10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggris

Hanya dua pemain yang masih aktif bermain

Seiring berkembangnya strategi, fungsi bek sayap pun sekarang ikut berkembang. Kini dalam sepak bola modern, bek kiri tidak hanya bertugas sebagai pencegah serangan lawan. Tetapi juga harus memiliki kemampuan untuk menyerang dan bertahan yang sama baiknya.

Liga Inggris misalnya, telah melahirkan beberapa bek sayap berkualitas dan mampu berkontribusi baik dengan memberikan banyak assist selama bermain di kompetisi tersebut. Berikut ini 10 bek sayap dengan assist terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris.

1. Leighton Baines (53 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggrisgoal.com

Selama berkarier di Liga Inggris, Baines telah bermain sebanyak 417 pertandingan. Ia melakukannya dengan Wigan dan Everton. Pencapaian terbaiknya yaitu pada musim 2010/2011, Baines berhasil membuat 11 assist dan menyamai torehan Andy Hinchcliffe pada musim 1994/1995 untuk The Toffees. Musim ini, Baines masih bermain untuk Everton dan kontraknya akan selesai pada akhir musim.

2. Graeme Le Saux (44 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggrisplanetfootball.com

Graeme Le Saux menjadi bagian penting dari Blackburn Rovers dalam memenangi gelar Liga Inggris pada musim 1994/1995. Selain Blackburn, pemain yang berposisi sebagai bek kiri ini juga pernah membela Chelsea dan Southampton. Bersama tiga klub tersebut, Le Saux bermain sebanyak 327 pertandingan di Liga Inggris.

3. Andy Hinchcliffe (36 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggrisdispensablesoccer.com

Hinchcliffe merupakan pemain akademi Manchester City. Kariernya melambung ketika dibeli oleh Everton. Delapan tahun membela Everton, ia berhasil mempersembahkan satu Piala FA dan satu gelar Charity Shield atau sekarang biasa disebut dengan Community Shield. Pemain yang berposisi sebagai bek kiri itu bermain sebanyak 219 pertandingan di Liga Inggris dan gantung sepatu setelah membela Sheffield Wednesday.

4. Ian Harte (36 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggristelegraph.co.uk

Ian Harte merupakan pemain berkebangsaan Irlandia yang lebih terkenal ketika membela Leeds United. Selama berkarier di Liga Inggris, ia juga membela Sunderland dan Reading. Ian Harte juga dikenal karena memiliki tendangan bola mati yang mematikan. Pemain yang memiliki tinggi 1,75 meter itu sukses mengemas 237 pertandingan di Liga Inggris.

5. Gary Neville (35 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggristelegraph.co.uk

Dianggap terlalu pendek untuk bermain sebagai bek tengah, Gary Neville menemukan dirinya di posisi bek sayap kanan. Ia menjadi andalan Manchester United dan menjadi tandem David Beckham di posisi sayap kanan. Bisa dibilang sejak pensiunnya Neville, United kesulitan untuk mencari pengganti yang sepadan.

Baca Juga: 9 Bek Tengah yang Jadi Incaran Arsenal pada Bursa Transfer Mendatang

6. Dan Petrescu (33 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggrisgoal.com

Karier Dan Petrescu melesat saat membela Chelsea. Ia berhasil mempersembahkan berbagai gelar termasuk Piala Winners UEFA pada musim 1997/1998. Selain Chelsea, pemain timnas Rumania ini juga membela Sheffield Wednesday, Bradford, dan Southampton di Liga Inggris dan total bermain sebanyak 215 pertandingan.

7. Gary Kelly (31 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggrisexpress.co.uk

Jika bicara tentang Leeds United, tampaknya kurang pas kalau tidak membahas Gary Kelly. Selama berkarier sebagai pemain sepak bola, ia hanya membela satu tim dan mengantarkan Leeds menjadi penantang serius Arsenal dan Manchester United di Liga Inggris. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan ini telah membuat 325 pertandingan di Liga Inggris dan menciptakan 31 assist.

8. Ashley Cole (31 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggrisgoal.com

Ashley Cole menjadi salah satu bek terbaik yang pernah dimiliki oleh Arsenal. Setelah meninggalkan The Gunners, penampilan Cole semakin meningkat bersama Chelsea. Ia berhasil meraih sederet piala termasuk gelar Liga Champions pada musim 2011/2012. Bersama Arsenal dan Chelsea, Cole telah bermain sebanyak 385 pertandingan di Liga Inggris.

9. John Arne Riise (30 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggristalksport.com

Sebelum mempunyai Andrew Robertson di posisi bek kiri, Liverpool telah memiliki pemain kidal yang sama baiknya di posisi tersebut, ia adalah John Arne Riise. Pemain berkebangsaan Norwegia itu dikenal dengan tendangannya yang sangat keras. Selain Liverpool, Riise juga pernah membela Fulham di Liga Inggris.

10. Cesar Azpilicueta (28 assist)

10 Bek Sayap dengan Assist Terbanyak Sepanjang Sejarah Liga Inggrisgoal.com

Didatangkan Chelsea dari klub Liga Prancis, Olympique Marseille pada tahun 2012, Azpilicueta langsung menjadi andalan klub di lini belakang. Pemain asal Spanyol itu hingga kini masih terus konsisten penampilannya dan menjabat sebagai kapten tim. Musim ini bersama Chelsea, Azpilicueta dilatih oleh rekan satu timnya dulu yaitu Frank Lampard.

Itu tadi 10 bek sayap dengan assist terbanyak di Liga Inggris. Kini hanya menyisakan Leighton Baines dan Cesar Azpilicueta yang masih aktif bermain.

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya