Comscore Tracker

6 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Selama Dinakhodai Pep Guardiola

Dari Lionel Messi hingga Robert Lewandowski

Kualitas Pep Guardiola sebagai juru racik sebuah tim tentu tak perlu diragukan lagi. Pelatih asal Spanyol ini telah menangani beberapa tim elite Eropa dan berhasil mempersembahkan sejumlah gelar bergengsi. Klub-klub seperti Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City telah merasakan kejayaan selama ditangani oleh pelatih berusia 50 tahun tersebut.

Selama menakhodai tim-tim tersebut, Guardiola tentu memiliki sejumlah pemain andalan yang sukses menciptakan banyak gol. Dari Messi hingga Lewandowski, berikut ini 6 pemain yang menciptakan gol terbanyak selama ditangani Guardiola.

Baca Juga: 6 Pencetak Gol Terbanyak Manchester City Saat Ditangani Pep Guardiola

1. Lionel Messi – 211 Gol

6 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Selama Dinakhodai Pep Guardiola90min.com

Pep Guardiola memulai karier profesionalnya sebagai pelatih dengan menukangi Barcelona. Selama 4 musim menangani raksasa Spanyol itu, ia sukses memenangi 14 trofi, termasuk treble winner di musim debutnya. Keberhasilan tersebut tentu tidak terlepas dari kontribusi yang ditunjukkan oleh Lionel Messi.

Pasalnya, megabintang asal Argentina itu mampu tampil superior sepanjang dinakhodai Guardiola. Pemain yang saat ini berusia 33 tahun itu berhasil menciptakan 211 gol dan 91 assist dari 219 pertandingan di semua kompetisi.

2. Sergio Aguero – 120 Gol

6 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Selama Dinakhodai Pep Guardiolastraitstimes.com

Musim ini menjadi tahun kelima Aguero bekerja sama dengan Guardiola di Manchester City. Meski mulai menurun produktivitas golnya, ia tetap dipercayai tampil jika berada di kondisi baik. Saat ini, pemain asal Argentina itu masih fokus dalam penyembuhan cedera.

Selama ditangani Guardiola, Aguero sukses menciptakan 120 gol dan 28 assist dari 171 pertandingan di 6 ajang berbeda. Sementara di musim ini, ia baru menciptakan 2 gol dari 9 laga. Dengan usia yang tidak lagi muda, musim ini sepertinya akan menjadi tahun terakhir Aguero bekerja sama dengan Guardiola di Manchester City. Pasalnya, kontrak sang pemain akan berakhir di penghujung musim ini.

3. Raheem Sterling – 97 Gol

6 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Selama Dinakhodai Pep Guardiolagoal.com

Raheem Sterling bisa dibilang sebagai pemain yang tak tergantikan perannya di lini depan City selama ditangani Guardiola. Pemain asal Inggris itu selalu tampil lebih dari 40 pertandingan di setiap musimnya. Tak mengherankan jika ia mengalami kenaikan banderol yang signifikan.

Sejauh ini, Sterling telah menciptakan 97 gol dan 73 assist dari 222 pertandingan di bawah nakhoda Guardiola. Catatan tersebut sangat berpeluang bertambah mengingat sang pemain tetap menjadi andalan musim ini.

4. Thomas Muller – 79 Gol

6 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Selama Dinakhodai Pep Guardiolagoal.com

Sepanjang karier profesionalnya, Thomas Muller hanya bermain dengan Bayern Munchen. Meski Munchen sering bergonta-ganti pelatih, pemain yang saat ini berusia 31 tahun itu selalu mendapatkan tempat tersendiri di tim reguler. Saat ditangani Guardiola, pemain asal Jerman ini sukses mengeluarkan kemampuan terbaiknya.

Ia berhasil menciptakan 79 gol dan 46 assist dari 148 pertandingan selama 3 musim. Bahkan, Muller juga sempat menjadi top skor di DFB Pokal pada musim debut Guardiola di Jerman. Kini, ia semakin matang dan menjadi pemain yang tak tergantikan posisinya di bawah asuhan Hansi Flick.

5. Gabriel Jesus – 73 Gol

6 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Selama Dinakhodai Pep Guardiolagoal.com

Gabriel Jesus didatangkan Guardiola di Manchester City pada musim panas 2017. Penyerang asal Brasil itu diboyong dari klub Brasil, Palmeiras, dengan biaya 32 juta euro. Meski usianya masih sangat muda saat itu, sang pemain berhasil menunjukkan kualitasnya di lini depan Manchester City.

Alhasil, ia selalu dipercayai untuk tampil hampir di setiap pertandingan. Sejauh ini, Jesus sudah membukukan 73 gol dan 31 assist dari 169 pertandingan di semua ajang. Dengan umur yang masih cukup muda, 23 tahun, ia besar kemungkinan tetap akan menjadi andalan Guardiola dalam beberapa tahun mendatang.

6. Robert Lewandowski – 67 Gol

6 Pemain dengan Torehan Gol Terbanyak Selama Dinakhodai Pep Guardiolafcbayern.com

Robert Lewandowski bergabung dengan Bayern Munchen saat tim masih dinakhodai Guardiola. Pemain asal Polandia itu didatangkan oleh Bayern Munchen dengan gratis setelah tak menemui kesepakatan kontrak baru bersama Borussia Dortmund. Meski hanya ditangani Guardiola selama 2 musim, ia sukses memberikan penampilan terbaiknya.

Lewandowski berhasil menciptakan 67 gol dan 19 assist dari 100 pertandingan di semua ajang. Bahkan, di musim terakhir Guardiola melatih Bayern Munchen, ia mampu membukukan 30 gol dan 5 assist dari 32 laga di Bundesliga. Saat ini, penyerang berusia 32 tahun itu semakin mengilap penampilannya di tangan Hansi Flick.

 

Itulah enam pemain dengan catatan gol terbanyak selama ditangani Pep Guardiola. Selama menakhodai Barcelona, Bayern Munchen, dan Manchester City, pelatih Spanyol itu selalu sukses memenangkan gelar domestik. Dari nama-nama di atas, siapa pemain favoritmu?

Baca Juga: 10 Pemain Polandia dengan Banderol Termahal Saat Ini, Lewandowski?

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya