, ia justru kesulitan untuk bisa bermain reguler di bawah asuhan Andrea Pirlo. Musim lalu pemain berusia 24 tahun itu hanya tampil sebanyak 22 pertandingan di kompetisi Serie A.

Baca Juga: 5 Pemain Kelahiran Brasil yang Tampil di Piala Eropa 2020

4. Kaka – 67 juta Euro

5 Pesepak Bola Brasil dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang SejarahKaka. (skysports.com)

Real Madrid merekrut Kaka dari AC Milan pada bursa transfer musim panas 2009. Sang pemain ketika itu dibeli dengan biaya yang cukup besar, yaitu 67 juta Euro atau setara dengan Rp1,14 triliun.

Pemain asal Brasil ini saat itu didatangkan berbarengan bersama Cristiano Ronaldo, yang digaet dari Manchester United. Ketika CR7 tampil cemerlang bersama Los Blancos, Kaka justru kesulitan untuk bisa menemukan performa terbaiknya.

Masalah cedera semakin menghambat karier Kaka di Santiago Bernabeu. Selama 4 musim berseragam Real Madrid, ia hanya mampu mencetak 29 gol dan 39 assist dari 120 pertandingan.

5. Alisson Becker – 62,5 juta Euro

5 Pesepak Bola Brasil dengan Nilai Transfer Termahal Sepanjang SejarahAlisson Becker. (skysports.com)

Untuk bisa mendatangkan Alisson Becker, Liverpool harus mengeluarkan biaya sebesar 62,5 juta Euro atau setara dengan Rp1,07 triliun. Kiper asal Brasil ini dibeli dari AS Roma pada bursa transfer musim panas 2018.

Nominal tersebut sempat membuat sang kiper menjadi penjaga gawang termahal di dunia, sebelum akhirnya dilewati oleh Kepa Arrizabalaga. Dibeli dengan harga yang cukup mahal, Alisson berhasil membuktikan bahwa dirinya memang layak dihargai tinggi.

Selama memperkuat Liverpool, ia sudah menciptakan 59 clean sheet dari 130 pertandingan di berbagai ajang. Kiper berusia 28 tahun itu juga turut mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi, seperti trofi Liga Champions, Premier League, hingga Piala Dunia Antarklub untuk Liverpool.

 

Itulah lima pemain Brasil dengan nilai transfer termahal sepanjang sejarah. Apakah akan ada rekor baru yang bakal tercipta pada bursa transfer musim panas tahun ini?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Merupakan Alumni Skuad Brasil di Olimpiade 2016

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

Berita Terkini Lainnya