5 Alasan Tim Nasional Kroasia Bisa Menjadi Juara di Piala Eropa 2020

Kroasia memiliki banyak sekali para gelandang mumpuni

Turnamen Piala Eropa 2020 akan dilaksanakan dalam hitungan hari lagi. Ajang yang mempertemukan negara-negara Eropa terbaik itu akan diselenggarakan pada 12 Juni hingga 12 Juli. Negara-negara besar seperti Spanyol, Inggris, Belgia, hingga Portugal mungkin saat ini menjadi tim yang paling difavoritkan untuk menjadi juara.

Akan tetapi, ada lagi satu negara yang tidak bisa dipandang sebelah mata, yaitu Kroasia. Walau belum pernah meraih trofi bergengsi di ajang internasional, Kroasia kerap kali memberikan kejutan. Buktinya, pada Piala Dunia 2018, Luka Modric dan kolega secara tidak terduga mampu mencapai partai final. Berikut ini lima alasan tim nasional Kroasia bisa menjadi juara pada ajang Piala Eropa 2020.

1. Tergabung dalam grup yang menguntungkan 

5 Alasan Tim Nasional Kroasia Bisa Menjadi Juara di Piala Eropa 2020Skuad tim nasional Kroasia. (dnaindia.com)

Pada edisi Piala Eropa 2020, tim nasional Kroasia tergabung dalam grup D. Tim asuhan Zlatko Dalic itu akan melawan Inggris, Republik Ceko, dan Skotlandia. Secara kualitas, Inggris dan Kroasia berpeluang cukup besar untuk lolos ke babak 16 besar. Jika mampu menjadi pemimpin klasemen, Kroasia akan melawan runner-up grup F.

Grup F sendiri diisi oleh Portugal, Prancis, Jerman dan Hungaria. Jika mampu mengalahkan perwakilan dari grup F di babak 16 besar, langkah Kroasia selanjutnya bisa dibilang akan semakin mudah karena sudah menyingkirkan salah satu kandidat kuat.

Baca Juga: 5 Pemain Kroasia yang Pernah Bermain di Premier League, Ada Modric

2. Kualitas dari Zlatko Dalic 

5 Alasan Tim Nasional Kroasia Bisa Menjadi Juara di Piala Eropa 2020Zlatko Dalic. (goal.com)

Sebelum melatih Kroasia, Zlatko Dalic hanyalah pelatih yang menangani klub-klub kecil. Ia pernah melatih tim asal Albania, Arab Saudi, hingga UEA. Sejak ditunjuk sebagai pelatih tim nasional Kroasia pada tahun 2017, pria berusia 54 tahun itu mampu membuat Kroasia menjadi negara yang sangat disegani.

Turnamen Piala Dunia 2018 menjadi bukti kehebatan Dalic dalam meracik strategi. Walau tidak menjadi juara pada saat itu, setidaknya Kroasia mampu membuat sejarah dengan bermain di partai final. Keberhasilan itu membuat Dalic bertahan di posisi pelatih tim nasional Kroasia sampai saat ini.

3. Sudah berpengalaman di turnamen internasional

5 Alasan Tim Nasional Kroasia Bisa Menjadi Juara di Piala Eropa 2020Skuad tim nasional Kroasia. (worldsoccer.com)

Tim nasional Kroasia perlahan-lahan memang menjadi kekuatan yang besar di Eropa. Pada Piala Dunia 1998, Kroasia berhasil menempati urutan ketiga. Prestasinya semakin membaik dengan menjadi runner-up pada Piala Dunia 2018 lalu. Pada ajang Piala Eropa, prestasi terbaik Kroasia hanya mampu mencapai babak perempat final di edisi 1996 dan 2008.

Walau belum pernah menjadi juara, pengalaman tim nasional Kroasia sudah banyak di pentas internasional. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika tim asuhan Zlatko Dalic itu saat ini menjadi salah satu unggulan di ajang Piala Eropa 2020. Bisa jadi sejarah baru bakal ditorehkan oleh Luka Modric dan kolega.

4. Diisi oleh banyak sekali gelandang mumpuni 

5 Alasan Tim Nasional Kroasia Bisa Menjadi Juara di Piala Eropa 2020Luka Modric. (eurosport.co.uk)

Tim nasional Kroasia saat ini diperkuat oleh banyak sekali gelandang hebat di lini tengah. Nama-nama seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Marcelo Brozovic, Mateo Kovacic, hingga Mario Pasalic menjadi gelandang yang sudah sangat berpengalaman di kompetisi top Eropa.

Dari lima nama tersebut, Modric menjadi pemain paling senior dan memiliki sederet prestasi. Bahkan, pada tahun 2018, gelandang milik Real Madrid itu berhasil meraih penghargaan Ballon d’Or sekaligus mematahkan dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo.

5. Generasi emas tim nasional Kroasia 

5 Alasan Tim Nasional Kroasia Bisa Menjadi Juara di Piala Eropa 2020Skuad tim nasional Kroasia. (worldsoccer.com)

Di ajang Piala Dunia 2018 lalu, skuad tim nasional Kroasia bisa dibilang sebagai generasi emas. Pasalnya, tim asuhan Zlatko Dalic saat itu secara tidak terduga mampu mencapai babak final. Kini beberapa nama masih dipercaya untuk memperkuat Kroasia di ajang Piala Eropa 2020.

Luka Modric, Dejan Lovren, Ivan Perisic, hingga Marcelo Brozovic diprediksi bakal kembali menjadi pemain kunci bagi Kroasia. Para pemain senior itu juga akan dikombinasikan oleh Dalic dengan talenta-talenta muda berbakat.

 

Dengan skuad yang ada saat ini, kira-kira, sejauh mana langkah tim nasional Kroasia dalam ajang Piala Eropa 2020?

Baca Juga: 6 Pemain Berkebangsaan Kroasia yang Pernah Membela Inter Milan

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya