5 Bek Kiri Terbaik dalam Sejarah Manchester United, Sempat Solid!

Posisi sederet pemain ini jarang tergantikan di Old Trafford

Manchester United memilih meminjamkan Alex Telles ke Sevilla pada musim panas 2022 ini. Hal itu dilakukan Setan Merah karena surplus pemain di posisi bek sayap kiri.

Bicara soal bek kiri, Manchester United memang kerap memiliki pemain top di posisi tersebut. Salah satu nama yang sangat melegenda adalah Patrice Evra. Termasuk Evra, berikut merupakan kelima bek kiri terbaik dalam sejarah Setan Merah.

1. Denis Irwin 

5 Bek Kiri Terbaik dalam Sejarah Manchester United, Sempat Solid!Denis Irwin (twitter.com/ManUtd)

Pada era 90-an, Manchester United memiliki bek kiri yang luar biasa dalam diri Denis Irwin. Pemain asal Irlandia tersebut mengabdi untuk Setan Merah selama 12 musim. Ia mampu membukukan total 529 pertandingan di semua kompetisi.

Dalam prosesnya, irwin juga berhasil mempersembahkan 19 gelar juara untuk publik Old Trafford, termasuk 7 trofi Premier League. Selain andal di posisi bek kiri, Irwin juga sempat beberapa kali dimainkan Sir Alex Ferguson di posisi bek kanan.

2. Patrice Evra 

5 Bek Kiri Terbaik dalam Sejarah Manchester United, Sempat Solid!Patrice Evra (twitter.com/ManUtd)

Manchester United mendatangkan Patrice Evra dari AS Monaco pada Januari 2006. Awalnya, sang pemain mengalami kesulitan untuk beradaptasi dengan kultur sepak bola Inggris. Bahkan, ia menjalani debutnya dengan hanya mencatatkan 15 menit di atas lapangan sebelum digantikan oleh pemain lain pada babak pertama.

Walau merasa kesal, Evra tetap bersemangat. Seiring berjalannya waktu, penampilan pemain asal Prancis itu makin solid. Pada musim 2007/2008, ia berhasil menjadi salah satu pemain kunci Manchester United dalam meraih gelar Premier League dan Liga Champions.

Baca Juga: David De Gea Ngaku Jadi Biang Kerok Kekalahan Manchester United

3. Gabriel Heinze 

5 Bek Kiri Terbaik dalam Sejarah Manchester United, Sempat Solid!Gabriel Heinze (kanan) dalam pertandingan Manchester United melawan Everton. (twitter.com/ManUtd)

Gabriel Heinze direkrut Manchester United dari Paris Saint-Germain pada musim panas 2004. Pemain asal Argentina itu tidak butuh waktu lama untuk bisa menjadi pilihan utama Sir Alex Ferguson di jantung pertahanan. Bahkan, pada musim debutnya, ia langsung meraih penghargaan pemain terbaik Manchester United pilihan penggemar.

Sayangnya, pada akhirnya Heinze kerap menjadi cadangan karena kalah bersaing dari Patrice Evra. Lantaran makin minim kesempatan bermain, Heinze kemudian meminta dijual. Pada tahun 2007, Heinze resmi dilepas Manchester United ke raksasa Spanyol, Real Madrid.

4. Luke Shaw 

5 Bek Kiri Terbaik dalam Sejarah Manchester United, Sempat Solid!Luke Shaw (manutd.com)

Nama Luke Shaw pertama kali mencuat saat tampil mengesankan bersama Southampton. Ia bahkan sempat masuk ke dalam PFA Team Of The Year pada musim 2013/2014. Karena tertarik dengan kualitas yang dimiliki sang pemain, Manchester United mendatangkannya ke Old Trafford seharga 37,5 juta euro atau Rp565 miliar.

Untuk pemain yang saat itu masih berusia 18 tahun, nominal tersebut tergolong sangat besar. Shaw sendiri sempat mengalami cedera panjang saat membela Setan Merah. Namun, setelah momen itu, ia tumbuh lebih baik lagi di bawah asuhan Jose Mourinho dan Ole Gunnar Solskjær.

Shaw juga sempat menjadi pemain terbaik Manchester United pada musim 2018/2019 dan 2020/2021. Walau saat ini ada Tyrell Malacia, Shaw diyakini bakal tetap menjadi pilihan utama Erik ten Hag di posisi bek kiri.

5. Ashley Young 

5 Bek Kiri Terbaik dalam Sejarah Manchester United, Sempat Solid!Ashley Young (manutd.com)

Ashley Young tiba di Old Trafford pada tahun 2011. Kehadirannya saat itu berstatus sebagai winger yang tidak terlalu istimewa. Karena performanya sebagai winger pasang-surut, posisi Young kemudian diubah menjadi bek sayap kiri. Ia pertama kali main di posisi tersebut ketika Setan Merah dilatih Louis van Gaal.

Pada pengalaman pertamanya bermain sebagai bek kiri, saat Manchester United melawan Real Madrid, Young tampak nyaman. Terlebih, ia berhasil membukukan gol dalam laga tersebut. Berkat penampilannya yang konsisten, Young ditunjuk menjadi kapten Setan Merah sejak 2019. Selama 8,5 tahun membela Manchester United, Young berhasil mempersembahkan 6 gelar juara.

Sederet pemain di atas menjadi alasan mengapa Manchester United bergelimang prestasi pada masanya. Selain solid dalam bertahan, mereka juga berperan aktif dalam membantu penyerangan. 

Baca Juga: Awal Musim 2022/23, Manchester United Berlinang Rekor Buruk 

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya