Comscore Tracker

5 Alasan Kenapa Barcelona Harus Jual Lionel Messi Pada Januari 2021 

Messi hampir meninggalkan Barcelona pada musim panas ini 

Lionel Messi sempat diberitakan akan meninggalkan Barcelona pada musim panas ini. Namun kenyataannya, pemain asal Argentina itu mengurungkan niatnya dan masih memilih bertahan bersama Barcelona. Kontrak Messi sendiri akan berakhir di penghujung musim ini.

Itu artinya, jika Messi dan klub tak memiliki kesepakatan dalam kontrak baru, maka ia akan meninggalkan tim di akhir musim. Tentu saja, kehilangan Messi merupakan mimpi buruk bagi Barca. Namun, di sisi lain, klub asal Catalan itu harus memikirkan keberlangsungan tim yang tengah mengalami krisis finansial akibat pandemik. Salah satu opsinya adalah menjual Messi pada Januari tahun depan daripada kehilangannya secara gratis di akhir musim. Berikut ini 5 alasan kenapa Messi harus dijual saat bursa transfer musim dingin mendatang.

1. Menjual Messi akan membantu mengurangi tagihan gaji klub 

5 Alasan Kenapa Barcelona Harus Jual Lionel Messi Pada Januari 2021 marca.com

Messi merupakan salah satu pesepak bola terbaik sepanjang sejarah. Maka tak mengherankan ia memiliki gaji yang tinggi daripada pemain lain. Karena tidak adanya pemasukan dari tiket penonton, Barca akan mengalami kerugian tiap pekan. Terlebih lagi harus menanggung beban gaji Messi.

Bahkan kabarnya, tahun ini menjadi situasi finansial paling buruk yang dialami Barcelona. Messi sendiri mengantongi gaji tiap pekan sebesar 1,1 juta euro atau sekitar Rp19 miliar. Saat ini, Barcelona sudah memotong gaji para pemainnya, namun dengan menjual Messi tentu akan sedikit meringankan beban klub untuk masalah gaji.

2. Fokus membangun klub 

5 Alasan Kenapa Barcelona Harus Jual Lionel Messi Pada Januari 2021 Twitter/FCBarcelona

Sudah saatnya agar Barcelona tidak bergantung terus-menerus kepada sosok Messi. Saat sang superstar tersebut main buruk, jarang sekali Barca meraih kemenangan. Ketergantungan itu memberi banyak efek samping bagi klub sendiri.

Bahkan, kualitas pemain baru terkadang dilihat dari bagaimana kecocokannya dengan La Pulga di atas lapangan. Sebagai salah satu klub terbesar di dunia, Barcelona seharusnya tak membiarkan hal tersebut berjalan terlalu lama. Dengan keberanian Koeman melepas sosok Suarez, bukan tidak mungkin pelatih asal Belanda itu akan menjual Messi pada bursa transfer mendatang.

Baca Juga: Tak Hanya Messi dan Ronaldo, Ini Pesepak Bola Tua dengan Gaji Termahal

3. Akhiri budaya bintang di Barcelona 

5 Alasan Kenapa Barcelona Harus Jual Lionel Messi Pada Januari 2021 barcablaugranes.com

Nama besar Messi kabarnya memiliki kekuatan setara dengan klub. Tentu saja hal tersebut terdengar berlebihan. Karena pada dasarnya, lambang di dada lebih besar daripada nama di punggung. Sebab, sehebat apa pun pemain, tak akan bisa menyandingi kebesaran tim itu sendiri.

Di sisi lain, selama ini tanggung jawab tim dibebankan paling banyak ke Messi. Tim yang sehat semestinya tak begitu. Menjual Messi mungkin bisa menjadi langkah positif untuk membuat tim menjadi lebih baik.

4. Peluang terakhir untuk menjual Messi 

5 Alasan Kenapa Barcelona Harus Jual Lionel Messi Pada Januari 2021 football-addict.com

Alasan paling masuk akal menjual Messi di bursa transfer musim dingin mendatang adalah agar klub mendapatkan banyak uang. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ia akan bebas memilih klub di musim depan jika tak ada kesepakatan kontrak baru. Jika melihat situasi, Messi sepertinya tak akan menandatangani kontrak baru bersama Barca.

Karena itu, jendela transfer musim dingin menjadi kesempatan terakhir bagi Barca untuk menguangkan Messi. Dengan menjual bintang asal Argentina itu, Barcelona dapat mendatangkan satu atau dua pemain top ke Camp Nou.

5. Memberikan kesempatan pemain lain untuk berkembang 

5 Alasan Kenapa Barcelona Harus Jual Lionel Messi Pada Januari 2021 fcbarcelonanoticias.com

Alasan terakhir kenapa Barcelona harus segara menjual Messi karena bisa memberi kesempatan para pemain lain untuk berkembang. Bisa jadi, setelah perginya Messi, Griezmann atau Coutinho mungkin dapat tampil lebih dinamis dan cepat menemukan permainan terbaiknya.

Sebab, sejauh ini, kedua pemain tersebut tidak pernah benar-benar menjadi fokus permainan tim. Hal serupa juga dialami oleh Ousmane Dembele. Mantan pemain Borussia Dortmund ini masih kesulitan menemukan permainan terbaiknya bersama Barca. Dengan perginya Messi, mereka sangat mungkin mampu membuat perbedaan di dalam tim.

Dengan dijualnya Messi, tentu akan membuat Barcelona sedikit berbeda, baik secara kualitas permainan atau kekuatan tim. Namun, hal itu setidaknya harus dilakukan demi kebaikan Barcelona di masa mendatang. Setujukah kamu dengan kelima poin tersebut?

Baca Juga: Terancam Bangkrut, Barcelona Segera Pangkas Gaji Pemain Termasuk Messi

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya