5 Bek yang Bisa Bermain sebagai Gelandang, Ada Pemain Baru Real Madrid

Mereka dikenal sebagai bek yang serbaguna

Sepak bola merupakan olahraga yang terus berkembang seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika saat ini banyak pesepak bola yang dituntut untuk bisa bermain di beberapa posisi. Walau sulit untuk dilakukan, para pesepak bola harus menjalaninya agar bisa mendapatkan tempat inti di starting line up.

Bek menjadi salah satu posisi yang kerap dituntut untuk bisa bermain di berbagai tempat. Bahkan, ada beberapa nama top yang berhasil bermain apik ketika tampil sebagai gelandang. Siapa saja bek yang dimaksud? Berikut ulasannya!

1. Leonardo Bonucci (Juventus) 

5 Bek yang Bisa Bermain sebagai Gelandang, Ada Pemain Baru Real MadridLeonardo Bonucci (90min.com)

Leonardo Bonucci merupakan salah satu bek tengah terbaik di kompetisi Eropa saat ini. Bersama Giorgio Chiellini, ia berhasil membentuk mitra duet yang sangat tangguh, baik untuk Juventus maupun tim nasional Italia. Bonucci total sudah memenangi delapan gelar Serie A bersama Juventus.

Meski dikenal sebagai sosok bek tengah yang sangat tangguh, Bonucci ternyata pernah dimainkan beberapa kali sebagai gelandang bertahan. Walau bukan di posisi aslinya, mantan pemain AC Milan itu tetap tampil baik.

2. Joao Cancelo (Manchester City) 

5 Bek yang Bisa Bermain sebagai Gelandang, Ada Pemain Baru Real MadridJoao Cancelo (90min.com)

Joao Cancelo adalah bek sayap andalan Pep Guardiola di Manchester City. Pemain asal Portugal ini dikenal sebagai sosok yang serbabisa karena dapat bermain sebagai bek kiri, bek kanan, hingga gelandang tengah. Dalam beberapa kesempatan di musim lalu, Cancelo tampil apik sebagai gelandang dan sukses mengantarkan klubnya juara Premier League.

Cancelo direkrut oleh Manchester City dari Juventus pada 2019 lalu. Untuk mendapatkan sang pemain, City saat itu harus mengeluarkan biaya sebesar 65 juta euro atau setara Rp1 triliun. Meski harganya cukup mahal sebagai seorang bek, kualitasnya sejauh ini sudah sepadan dengan nominalnya.

Baca Juga: 5 Pemain Top Portugal yang Pernah Membela Valencia, Ada Joao Cancelo!

3. David Alaba (Real Madrid) 

5 Bek yang Bisa Bermain sebagai Gelandang, Ada Pemain Baru Real MadridDavid Alaba (lebuteur.com)

David Alaba merupakan pemain yang paling serbaguna di dunia. Pemain asal Austria ini dipandang banyak orang sebagai salah satu bek terhebat di generasinya. Ia melakukan debut untuk Bayern Munchen pada 2010 dan menjadi sosok yang paling berpengaruh untuk mantan klubnya itu.

Alaba memang kerap dimainkan sebagai bek kiri atau bek tengah, tapi ia juga bisa tampil sangat istimewa kalau bermain sebagai gelandang. Hal tersebut sudah beberapa kali ditunjukkan oleh Alaba ketika bermain untuk Bayern Munchen. Kini pemain berusia 29 tahun itu membela Real Madrid dan menggantikan peran Sergio Ramos serta Raphael Varane yang hengkang.

4. Marquinhos (Paris Saint-Germain) 

5 Bek yang Bisa Bermain sebagai Gelandang, Ada Pemain Baru Real MadridMarquinhos (psgtalk.com)

Marquinhos bergabung dengan Paris Saint-Germain sejak tahun 2013. Selama di Paris, bek asal Brasil itu sudah duet dengan sejumlah pemain hebat, seperti Thiago Silva hingga Presnel Kimpembe. Bermain dengan para pemain berpengalaman terbukti telah membantu Marquinhos menjadi pemain yang jauh lebih solid secara penampilan.

Dalam beberapa musim terakhir, Marquinhos tidak hanya dimainkan sebagai bek tengah, ia juga digunakan sebagai gelandang bertahan. Jika melihat komposisi pemain PSG saat ini, kecil kemungkinan Marquinhos akan kembali ditaruh di lini tengah.

5. Trent Alexander-Arnold (Liverpool) 

5 Bek yang Bisa Bermain sebagai Gelandang, Ada Pemain Baru Real MadridTrent Alexander-Arnold (readliverpoolfc.com)

Trent Alexander-Arnold bisa dibilang sebagai bek sayap kanan terbaik di dunia saat ini. Pemain berusia 22 tahun itu sudah tampil sangat sensasional bersama Liverpool. Sejak tim diambil alih Jurgen Klopp, ia belum juga tergantikan perannya sampai saat ini.

Bahkan, dalam beberapa kesempatan, Alexander-Arnold dipercayai untuk mengeksekusi bola-bola mati di Liverpool. Karena memiliki kreativitas dan teknik olah bola yang baik, tidak mengherankan jika sang pemain beberapa kali dimainkan oleh Jurgen Klopp sebagai gelandang bertahan.

 

Tentu bukan hal yang mudah bagi mereka bermain di posisi baru seperti gelandang. Meski demikian, para bek di atas berhasil membuktikan kualitasnya.

Baca Juga: 5 Fakta Kehidupan Trent Alexander-Arnold, dari Mimpi hingga Prestasi

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya