Comscore Tracker

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? 

Hampir semua pemain menjadi andalan Wenger 

Tak diragukan lagi, Arsene Wenger merupakan salah satu pelatih terbaik di dunia. Sepanjang kariernya melatih, Arsenal menjadi klub terlama yang ditanganinya, yakni 22 tahun. Berbagai trofi domestik pun berhasil Wenger persembahkan bagi pendukung Arsenal.

Meski terkenal sebagai sosok yang jarang menghambur-hamburkan uang, bukan berarti pria asal Prancis itu tidak pernah mengeluarkan uang besar untuk memboyong pemain. Faktanya, ia beberapa kali mendatangkan pemain dengan harga mahal ke Stadion Emirates. Berikut ini 8 pemain termahal yang pernah didatangkan Wenger saat membesut Arsenal.

Baca Juga: 10 Rekrutan Terbaik Arsene Wenger Selama di Arsenal, Siapa Saja?

1. Pierre-Emerick Aubameyang (63,75 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? Twitter/barcacentre

Pierre-Emerick Aubameyang didatangkan Wenger ke Inggris pada hari terakhir bursa transfer musim dingin 2018. Ia dibeli dari Borussia Dortmund dengan biaya 63,75 juta euro. Nilai tersebut sempat menjadikannya sebagai rekrutan termahal Arsenal.

Meski terbilang cukup mahal, kualitas pemain asal Gabon itu menjanjikan di lini depan Arsenal. Aubameyang masih menjadi andalan lini depan Arsenal sampai saat ini.

2. Alexandre Lacazette (53 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? skysports.com

Sebelum mendatangkan Aubameyang, Wenger terlebih dahulu membeli penyerang Lyon, yakni Alexandre Lacazette pada musim panas 2017. Ia diboyong dengan harga 53 juta euro dan diikat kontrak selama lima musim.

Di awal kedatangannya, ia bermain cukup baik. Namun, seiring berjalannya waktu, Lacazette mulai kesulitan untuk menemukan permainan terbaiknya bersama Arsenal.

3. Mesut Ozil (47 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? arsenal.com

Mesut Ozil dibeli oleh Wenger dari raksasa Spanyol, Real Madrid, dengan biaya 47 juta euro pada musim panas 2013. Nilai itu juga sempat menjadikan pemain berdarah Turki ini sebagai pembelian termahal Arsenal sepanjang sejarah. Ia merupakan pemain andalan Wenger di lini tengah Arsenal.

Namun, semua cerita berubah ketika Arsenal sudah tidak lagi ditangani Wenger. Ozil mulai tak terpakai dan tersisihkan dari skuat utama Arsenal hingga saat ini.

4. Granit Xhaka (45 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? Instagram/granitxhaka

Sejak tiba pertama kali di Arsenal, Granit Xhaka menyegel satu posisi di lini tengah. Perannya hampir tak tergantikan di setiap musim. Namun, ketika Wenger digantikan oleh Unai Emery, ia sempat kehilangan kepercayaan diri dan tersisihkan dari tim utama.

Ketika Arsenal ditangani Mikel Arteta, Xhaka kembali menemukan jati dirinya. Pemain asal Swiss itu dibeli oleh Wenger dari Borussia Monchengladbach dengan biaya 45 juta euro.

Baca Juga: Termasuk Mesut Ozil, Ini 5 Pemain yang Kariernya Meredup di Arsenal 

5. Alexis Sanchez (42,5 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? arsenal.com

Alexis Sanchez diboyong Wenger dari Barcelona pada musim panas 2014 dengan biaya 42,5 juta euro. Ketergantungan Arsenal kepada sang pemain membuatnya menjadi andalan di lini depan.

Setelah 4 musim lebih berseragam Arsenal, ia memilih untuk hengkang ke tim Premier League lain, yakni Manchester United. Sanchez memilih bergabung dengan United karena tidak menemui kata sepakat soal gaji yang diinginkannya.

6. Shkodran Mustafi (41 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? arsenal.com

Shkodran Mustafi merupakan bek termahal yang pernah dibeli Arsenal sejauh ini. Ia digaet dari Valencia pada musim panas 2016 dengan biaya 41 juta euro. Di bawah kepemimpinan Wenger, ia merupakan pemain andalan di lini belakang.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, permainannya Mustafi mulai inkonsisten dan sering kali melakukan blunder yang membuat Arsenal kehilangan banyak poin.

7. Henrikh Mkhitaryan (34 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? premierleague.com

Bergabungnya Sanchez ke Manchester United menjadikan Henrikh Mkhitaryan sebagai tumbalnya. Pemain asal Armenia itu didatangkan dengan biaya 34 juta euro pada musim dingin 2018.

Sayang, penampilan sang pemain naik turun dan membuatnya dipinjamkan ke AS Roma pada musim panas 2019. Mkhitaryan hanya mencatatkan 59 pertandingan dan mencetak 9 gol dan 13 assist bersama Arsenal.

8. Calum Chambers (20,23 Juta Euro)

8 Pembelian Termahal Arsene Wenger di Arsenal, Siapa Teratas? tribuna.com

Sejak awal kedatangannya di Arsenal, Calum Chambers tidak pernah menjadi pemain andalan di lini pertahanan Arsenal. Ia hanya menjadi pemain pelapis atau ban serep yang dimainkan ketika hanya dibutuhkan. Beberapa kali juga ia sempat dipinjamkan ke Middlesbrough dan Fulham. Chambers sendiri didatangkan Wenger pada musim panas 2014 dari Southampton dengan biaya 20,23 juta euro.

Di sepak bola modern, pembelian Wenger bisa dibilang tidak terlalu mahal. Meskipun demikian, kualitas para pemain tersebut tak bisa dipandang remeh. Sejumlah pemain masih membela Arsenal sampai saat ini. Dari kedelapan pemain itu, pembelian siapa yang tergolong sukses?

Baca Juga: 10 Pemain Arsenal dengan Torehan Gol Terbanyak di Premier League 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya