Comscore Tracker

5 Bek Terbaik yang Berusia di Atas 30 Tahun, Van Dijk hingga Walker!

Soal pengalaman, lima pemain ini tak perlu diragukan lagi 

Bek merupakan sosok yang sangat penting dalam permainan sepak bola. Tugas bek tidak hanya menghalau serangan lawan, tetapi juga dituntut untuk membantu penyerangan, baik itu bek sayap maupun bek tengah. Uniknya, saat ini terdapat sejumlah bek yang berusia lebih dari 30 tahun, tetapi performanya masih sangat hebat.

Berkat kehadiran mereka, klub yang dibelanya memiliki pertahanan yang sangat solid. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika peran mereka tidak tergantikan dalam beberapa musim terakhir. Berikut ini lima bek terbaik yang berusia di atas 30 tahun.

1. Virgil van Dijk

5 Bek Terbaik yang Berusia di Atas 30 Tahun, Van Dijk hingga Walker!Virgil Van Dijk. (eurosport.com)

Virgil van Dijk bisa dibilang sebagai bek tengah terbaik di kompetisi Premier League. Pemain asal Belanda ini merupakan sosok kunci Liverpool dalam memenangi trofi Premier League dan Liga Champions dalam beberapa tahun terakhir. Ia dikenal memiliki kelebihan dalam duel bola udara dan tekel.

Dengan kelebihannya itu, sangat jarang ada pemain yang bisa melewatinya dalam duel satu lawan satu. Sayangnya, pemain berusia 30 tahun itu lebih banyak menghabiskan waktunya pada musim lalu untuk proses penyembuhan cedera. Akibatnya, Liverpool kerap tampil inkonsisten dan harus berjuang ekstra keras untuk bisa finis di posisi empat besar. Musim ini van Dijk diharapkan bisa memberikan performa terbaiknya dan membawa tim kembali meraih gelar juara.

2. Kalidou Koulibaly 

5 Bek Terbaik yang Berusia di Atas 30 Tahun, Van Dijk hingga Walker!Kalidou Koulibaly. (90min.com)

Kalidou Koulibaly telah menjadi pemain yang sangat menonjol untuk Napoli pada beberapa musim terakhir. Sejak tiba pada tahun 2014, pemain asal Senegal itu telah membuat hampir 300 pertandingan di semua kompetisi. Performanya yang sangat solid di lini pertahanan Napoli membuat ia diincar banyak sekali tim elite Eropa setiap jendela transfer dibuka.

Koulibaly diberkahi banyak sekali kelebihan, salah satunya adalah distribusi bola yang sangat baik. Selama berseragam Napoli, Koulibaly baru memenangi 2 gelar bergengsi, yaitu Piala Italia dan Piala Super Italia. Dengan usia yang sudah tidak lagi muda, ia tentu berharap bisa memberikan gelar juara lagi untuk timnya di musim ini.

Baca Juga: 10 Pemain Napoli dengan Gaji Tertinggi Musim Ini, Koulibaly Teratas!

3. Mats Hummels 

5 Bek Terbaik yang Berusia di Atas 30 Tahun, Van Dijk hingga Walker!Mats Hummels. (bvbbuzz.com)

Mats Hummels adalah salah satu bek yang sangat berpengalaman di kompetisi Bundesliga. Pesepak bola berusia 32 tahun itu sudah meraih banyak sekali gelar juara, baik di level klub maupun negara. Baru-baru ini ia kembali berseragam tim nasional Jerman setelah absen selama dua tahun.

Hummels sendiri dikenal karena kemahirannya dalam melakukan tekel dan clearance. Kontrak sang bek bersama Borussia Dortmund akan berakhir pada tahun 2022 mendatang. Itu artinya musim ini bisa menjadi tahun terakhir Hummels berseragam Dortmund. Dengan alasan tersebut, ia tentu akan memberikan performa yang maksimal pada musim ini.

4. Giorgio Chiellini 

5 Bek Terbaik yang Berusia di Atas 30 Tahun, Van Dijk hingga Walker!Giorgio Chiellini. (90min.com)

Giorgio Chiellini menjadi bek tertua dalam daftar ini dengan usia 37 tahun. Walau umurnya hampir kepala empat, bek kelahiran Pisa, Italia ini masih menunjukkan performa yang apik. Hal tersebut dapat dilihat ketika ia berhasil membawa tim nasional Italia juara pada turnamen Piala Eropa 2020.

Berkat performa apiknya itu, Chiellini mendapatkan tawaran kontrak baru dari Juventus. Kini ia akan tetap bertahan di Turin hingga tahun 2023. Musim ini ia tentu bertekad untuk bisa mengantarkan Juventus memenangi trofi Serie A, yang musim lalu diambil oleh Inter Milan.

5. Kyle Walker 

5 Bek Terbaik yang Berusia di Atas 30 Tahun, Van Dijk hingga Walker!Kyle Walker. (90min.com)

Kyle Walker merupakan salah satu bek kanan yang paling berpengalaman di kancah Premier League. Selama empat musim memperkuat Manchester City, pemain berusia 30 tahun ini telah membuat hampir 200 pertandingan di semua ajang. Ia juga turut mempersembahkan tiga gelar Premier League.

Mantan pemain Tottenham Hotspur ini adalah salah satu pemain Inggris yang paling menonjol perannya di Piala Eropa 2020. Selain bisa bermain di posisi bek sayap, Walker juga bisa ditempatkan di posisi bek tengah.

 

Nah, itulah lima bek terbaik yang saat ini berusia di atas 30 tahun. Dari nama-nama tersebut, kira-kira, siapa saja yang bakal berhasil mengantarkan timnya menjadi juara pada musim ini?

Baca Juga: 5 Bek Kanan dengan Harga Tertinggi di Dunia Saat Ini, Ada Kyle Walker

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya