Comscore Tracker

5 Alasan Barcelona Harus Mengganti Ronald Koeman dengan Pelatih Baru

Barca tampil cukup mengecewakan di bawah Koeman

Di bawah Ronald Koeman, Barcelona bisa dibilang tampil cukup mengecewakan sejauh ini. Bahkan, tagar #KoemanOUT sempat menggema di media sosial dalam beberapa hari lalu. Semua itu tidak terlepas dari serangkaian hasil buruk yang didapatkan Barcelona di sejumlah pertandingan terakhir.

Akibatnya, Barcelona saat ini hanya tertahan di posisi kedelapan kompetisi LaLiga. Meski masih awal kompetisi, hal tersebut tentu saja sangat mengecewakan bagi tim sekelas Barcelona. Karena performa yang mengecewakan itu, banyak yang menilai Barcelona seharusnya memecat pelatih asal Belanda itu. Berikut ini lima alasan Barcelona harus mengganti Ronald Koeman.

1. Gaya permainan yang kurang cocok 

5 Alasan Barcelona Harus Mengganti Ronald Koeman dengan Pelatih BaruRonald Koeman (skysports.com)

Penunjukan Ronald Koeman sebagai pelatih utama Barcelona pada awalnya diharapkan bisa membuat tim tampil jauh lebih baik. Pelatih asal Belanda itu dituntut untuk dapat membawa Barcelona bermain atraktif. Akan tetapi, Barcelona justru tampil biasa-biasa saja di bawah kepemimpinannya.

Mentalitas untuk ingin selalu menang dalam sebuah pertandingan tak terlihat sama sekali. Semua itu dinilai karena gaya permainan Koeman yang kurang cocok dengan para pemain Barcelona.

2. Perlakuan yang buruk kepada para pemain 

5 Alasan Barcelona Harus Mengganti Ronald Koeman dengan Pelatih BaruRiqui Puig (planetfootball.com)

Selama menangani Barcelona, cara melatih Ronald Koeman memang menjadi perhatian yang sangat serius. Pasalnya, mantan pelatih tim nasional Belanda itu kerap kali memperlakukan para pemainnya dengan tidak cukup terhormat. Salah satu contohnya adalah melepas dua pemain bintang, yakni Luis Suarez dan Miralem Pjanic.

Padahal, kedua sosok itu merupakan pemain yang sangat berkualitas di atas lapangan. Selain itu, Riqui Puig juga nyaris tidak pernah diberi kesempatan untuk bermain. Hal tersebut tentu saja cukup mengejutkan mengingat Puig merupakan salah satu lulusan terbaik La Masia dalam beberapa musim terakhir.

Baca Juga: 5 Nama Potensial Pengganti Ronald Koeman jika Dipecat Barcelona

3. Koeman memiliki hubungan yang buruk dengan Joan Laporta 

5 Alasan Barcelona Harus Mengganti Ronald Koeman dengan Pelatih BaruJoan Laporta (skysports.com)

Hubungan Ronald Koeman dengan presiden Barcelona saat ini, Joan Laporta, dilaporkan sedang tidak terlalu baik. Kedua tokoh itu mengeluarkan pernyataan yang saling menyudutkan satu sama lain dalam beberapa pekan terakhir.

Semua itu berawal dari keinginan Laporta yang mempertimbangkan untuk menunjuk pelatih baru pada musim panas tahun ini. Mendengar hal tersebut, Koeman pun merasa tidak senang dan perang kata-kata langsung terjadi antara kedua sosok itu.

4. Banyak pelatih alternatif untuk Barcelona 

5 Alasan Barcelona Harus Mengganti Ronald Koeman dengan Pelatih BaruErik Ten Hag (skysports.com)

Apabila Barcelona memutuskan untuk mengakhiri kerja sama dengan Ronald Koeman dalam waktu dekat, manajemen tentu tidak akan kekurangan opsi untuk memilih pelatih baru. Faktanya, ada banyak pelatih yang lebih baik dan sesuai dengan filosofi klub. Salah satu nama yang cukup difavoritkan adalah pelatih Ajax Amsterdam, Erik Ten Hag.

Selama melakukan pekerjaan di Johan Cruyff Arena, pelatih berusia 51 tahun tersebut berhasil membuat Ajax tampil istimewa dalam beberapa tahun terakhir. Bahkan, Ajax sempat tampil spektakuler pada musim 2018/2019 saat tim mampu melaju hingga babak semifinal Liga Champions. Di samping itu, nama Xavi Hernandez juga dinilai sangat layak untuk menangani Barcelona.

5. Tak ada alasan lagi buat Barcelona mempertahankan Koeman 

5 Alasan Barcelona Harus Mengganti Ronald Koeman dengan Pelatih BaruRonald Koeman (eurosport.com)

Dengan hasil yang buruk dalam beberapa laga terakhir serta berselisih dengan beberapa pemain dan presiden, seharusnya sudah tidak ada alasan lagi buat Barcelona mempertahankan Ronald Koeman. Di bawah kepemimpinannya, klub asal Catalunya itu bisa dibilang berada dalam kekacauan yang cukup serius.

Ada lebih baiknya jika tim memutuskan memecat pelatih asal Belanda tersebut dan sesegera mungkin fokus membangun tim kembali. Skuad Barcelona sendiri musim ini sebenarnya cukup menjanjikan dengan diisi oleh deretan pemain muda berkualitas dan pemain veteran yang masih bisa bermain di puncak permainan. Kekurangannya adalah sosok pelatih yang tak bisa memaksimalkan bakat dari para pemain.

 

Apakah kamu setuju kalau Ronald Koeman dipecat dalam waktu dekat? SIapa favoritmu untuk menggantikan Koeman?

Baca Juga: Barcelona Semakin Terpuruk, Ronald Koeman Diusir Wasit

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya